Career Issue, Selasa, 29/09/2015 11:29 WIB

67% Pengeluaran Karyawan Ikut Naik Seiring Kenaikan Gaji

Menjadi impian sebagian besar karyawan untuk bisa naik gaji dalam satu tahun. Entah satu kali atau dua kali per tahunnya.
67% Pengeluaran Karyawan Ikut Naik Seiring Kenaikan Gaji
Kemudian jika gaji sudah naik, porsi terbesar apa yang akan kamu lakukan? Apakah untuk menambah pemasukan keluarga, menabung, investasi, atau mungkin untuk membeli barang yang sudah kamu inginkan sebelumnya?

Di artikel sebelumnya yang berjudul "Wah, Ini Dia Waktu-waktu Naik Gaji, Siap-siap!", disebutkan bahwa gaji menjadi salah satu insentif utama yang mampu memicu banyak karyawan untuk bekerja sebaik mungkin. Maka, di artikel kali ini Careernews akan menunjukkan hasil survei tentang hubungan kenaikan gaji dan peningkatan pengeluaran bulanan. 

Careernews, melakukan survei terhadap para karyawan dari beberapa kota di Indonesia dengan total 384 responden, terdiri dari 224 responden perempuan dan 160 responden laki-laki. Persentase terbesar responden tinggal di kos/kontrakan sebanyak 57 persen, bersama orang tua 35 persen, dan sisanya tinggal bersama kerabat sebanyak 8 persen. 

Sebanyak 67 persen mengakui pengeluaran mereka ikut naik seiring kenaikan gaji, dilihat dari gaji rata-rata karyawan dalam hal keperluan kebutuhan pokok bulanan—makan, tempat tinggal, kesehatan, pakaian, komunikasi, dan transportasi. Persentase terbesar kenaikan pengeluaran ada pada gaji Rp 1-2 juta sebanyak 52 persen, Rp 2-3 juta sebesar 23 persen, dan di atas Rp 3 juta sebesar 5 persen. Jika dilihat dalam persen, perkiraan kenaikan konsumsi bulanan mereka paling besar sekitar 25 persen dari gaji semula. 

Gaji yang meningkat tentunya terbayang menyenangkan karena kita akan punya anggaran lebih untuk membelanjakan sesuatu yang tadinya belum mampu kita beli. Apakah kamu juga berpikiran sama? [CN]



Penulis    : Sandi Iswahyudi

Editor      : Rifki Amelia F.

Grafis      : Ardiansyah Bahrul A.

Tags : gaji, smart jobseeker, pengeluaran bulanan
67% Pengeluaran Karyawan Ikut Naik Seiring Kenaikan Gaji | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png