Web
Analytics
Career Issue, Minggu, 28/09/2014 15:00 WIB

Penting, Pertimbangkan Minat dan Bakat Sebelum Melamar

Banyaknya lowongan yang dibuka oleh perusahaan di helatan job fair, tidak berarti kamu boleh sembarangan dan tamak dalam melamar.
Penting, Pertimbangkan Minat dan Bakat Sebelum Melamar
Hari ke-2 helatan 16th Career Days UGM, Minggu (28/9), tak jauh berbeda dari hari pertama. Kerumunan jobseeker, baik member maupun  non-member, tampak antusias menyerbu pintu masuk Grha Sabha Pramana lantai 1 dan lantai 2.

Para jobseeker tampak begitu antusias mengikuti 16th Career Days UGM dan tak sedikit dari mereka telah menyiapkan banyak berkas untuk diserahkan ke perusahaan-perusahaan partisipan.


Saking antusiasnya, tak sedikit jobseeker yang menyiapkan 10-40 berkas untuk diserahkan kepada perusahaan-perusahaan yang ada di 16th Career Days UGM, baik itu perusahaan yang telah ditargetkan sebelumnya atau tidak.  Mereka berpendapat tak ada salahnya mencoba keberuntungan. Toh, di job fair kali ini, tersedia begitu banyak lowongan dari perusahaan besar.


Selain mencoba keberuntungan, para jobseeker juga ingin memanfaatkan kesempatan yang tersedia karena begitu banyak pilihan tersaji dalam satu tempat. “Sekarang baru masukin tiga, rencananya mau masukin 15 berkas,” tukas Maya, salah satu jobseeker dari Semarang. Tak hanya Maya, perilaku serupa juga dilakukan oleh jobseeker lain. “Ini masih sedikit, malah tadi ada yang nyiapin 40 berkas,” tambah Maya.


Dengan banyaknya berkas yang dikirim, para jobseeker tersebut berharap dapat mewujudkan mimpinya untuk bergabung dengan perusahaan-perusahaan yang ada di 16th Career Days UGM. “Ya harapannya sih ada yang nyangkut salah satu, kan sudah daftar banyak,” tutur Arisha, salah satu jobseeker.


Kendati demikian, tak selamanya cara tersebut dapat berjalan dengan baik karena sejatinya bekerja bukanlah suatu arena gambling di mana kita bisa meletakkan segala sesuatunya secara acak. Alangkah baiknya jika jobseeker mempertimbangkan latar belakang pendidikan dan kemampuannya dalam melamar pekerjaan karena hal itu akan berpengaruh saat mereka memasuki dunia kerja. “Cara seperti itu kurang tepat ya. Kita hidup seharusnya punya planning serta dalam melamar pekerjaan harus mempertimbangkan minat dan bakat yang dimiliki,” jelas Eva Dhiajeng I.A., selaku Program Information and Communication Officer Prasetiya Mulya Business School. 


Meskipun begitu, tak semua jobseeker ingin mencoba peruntungan maupun memanfaatkan kesempatan yang ada. Sebagian jobseeker lebih memilih mempertimbangkan latar belakang pendidikannya dan memasukkan berkas lamaran di perusahaan-perusahaan yang sesuai dengan minat mereka. “Ke sini cuma mau daftar ke bank aja, berkas yang disiapin juga cuma buat ke bank,” ujar Mita, salah satu jobseeker dari Surabaya.


Jika pekerjaan yang kita jalani sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki, bekerja tak akan menjadi sebuah beban. Bagaimana dengan kamu? Sudahkah kamu menyiapkan target yang sesuai dengan minat dan bakatmu? Simak juga artikelnya di sini.  dan juga di sini. [CN/NUR]


Tags : tip sukses berkarir, tip sukses melamar kerja, cdugm16, career days ugm, menyeleksi lowongan kerja
Penting, Pertimbangkan Minat dan Bakat Sebelum Melamar | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png