Career Issue, Rabu, 15/10/2014 12:00 WIB

Ada Metode Baru dalam Rekrutmen Lho, Namanya Speed Date Interview!

Kalau kamu jobseeker update, pasti kamu sudah tahu dong tentang speed date interview?
Ada Metode Baru dalam Rekrutmen Lho, Namanya Speed Date Interview!
Speed date interview menjadi salah satu metode baru yang digunakan oleh beberapa perusahaan dewasa ini.

Kami pun pernah mengulasnya beberapa waktu lalu. Nah, ternyata, salah satu perusahaan yang telah menerapkan cara tersebut adalah PT HM Sampoerna Tbk.


Metode ini sama halnya dengan konsep speed date, di mana para pasangan saling mengenal dalam batas waktu yang ditentukan. Speed date interview memungkinkan kamu untuk diwawancara oleh beberapa orang yang berbeda dalam waktu yang tidak bersamaan tetapi berurutan.


Tentang speed date interview


Metode speed date interview sebelumnya diberi nama panel interview. Para kandidat diberi waktu 15 menit untuk diwawancara oleh salah satu user. Setelah 15 menit, kandidat akan berpindah ke user berikutnya. Kandidat akan terus berpindah per 15 menit ke seluruh interviewer yang ada. “Interview ini memang cenderung lebih cepat dibandingkan interview lain yang lebih mendalam,” jelas Agus Ardianto, Recruitment Executive PT HM Sampoerna Tbk.


Berbeda dengan jenis interview lain yang biasa dilakukan, speed date interview memiliki durasi yang lebih singkat. “Yang ingin kami lihat adalah kompetensi dari kandidat, apakah dia sesuai dengan job yang kita buka,” lanjut Agus. Ia menambahkan, kompetensi kandidat yang dilihat antara lain adalah keahliannya dalam berbahasa Inggris dan kesesuaiannya dengan kultur PT HM Sampoerna Tbk. “Mengenai detail pengalaman kerja kandidat memang tidak kita gali.”


Proses rekrutmen yang terdengar unik ini disikapi dengan berbeda oleh kandidat. Ada yang merasa cukup heran karena interview berlangsung cepat. Namun ada pula yang senang karena tidak perlu berlama-lama. “Kelebihannya memang kita bisa menyingkat waktu agar lebih efisien,” tukas Agus.


Kelebihan lainnya, subjektivitas pewawancara bisa dikurangi dengan metode ini. “Misalnya interviewer A memiliki penilaian kurang baik terhadap satu kandidat, dia bisa mengomparasikan hasilnya dengan interviewer lain,” sambung Agus. Cara ini dipercaya mampu memberikan penilaian yang lebih objektif kepada kandidat karena penilaian tidak berasal dari satu orang saja.


Hanya untuk graduate training


Tidak semua proses rekrutmen di PT HM Sampoerna Tbk menggunakan cara speed date dalam mewawancara kandidat. Metode ini hanya digunakan khusus untuk graduate training saja. “Untuk graduate training ini kita harus menyeleksi ribuan orang dalam satu waktu yang bersamaan,” papar Agus.


Banyaknya jumlah kandidiat yang harus diseleksi menuntut proses rekrutmen graduate training dilaksanakan dengan cepat dan efisien. Terlebih, proses rekrutmen ini biasanya  dijalankan dalam hari yang sama, dan disebut assessment day. Dalam satu hari, kandidat akan menjalani serangkaian seleksi berupa interview, focus group discussion, dan presentasi. Karena itulah, sangat penting untuk menggunakan cara yang cepat serta efisien.  Menggunakan metode speed date interview untuk seleksi graduate training dinilai sebagai cara yang paling tepat. “Dengan jumlah kandidat yang sangat banyak, kita tetap berusaha memaksimalkan objektivitas,” lanjut Agus. 


Kendati memiliki banyak nilai plus, ada hal yang menjadi kekurangan dalam speed date interview ini. Proses wawancara yang cenderung singkat tidak memungkinkan interviewer untuk menggali profil kandidat lebih dalam. “Untuk interviewer yang detail, mereka cukup keberatan karena tidak bisa menggali lebih dalam,” papar Agus.


Meski demikian, interviewer bisa menerima alasan digunakannya metode ini demi menyingkat waktu. Selain itu, metode speed date interview dinilai mampu memberikan penilaian yang meminimalisasi nilai subjektivitas terhadap masing-masing kandidat. Jadi, kandidat yang lolos pun telah melalui pengamatan dan penilaian yang baik.


Metode ini memang belum dijalankan PT HM Sampoerna Tbk untuk semua proses rekrutmen. “Sejauh ini, memang baru kami terapkan untuk graduate training. Untuk ke depannya, kita akan lihat kembali karena kita berusaha untuk selalu dinamis,” pungkas Agus. [CN]



Penulis           : Ratih Wilda O.

Editor            : Vinia Rizqi, Rifki Amelia

Grafis            : Tongki A.W


Tags : speed dating interview, speed date interview, metode proses rekrutmen kerja, HM Sampoerna Tbk profile
Ada Metode Baru dalam Rekrutmen Lho, Namanya Speed Date Interview! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png