Web
Analytics
Career Issue, Kamis, 22/01/2015 09:00 WIB

Apply Online: Sudahkah Kamu Melakukannya dengan Benar?

Apply online saat ini telah banyak digunakan perusahaan dalam mencari kandidat yang diinginkan. Di balik kemudahannya, sudahkah kamu melakukan apply online dengan baik dan benar?
Apply Online: Sudahkah Kamu Melakukannya dengan Benar?
Tingkat penggunaan generasi muda terhadap internet yang semakin tinggi mendorong perusahaan untuk mengubah metode seleksi dari offline menjadi online. Cara online ini tentu banyak memudahkan terutama dari segi efisiensi tenaga serta waktu. 

Kendati demikian, ada beberapa hal yang acap kali kurang diperhatikan oleh jobseeker, sehingga ia justru menuai kegagalan karena tidak cermat dalam memasukkan data-data yang dibutuhkan.


Tunjukkan bahwa perusahaan butuh kamu

Barangkali, kamu akan apply lamaran beberapa kali ke beberapa perusahaan. Selama rentang waktu tersebut, kamu mungkin telah menambah keahlian, pengalaman, atau pencapaian lain yang dapat menambah nilai plus dalam konten CV-mu. Jangan lupa, selalu perbarui CV yang kamu buat sehingga akan lebih lengkap dan menarik di mata perusahaan.

Rudi Widiyanto, M.Psi., Psikolog, People Development Manager ECC UGM mengatakan, CV memang harus ‘menjual’ keahlian yang dimiliki. Di dalam CV tersebut, kita harus memuat keunggulan-keunggulan yang memang kita miliki. “Perusahaan tertarik untuk menindaklanjuti ketika merasa keahlian kita memang yang sedang mereka cari,” jelas Rudi.

Untuk itu, alangkah baiknya jika kita terus memperkaya keahlian yang bisa kita raih. Jadi, dalam CV yang nantinya akan kamu serahkan, kamu dapat menunjukkan kemampuan yang dapat kamu tawarkan kepada perusahaan incaranmu.

Menurut Rudi, kesalahan yang banyak dilakukan oleh jobseeker adalah mengirimkan CV yang hanya bersifat umum dan digunakan untuk semua jenis perusahaan. “Kita harus membuat CV yang memang mencerminkan diri kita, atau yang sesuai dengan perusahaan tersebut,” ujarnya.

Artinya, jika kita mengirimkan CV dalam format online, jangan lupa untuk cari tahu kembali perusahaan seperti apa yang hendak dilamar. Jadi, kamu bisa menyesuaikan konten dengan jenis dan kebutuhan dari perusahaan.


Teliti, teliti, dan teliti

Berbeda dengan apply offline, apply secara online menuntut kita untuk lebih cermat. Dalam apply offline, jika ada kesalahan maupun kekurangan data yang harus diisi maupun diserahkan, mungkin kita akan diingatkan secara langsung. Sedangkan dalam apply online, kita harus mengandalkan kecermatan agar seluruh data yang diminta bisa dilengkapi.

“Pastikan semua kolom terisi dengan benar, sesuai dengan syarat dan tata caranya,” jelas Rudi. Ia melanjutkan, dalam melakukan pengisian data, terdapat pentunjuk-petunjuk tertentu yang harus dicermati. Ada pula keterangan tata cara pengisian yang benar. Hal-hal tersebut harus diperhatikan dengan baik. “Tidak ada toleransi kesalahan karena akan langsung masuk dalam database,” lanjutnya.

Kesalahan-kesalahan kecil bisa saja berakibat fatal sehingga data kita tidak dibaca sama sekali oleh perusahaan. Ini tentu sangat mengecewakan karena semua berawal dari masalah ketelitian saja. “Bisa jadi data kita tidak terbaca hanya karena typo (kesalahan penulisan, –red),” ujar Rudi. Teliti kembali setiap detail yang sudah dituliskan hingga kita yakin tidak ada kesalahan penulisan dan semua kolom terisi dengan benar sesuai petunjuk.

Selain itu, untuk penulisan kronologis, Rudi menyarankan agar sebaiknya penulisan deskripsi pengalaman atau kerja dimulai dari hal-hal yang paling terakhir dilakukan.


Tinggalkan yang umum

Ada hal-hal sepele yang sering kali menjadikan data kita menjadi tidak menarik di mata perusahaan. Ketika diminta untuk menuliskan keunggulan, jangan menulis hal-hal yang sudah umum seperti: hardworking, jujur, supel, dan lain-lain. “Tuliskan apa yang menjadi keunggulan asli dari diri kita, yang sekiranya dapat menarik perhatian dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan,” saran Rudi.

Meskipun tampak sepele, hal-hal seperti itu mampu menarik perhatian perusahaan. Jika hanya menuliskan yang sudah biasa dituliskan orang kebanyakan, tentu data kita tidak akan menarik lagi bagi perusahaan. 

Begitu banyaknya orang mengejar impian karir, maka menjadi berbeda dan menarik perhatian perlu dilakukan untuk memenangkan kompetisi. Namun jangan lupa untuk selalu meningkatkan kompetensi ya! [CN]



Penulis    : Ratih Wilda O.

Editor      : Rifki Amelia, M. Amin Amsyah

Grafis      : Hero Oka


Tags : Lamar Online, tips CV, Rekrutmen,
Apply Online: Sudahkah Kamu Melakukannya dengan Benar? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png