Career Issue, Sabtu, 27/09/2014 16:00 WIB

Berminat untuk Berkarir di Perusahaan Perdagangan? Kamu Harus Tahu Hal Ini!

Gelaran 16th Career Days UGM 2014 kali ini didominasi oleh perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan, jasa, dan investasi.
Berminat untuk Berkarir di Perusahaan Perdagangan? Kamu Harus Tahu Hal Ini!
Kali ini, terlebih dahulu CareerNews akan coba menghadirkan sebuah gambaran karir di bidang ini.
Booth perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan dibanjiri antrean. “Tertarik aja, karena memang mencari perusahaan yang sesuai dengan jurusan saya,” ungkap Susi Rianti, alumni Jurusan Manajemen Universitas Negeri Semarang angkatan 2010.


Kebutuhan perusahaan perdagangan


Kebutuhan PT Indomarco Prismatama saat ini, seperti diungkapkan Sheila Rinaldy, bagian Recruitment & Placement, terbilang sangat tinggi. “Kami membutuhkan sekitar 500 staf baru yang siap kerja dan siap ditempatkan di seluruh Indonesia,” jelasnya. Menurut Sheila, banyak jobseeker yang telah lolos sampai ke tahap akhir tetapi memutuskan mundur karena tidak siap dengan wilayah penempatannya. “Bahkan banyak yang hanya tinggal tanda tangan kontrak saja,” lanjut Sheila.


Senada dengan PT Indomarco Prismatama, Ign. Tri Irianto S, Selection & Assessment dari PT Sumber Alfaria Trijaya mengatakan saat ini perusahaannya juga tengah membutuhkan banyak staf baru. “Dalam tahun ini saja kami membuka 28 cabang, yang tentu membutuhkan banyak staf,” jelas Rian.


Pertumbuhan yang cepat di bidang perdagangan menuntut perusahaan untuk terus melakukan rekrutmen. “Ekspansi bisnis yang semakin luas membuat kami perlu untuk menyiapkan posisi-posisi yang bertugas untuk bertanggung jawab di setiap dealer baru,” jelas Didit Kuniawan, Recruitment & People Development PT New Ratna Motor. Dengan wilayah jangkauan yang mencakup DIY dan Jawa Tengah, diharapkan calon staf siap ditempatkan di berbagai daerah di wilayah tersebut.


Jenjang dan prospek karir


Mengenai jenjang karir, Sheila Rinaldy, Recruitment & Placement PT Indomarco Prismatama, mengatakan bahwa dalam waktu 2,5 tahun, staf dari Management Development Program bisa naik ke level manajerial. Jenjang karir ini bisa vertikal maupun horizontal. Yang dimaksud dengan vertikal adalah posisinya naik ke level yang lebih tinggi. “Sedangkan horizontal, adalah berpindah antargrup dalam satu perusahaan,” jelas Sheila. Sheila menilai saat ini prospek karir di PT Indomarco Prismatama sudah sangat bagus sekali. “Karena kami juga melebar ke bidang yang lain,” tukasnya.


Di PT Sumber Alfaria Trijaya, Rian mengatakan bahwa staf yang memulai pada level paling dasar seperti kasir, yang rata-rata masih lulusan SMA/SMK, memiliki kesempatan untuk kuliah dengan dibiayai perusahaan. “Asalkan prestasi karirnya baik,” jelas Rian. Mengenai prospek karir ini, Rian berpendapat bahwa semua tergantung individu masing-masing. Jika mampu memanfaatkan dan meningkatkan skill dengan baik, prospek karirnya pun akan baik.

Mengapa harus jobfair?


Mencari calon staf melalui job fair, bagi Didit, memiliki nilai plus karena dapat mempertemukan perusahaan dengan jobseeker. “Ibarat pasar, job fair ini sebagai media yang mempertemukan. Sehingga pilihan kami untuk mendapatkan staf yang sesuai pun lebih banyak,” ungkapnya.


Sedangkan Rian berpendapat, melalui job fair, proses rekrutmen ini akan lebih terarah dan terkumpul dengan baik. “Jadi memang cenderung memudahkan dari kita, juga dari pihak jobseeker-nya,” jelas Rian.


Nah bagi kamu yang tertarik dengan karir di bidang perdagangan, siapkan dirimu sebaik-baiknya. Sheila mengatakan, hasil psikotes semakin tahun semakin menurun. “Mungkin karena belum siap kerja dari segi mental, tidak fokus saat mengerjakan, atau karena tidak mengenali diri sendiri,” jelasnya. Menurut Sheila, banyak jobseeker yang ditanyai kelebihan dan kekurangannya bahkan tidak bisa menjawab, ”Itu artinya, mereka tidak kenal diri sendiri,” tukasnya.


Bagaimana menurut kamu? [CN/RARA]


Tags : lowongan perusahaan, perusahaan trading, cdugm16, 16th career days ugm, job fair ugm 2014
Berminat untuk Berkarir di Perusahaan Perdagangan? Kamu Harus Tahu Hal Ini! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png