Release, Minggu, 08/09/2019 00:00 WIB

Jobseeker, Waspadai Undangan Interview Palsu yang Mengatasnamakan Perusahaan!

Hati-hati dengan ulah oknum tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan keriuhan jobfair 26th Career Days. Modus penipuan panggilan kerja terus terjadi dari tahun ke tahun.
Jobseeker, Waspadai Undangan Interview Palsu yang Mengatasnamakan Perusahaan!
Jobseeker, tingkatkan kewaspadaannmu terhadap informasi panggilan kerja. Budayakan selalu kroscek informasi panggilan tes yang kamu terima kepada perusahaan atau vendor tempatmu apply lowongan tersebut.



Banyak pelaku penipuan yang menyasar pelamar kerja dari perusahaan besar atau bahkan pelaku menciptakan sendiri perusahaan abal-abal. Meski marak terjadi, masih saja ada jobseeker yang menjadi korban. Tentu ini tidak terlepas dari modusnya yang semakin beragam. 

Bahkan perusahaan APRIL Group (Asia Pacific Resources International Holding Ltd) pun tak luput dari penipuan ini. “Ada yang melamar di website ECC (yang kini berubah menjadi upgrad.id), kemudian dapat e-mail yang menyatakan lolos seleksi lalu wajib membeli tiket dan transfer, transfer kalau ga salah 3,5 juta” ungkap Dian Anggreni selaku Talent Acquisition atau rekruter dari APRIL Group.

Menanggapi hal tersebut, pihak APRIL Group tidak tinggal diam. Mereka langsung membantu korban melapor ke jalur hukum. Namun di tengah jalan, korban memilih mencabut gugatan karena merasa proses pengadilan terlalu lama, sedangkan APRIL Group tetap melanjutkan proses, namun kesulitan karena tidak adanya laporan dari korban penipuan lain. 

Pengalaman itu membuat APRIL Group menjadi lebih terbuka dengan laporan penipuan dan gencar mengingatkan applicants agar tetap waspada. Di setiap poster, flyer, dan setiap ketemu pelamar selalu disampaikan bahwa e-mail yang dikirim disertai footnote agar  lebih autentic. Kamu juga bisa mengunjungi sosial media APRIL Group untuk melaporkan percobaan penipuan maupun keluhan lain. 

Antisipasi yang sama juga dilakukan perusahaan lain, salah satunya PT Bringin Gigantara. Perusahaan terus menginfokan agar pelamar memastikan panggilan yang diterima adalah resmi dari PT Bringin Gigantara. “Kami hanya ada pemanggilan via telepon langsung dan konfirmasi via e-mail, untuk sejauh ini belum pernah ada penipuan,” ujar Joni, HRD PT Bringin Gigantara.

Serupa dengan PLN Persero yang saat ini sedang membuka puluhan lowongan kerja online. Pada pembukaan 26th Career Days, PLN menyampaikan bahwa setiap rekrutmen tidak memungut biaya apapun dan semua informasi hanya melalui rekrutmen.pln.co.id. 

Terus waspadai berita palsu ya jobseeker! Ingat selalu bahwa perusahaan tidak akan memungut biaya apapun kepada pelamar. Laporkan kepada pihak perusahaan atau pihak berwajib jika menemukan praktik penipuan agar tidak memakan korban lain.

Be aware! 





Penulis: Lestari

Editor: Rahayu Riesta

Grafis: M. Rizal

Tags : careerdays, 26thcd,, lowongan palsu, interviewpalsu
Inspiring Business Talk Bareng Prasetiya Mulya Hadir di Jogja! inspiring business talk, prasetiya mulya, seminar,
Jumat, 13/09/2019 00:00 WIB Inspiring Business Talk Bareng Prasetiya Mulya Hadir di Jogja!
Selamat Menjemput Karier Impian Jobseeker! 26th Career Days UGM Usai Digelar 26thcd, ditutup, lowongan, career days, career center,
Minggu, 08/09/2019 00:00 WIB Selamat Menjemput Karier Impian Jobseeker! 26th Career Days UGM Usai Digelar
Ingin Berkarier di Start-up? Block71 Hadir Memberimu Opsi Baru startup, 26thcd, lowongan, jobfair,
Minggu, 08/09/2019 00:00 WIB Ingin Berkarier di Start-up? Block71 Hadir Memberimu Opsi Baru
Astra International Berikan Opsi Berkarier di Perusahaan Otomotif astra, TAM, astra international, 26thcd, lowongan otomatif,
Minggu, 08/09/2019 00:00 WIB Astra International Berikan Opsi Berkarier di Perusahaan Otomotif
Hingga Tahun Depan PLN Buka Ribuan Kesempatan Karier Untuk Jobseeker PT PLN (Persero), 26thCD, recruitment,
Minggu, 08/09/2019 13:14 WIB Hingga Tahun Depan PLN Buka Ribuan Kesempatan Karier Untuk Jobseeker
Join Bersama Sampoerna, Tempat Terbaik Kembangkan Diri! sampoerna, hm sampoerna, recruitment, 26thcd,
Senin, 09/09/2019 10:50 WIB Join Bersama Sampoerna, Tempat Terbaik Kembangkan Diri!
Jobseeker, Waspadai Undangan Interview Palsu yang Mengatasnamakan Perusahaan! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png