Web
Analytics
Career Issue, Selasa, 24/06/2014 14:00 WIB

Memasarkan Usaha Kreatif Melalui Website

Memasarkan usaha dapat ditempuh dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan website. Simak, yuk! 

Memasarkan Usaha Kreatif Melalui Website
Di era yang serba digital seperti saat ini, cara online menjadi suatu kewajiban agar jangkauan pemasaran produk menjadi lebih luas. Keuntungan yang didapatkan adalah dari segi branding produk serta peningkatan daya jual karena dapat menjangkau calon pembeli dari daerah lain.

Menjamurnya bisnis online di Indonesia selama beberapa tahun terakhir mulai banyak dimanfaatkan oleh mereka yang memiliki usaha produk kreatif. Selain menghemat waktu serta biaya, pemasaran berbasis online juga memudahkan pembeli mengakses informasi maupun melakukan pemesanan tanpa harus berkunjung ke lokasi penjual. Cara ini juga memudahkan dalam mengenalkan produk kepada masyarakat, agar produk kreatif tidak tenggelam oleh merek lain yang sudah dikenal secara luas.


Meskipun merupakan produk kreatif, persaingan terhadap produk lain yang telah memiliki ‘nama’ juga cukup tinggi. Suryo Adzkiyo Abe, pemilik produk kreatif tas Esgotado, mengungkapkan pesaing utamanya dalam memasarkan produk adalah tas impor pemalsu brand-brand ternama dari Tiongkok dan Hongkong. “Karena harganya murah, tapi karena terlihat branded jadi banyak yang lebih memilihnya,” jelasnya. Hal ini menyebabkan produk lokal buatan craftman, seperti Esgotado, cukup kalah bersaing. “Persaingan antarsesama brand lokal produk kreatif justru tidak terlalu tinggi,” lanjut Abe. Untuk itulah, pemasaran secara online memang sangat penting dilakukan oleh produk kreatif dalam membangun branding di mata masyarakat.


Media sosial atau website?


Menggunakan cara online dalam pemasaran produk kreatif, dapat dilakukan baik melalui media sosial maupun website. Dengan karakteristik yang berbeda, cara memasarkannya pun harus disesuaikan.  Menurut Abe, pemasaran yang mudah dilakukan adalah melalui website. Website memudahkan customer dalam mengakses katalog produk dan juga pemesanan.


Hal ini diamini oleh Faizal Afnan, pemilik Ilusi Wedding Organizer, usaha kreatif yang bergerak di bidang produk kebutuhan pernikahan seperti undangan, suvenir, fotografi, dan lain sebagainya. Menurut Afnan, website ini sekaligus juga memudahkan pihak internal dengan adanya katalog. “Kita kan enggak hafal harga dan jenis semua barang atau desain kita, jadi kalau ada katalog juga lebih memudahkan kita,” paparnya.


Afnan melanjutkan, website memiliki karakter yang friendly untuk pemasaran produk. Di antaranya karena layout yang bisa diatur, ruang penyimpanan lebih longgar, dan lebih fleksibel dalam penggunaan. Berbeda dengan media sosial maupun blog, yang lebih terbatas sehingga membatasi pula pemasaran produk. Namun demikian, hanya mengandalkan website saja juga bukan merupakan pilihan bijaksana. “Tidak mungkin kan orang tiba-tiba membuka website kita yang masih baru. Jadi tetap gunakan media sosial untuk memasarkan website,” jelasnya.


Mengenai media sosial ini, Abe menyarankan agar menggunakan media sosial yang sedang menjadi tren di kalangan masyarakat. “Awalnya kami pakai Facebook dan Twitter, kemudian membuka akun Instagram. Sekarang, kebanyakan mengakses dari Instagram, justru Twitter mulai ditinggalkan,” ujarnya.


Keunggulan website


Ada dua macam pemanfaatkan website sebagai salah satu media promosi. Pertama, website yang difungsikan sebagai penyedia informasi produk dan perusahaan. Kedua, website yang selain menyediakan informasi produk juga dapat melayani pemesanan. Ilusi Wedding Organizer adalah salah satu usaha yang menggunakan cara pertama. Pemesanan dilakukan dengan menghubungi customer service melalui telepon dan juga surel. Namun katalog produk dapat dengan mudah diakses melalui website. “Saat ini kami memang sedang melakukan perbaikan pada website, agar lebih memudahkan untuk diakses,” papar Afnan.


Website Esgotado juga dapat melayani pemesanan. Di website toko atau sering disebut sebagai webstore, pembeli dapat melakukan pemesanan dan akan dilayani oleh sistem selama 24 jam. Sayangnya, menurut Abe, masyarakat Indonesia masih belum siap menggunakan cara tersebut. Mereka cenderung lebih senang melakukan pemesanan melalui customer service.


“Masih banyak ‘basa-basi’nya, meskipun informasi sudah tercantum lengkap, tetapi ditanyakan lagi,” ujar Abe. Esgotado sejauh ini memang banyak diakses melalui website tetapi pemesanan masih lebih banyak melalui customer service. Website hanya digunakan untuk mengakses katalog produk saja. Hanya sebagian kecil yang melakukan pemesanan langsung melalui website. “Jarang yang pesan di website,” imbuh Abe.


Penggunaan website sebagai salah satu media pemasaran produk kreatif, menurut Abe, dapat meningkatkan kredibilitas di mata masyarakat dan pelanggan. Dengan adanya website, kredibilitas produsen akan lebih diakui. Apalagi, Esgotado sudah melakukan ekspor produk. “Pembeli dari luar negeri mengaksesnya dari website,” jelas Abe.


Senada dengan penjelasan Abe, Afnan mengatakan, website memberikan gambaran produk dan perusahaan. “Desain website itu bisa menunjukkan karakter perusahaan, misalnya Ilusi Wedding Organizer yang terkesan sangat anak muda,” ujar Afnan.


Dengan adanya website, tampaknya promosi usaha Anda akan lebih maksimal. Berani memulai? [CN]


Penulis          : Ratih Wilda O.

Editor          : Vinia Rizqi, Rifki Amelia

Fotografer  : Dimas Tri U.



Tags : tip promosi usaha kreatif, memasarkan usaha lewat website, media promotion strategy, online media promotion
Memasarkan Usaha Kreatif Melalui Website | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png