Career Issue, Rabu, 15/10/2014 14:00 WIB

Selain Psikotes, Ada Juga Lho Tes GAT! Tes Apa Sih Itu?

Dalam rekrutmen kerja, ada juga yang namanya General Aptitude Test (GAT) seperti yang selalu diselenggarakan oleh PT PLN (Persero). Tes apa sih itu?
Selain Psikotes, Ada Juga Lho Tes GAT! Tes Apa Sih Itu?

Sebagai warga negara Indonesia, kamu pasti mengenal PLN. Ya, Perusahaan Listrik Negara atau PT PLN (Persero) merupakan perusahaan penyedia jasa kelistrikan terbesar di Indonesia.

Dengan rentang karir dari hulu sampai hilir, mulai pembangkitan, transmisi, hingga distribusi serta jasa-jasa lain, pastinya membuat PT PLN (Persero) menjadi perusahaan dengan pilihan karir yang menarik.


Jika kamu tertarik menjadi bagian dari PT PLN (Persero), tahukah kamu bahwa perusahaan ini memiliki satu jenis tes yang jarang dilakukan perusahaan lainnya? Penasaran dengan tes tersebut? Yuk, simak tulisan berikut.


Pernah mendengar tes bernama GAT? Tes ini adalah tahapan seleksi yang digunakan untuk melihat potensi umum jobseeker. “Tujuan diadakannya tes ini adalah untuk memperoleh hasil bakat umum dari calon pegawai nantinya,” terang Primanda Fauzi.


Assistant Analyst Recruitment PT PLN (Persero) ini mengungkapkan bahwa tes tersebut berlaku bagi semua pelamar dan menjadi tahapan kedua setelah seleksi administrasi. “Melalui tes ini, potensi natural seseorang akan bisa digambarkan,” tambah Manda, sapaan akrabnya. Sebab menurutnya, potensi tersebut akan memengaruhi kecenderungan seseorang ketika bekerja.


Ditanya mengenai rasio kegagalan, Manda mengungkapkan bahwa tidak ada angka yang pasti. “Rasio kegagalan pada seleksi ini sangat bergantung pada populasi peserta. Oleh karenanya, tidak ada angka pasti dalam konteks ini,” jelasnya.


Tidak hanya PT PLN (Persero)


Jika kamu berpikiran bahwa hanya PT PLN (Persero) yang memiliki tes khusus semacam GAT, ternyata pemikiran itu tidak sepenuhnya tepat. Sebab kata Tiara Caesaringga atau akrab disapa Ringga, setiap perusahaan memiliki kebebasan dalam menentukan tes apa saja yang akan dijalankan terkait dengan seleksi karyawan. “Untuk GAT, tes ini hanya dilakukan dalam proses rekrutmen terbuka PT PLN (Persero),” ungkap HR Service Manager ECC UGM ini.


Lebih lanjut, Ringga menuturkan bahwa GAT dijalankan untuk memperketat proses seleksi karena perusahaan pasti ingin mendapat sumber daya terbaik bagi perusahaannya. “Alasannya, dalam rekrutmen terbuka, semua orang berkesempatan mendaftarkan diri terlepas dari latar belakang pendidikan semisal jenis universitas, akreditasi, dll. Berbeda dengan rekrutmen melalui direct shopping yang hanya ditujukan bagi universitas-universitas tertentu,” jelasnya.


Terlepas dari semua hal tersebut, Ringga mengungkapkan bahwa tes ini tidak ada bedanya dengan tes kognitif. Sebab secara umum kemampuan jobseeker akan dilihat dari tiga askpek, yakni kognitif, kepribadian, dan pola kerja. “Apapun nama, metode, dan jenis tesnya, ketiga hal itulah yang akan dilihat dan dipertimbangkan oleh perusahaan,” ucap Ringga.


Lalu, apa yang harus kamu persiapkan sebelum menghadapi tes semacam ini? Manda mengatakan, “Tidak perlu persiapan khusus dalam menghadapi tes ini. Cukup menjaga kesehatan dan rajin berdoa.” Kenapa?


Ya, karena tes ini bertujuan mengukur kemampuan natural manusia, kamu tentunya tidak perlu berpura-pura bukan? [CN]


Penulis               : Dian Puspita
Editor                : Vinia Rizqi, Rifki Amelia
Fotografer          : Adityo R.D



Tags : General APtitude Test, GAT PLN, PLN ECC UGM, lowongan PLN, direct shopping PLN yogyakarta, tes PLN, tips tes PLN, tips GAT
Selain Psikotes, Ada Juga Lho Tes GAT! Tes Apa Sih Itu? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png