News, Kamis, 05/05/2011 11:51 WIB

PT. Pertamina (Persero) Kembali Menggelar Psikotes

Nama besar PT. Pertamina Persero sebagai BUMN bidang Minyak dan Gas (Migas) nasional memang menjadi magnet yang menarik para jobseeker untuk berbondong-bondong mendaftar dan mengikuti tes seleksinya.
PT. Pertamina (Persero) Kembali Menggelar Psikotes
Nama besar PT. Pertamina Persero sebagai BUMN bidang Minyak dan Gas (Migas) nasional memang menjadi magnet yang menarik para jobseeker untuk berbondong-bondong mendaftar dan mengikuti tes seleksinya.
Seperti yang berlangsung pada Rabu (04/05) kemarin, ratusan pelamar PT. Pertamina (Persero) yang mendapat panggilan tes memenuhi ruang aula utama lantai 1 Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada (UGM).
 
Sekitar 653 orang pelamar yang menerima panggilan tes melalui SMS dan email langsung dari PT. Pertamina (Persero) untuk mengikuti tes psikologi. Para peserta tes terbagi atas 2 (dua) batch, batch I berlangsung pada pukul 08.00 – 11.30 WIB yang diikuti oleh 205 orang peserta. Sedangkan batch II berlangsung usai istirahat makan siang pada pukul 13.00 hingga pukul 16.30 WIB dan diikuti oleh 326 orang peserta.
 
Tahapan tes psikologi ini merupakan tahapan seleksi pertama dalam program rekrutmen fresh graduate Bimbingan Profesi Sarjana (BPS) PT. Pertamina (Persero), yang meliputi tes Pauli, Papikostic, dll.  Tes berlangsung tertib dengan difasilitasi oleh tim HR Services ECC UGM, jalannya tes dipandu oleh Ayu Rizqia S.Psi dan Untari Sari Gading S.Psi. Selain mengikuti psikotes, peserta yang hadir pada seleksi hari itu juga harus mengumpulkan aneka dokumen yang menjadi persyaratan pendaftaran PT. Pertamina (Persero).
 
Dokumen yang harus dilengkapi antara lain : surat lamaran, curricullum vitae (CV), fotokopi ijazah dilegalisir, fotokopi transkrip, fotokopi sertifikat TOEFL, fotokopi KTP, fotokopi kartu keluarga, dan pasfoto berwarna. Semua persyaratan dokumen tersebut harus dipenuhi oleh peserta yang mendaftar di semua posisi yang ditawarkan PT. Pertamina (Persero), baik posisi BPS – Pemasaran, BPS – Legal, BPS – Keuangan, BPS – Gas, dan BPS – Sumber Daya Manusia.
 
Seperti halnya pernah diungkapkan oleh Wahyu Dodi Tri. M Recruitmen Officer PT. Pertamina, bahwa tahapan tes yang diselenggarakan PT. Pertamina Persero dalam menyeleksi calon karyawannya cukup panjang yang meliputi psikotest, interview user, medical check up, dan terakhir interview top management. PT. Pertamina (Persero) sendiri masih membuka lowongan dan peluang berkarir sepanjang tahun di direktorat Pertamina baik Pusat, Hulu, maupun Hilir.
 
Iming-iming gaji besar dan kesejahteraan, tampaknya memang berhasil memikat para fresh graduate untuk melamar kerja di PT. Pertamina (Persero). Seperti halnya Bagus Ardiyanto salah satu pelamar yang dijumpai seusai psikotes. Lulusan Teknik Kimia Universitas Diponegoro ini bahkan mengaku sudah kali kedua dirinya mendaftar di PT. Pertamina (Persero). Kegagalan yang dialaminya tahun lalu pada tes di Semarang tak lantas menyurutkan niatnya untuk bergabung di perusahaan Migas nasional itu.
 
Ketika ditanya apa alasannya gigih mencoba lagi dalam seleksi PT. Pertamina (Persero), Bagus pun menjawab "Ya tentulah karena nama besar PT. Pertamina (Persero) sebagai salah satu BUMN terbesar di Indonesia,  sehingga saya yakin bisa memberikan kesejahteraan dari segi penghasilan bagi karyawannya dan memberikan banyak peluang untuk berkembang bagi karyawannya seperti peluang untuk meneruskan studi lagi," ungkapnya.

Pria yang mendaftar di posisi BPS–Pemasaran ini juga mengaku pilihannya bekerja di PT. Pertamina (Persero) sangat didukung oleh keluarganya, bahkan konsekuensi ditempatkan di seluruh daerah di penjuru Indonesia juga sudah dipahami olehnya dan keluarga. (Ayya)
Tags : psikotes, ECC UGM, perusahaan
Ragam Cerita HR Officer Buat Kamu Fresh Graduates! IMIP, Indonesia Morowali Industrial Park, Bukopin, Accenture, Kapal Api, cdugm24, lowongan perusahaan,
Senin, 03/09/2018 09:00 WIB Ragam Cerita HR Officer Buat Kamu Fresh Graduates!
Ragam Lowongan Bagi Lulusan IT di 24th Career Days! it lowongan, teknologi informasi, lowongan perusahaan IT, career days 24, cdugm24, IT vacancy, ,
Minggu, 02/09/2018 10:00 WIB Ragam Lowongan Bagi Lulusan IT di 24th Career Days!
24th Career Days UGM Resmi Dibuka! Jobseker Masih Galau Minat Karir! 24th career days, opening ceremony career days, career days, job fair, ecc ugm, career counsultant ,
Sabtu, 01/09/2018 00:00 WIB 24th Career Days UGM Resmi Dibuka! Jobseker Masih Galau Minat Karir!
Adopsi Sistem Carcentos, Unika Atmajaya Dibanjiri Jobseeker carcentos, ecc ugm, jobfair unika atmajaya,
Selasa, 20/03/2018 06:23 WIB Adopsi Sistem Carcentos, Unika Atmajaya Dibanjiri Jobseeker
Bank Tabungan Negara Terima Drop CV langsung di Ruang Presentasi BTN, cdugm23, 23rd CD, lowongan kerja, lowongan perbankan, ECC UGM ,
Rabu, 07/03/2018 15:18 WIB Bank Tabungan Negara Terima Drop CV langsung di Ruang Presentasi
Punya Cita-Cita Kerja di Start Up? Saatnya Gabung ke JD.ID! JD.ID, 23rd CD, Job Fair, lowongan kerja, ECC UGM, ,
Rabu, 07/03/2018 00:00 WIB Punya Cita-Cita Kerja di Start Up? Saatnya Gabung ke JD.ID!
PT. Pertamina (Persero) Kembali Menggelar Psikotes | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png