News, Selasa, 18/01/2011 11:22 WIB

Career Workshop: Saatnya "Menjual Diri" Lewat CV dan Surat Lamaran

Sebagai sebuah lembaga informasi karir profesional, ECC UGM tidak hanya sekadar menjadi penghubung antara perusahaan dan para pencari kerja (jobseeker).
Career Workshop: Saatnya
Sebagai sebuah lembaga informasi karir profesional, ECC UGM tidak hanya sekadar menjadi penghubung antara perusahaan dan para pencari kerja (jobseeker).
Berbagai inovasi pun terus dikembangkan, baik dari segi fisik maupun kualitas, guna memberikan pelayanan prima bagi member. Pelayanan tersebut salah satunya diwujudkan dalam bentuk workshop free for member yang digelar Senin (17/1), bertempat di Graha Karir ECC.
 
Setidaknya sebanyak 58 member berpartisipasi dalam workshop yang mengulas secara singkat bagaimana membuat CV dan surat lamaran yang baik tersebut.
 
Acara bertajuk “How to Make a Good CV and Cover Letter” ini dimulai pada pukul 14.00 dengan menghadirkan psikolog senior ECC UGM, Sri Muliati Abdullah, M.A., Psikolog sebagai pembicara. Selama 2 jam, Sri Muliati mempresentasikan kiat-kiat jitu membuat CV dan surat lamaran di hadapan para peserta. "Gambarkan kualifikasi diri Anda secara spesifik, tapi tetap harus jujur dan apa adanya," jelasnya. Tidak hanya itu, potensi yang kita miliki harus dikemas lewat bahasa dan tampilan yang impresif, namun efektif untuk menarik atensi perusahaan.
 
Lebih jauh, ia mengungkapkan bahwa pembuatan CV  maupun surat lamaran juga harus disesuaikan dengan karakter perusahaan. Jadi, idealnya para calon pelamar kerja sudah harus membekali diri sejak dini dengan berbagai kegiatan yang menunjang potensi, sesuai dengan kualifikasi yang disyaratkan oleh perusahaan yang dituju.
 
Para peserta juga diajak untuk mempraktekkan secara langsung bagaimana cara untuk "menjual diri" mereka pada perusahaan dalam sebuah surat lamaran pekerjaan. Hasilnya? Ternyata membuat CV dan surat lamaran bukan hal yang mudah.
 
Meskipun demikian, antusiasme peserta workshop kali ini terbilang cukup baik. Para peserta sudah mulai terbuka dan tidak malu-malu untuk bertanya. "Bahkan, ada beberapa orang yang sengaja mempersiapkan materi dari rumah," imbuh psikolog yang akrab disapa Ibu Lia ini. 
 
"Saya merasa cukup terbantu. Mungkin akan lebih baik lagi jika muatannya ditambah," ujar Fajar Eka Putra, salah seorang member. Menanggapi hal tersebut, HR Service Operational Manager ECC, Aditya Pradhana, menyatakan bahwa pihaknya tengah mematangkan sebuah program lanjutan berupa Career Class.
 
Selain itu, pada tanggal 2-4 Februari 2011, ECC UGM juga akan menggelar Career Workshop. Acara tersebut akan mendatangkan sejumlah praktisi perusahaan. Oleh karena itu, member diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas ini seoptimal mungkin guna mendapat pengetahuan yang lebih luas dan mendalam. (Patricia/app)
Tags : Graha Karir, Career Workshop, CV, Cover Letter,
Lepaskan Stres dan Penatnya Cari Kerja dengan Seru-seruan di Refreshment Booth! booth CN, refreshment booth, merchandise, games, job fair,
Sabtu, 09/03/2019 16:36 WIB Lepaskan Stres dan Penatnya Cari Kerja dengan Seru-seruan di Refreshment Booth!
Akhiri Galau dengan Ikutan Career Counseling di The 25th CD. Kuota Terbatas! konseling, konseling karier, jemput karier, 2019,
Sabtu, 09/03/2019 00:00 WIB Akhiri Galau dengan Ikutan Career Counseling di The 25th CD. Kuota Terbatas!
The 25th Career Days UGM Telah Dibuka! Selamat Datang Careerseeker! opening ceremony, 25th CD, JD.ID, job fair 2019,
Sabtu, 09/03/2019 14:05 WIB The 25th Career Days UGM Telah Dibuka! Selamat Datang Careerseeker!
Fintech, Jenis Usaha Kekinian Berkonsep Cashless fintech, start up, online payment, cashless society, uang elektronik, electronic payment, dana indonesia, sepulsa.com, ,
Senin, 03/09/2018 10:00 WIB Fintech, Jenis Usaha Kekinian Berkonsep Cashless
Di Tangan Nodeflux, Komputer Pintar Bisa Semakin Pintar! cctv, nodeflux, cdugm24, career, karier, careerdays,
Senin, 03/09/2018 10:00 WIB Di Tangan Nodeflux, Komputer Pintar Bisa Semakin Pintar!
Jangan Lewatkan Kesempatan Bergabung Bersama Traktor Quick dan Biznet! biznet, quick traktor, manufaktur, alat berat, industri IT, karya hidup sentosa,
Minggu, 02/09/2018 10:00 WIB Jangan Lewatkan Kesempatan Bergabung Bersama Traktor Quick dan Biznet!
Career Workshop: Saatnya "Menjual Diri" Lewat CV dan Surat Lamaran | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png