Release, Minggu, 08/09/2019 00:00 WIB

Mau Apply Lowongan PLN Persero? Ini Dia Urutan Tahapannya!

Ada baiknya mengikuti prosedur sebagai salah satu syarat administrasi setiap proses rekrutmen.
Mau Apply Lowongan PLN Persero? Ini Dia Urutan Tahapannya!
Ini dia tahapan yang harus dilalui pelamar lowongan untuk menjadi bagian dari PLN Persero. Butuh waktu sekitar 3 bulan proses seleksi dan 6 bulan pra jabatan sebelum akhirnya pelamar resmi menjadi karyawan.



Ini dia tahapan yang harus dilalui pelamar lowongan untuk menjadi bagian dari PLN Persero. Butuh waktu sekitar 3 bulan proses seleksi dan 6 bulan pra jabatan sebelum akhirnya pelamar resmi menjadi karyawan.

Berikut adalah tahapan seleksi yang harus dilalui pelamar: 

1. Daftar pada laman resmi PLN. Setelah mendaftar, jobseeker perlu memilih lowongan yang sesuai dengan kemampuan dan kriteria yang dibutuhkan PLN.

2. Administrasi. Dilakukan cek kebenaran berkas yang diunggah dan kualifikasi dari pelamar. Maka dari itu, pastikan bahwa berkas yang di-upload dapat terbaca dan asli

3. Seleksi online. Setelah lolos administrasi, akan ada seleksi online yang meliputi tes akademik dan tes bahasa inggris. Tahapan seleksi dapat diakses melalui seleksi.pln.co.id.

4. Tes Adaptif PLN (TAP). Tes Adaptif PLN bisa dikatakan seperti halnya psikotes. Rekruter akan melihat apakah pelamar cocok dengan pekerjaan dan organisasi.

5. Tes kesehatan. Menjadi salah satu tes PLN yang sangat ketat dengan kelulusan yang biasanya tidak sampai 50%. PLN sangat selektif pada kesehatan karyawannya, hal ini karena PLN akan menanggung seluruh biaya kesehatan karyawan tanpa batasan dana.  

6. Interview. Wawancara kerja dilakukan langsung oleh psikolog dan perwakilan PLN. Pelamar akan dilihat potensi dan kemampuannya terutama soft competencies. Pihak PLN menyarankan agar pelamar bisa mencari kegiatan diluar akademik untuk meningkatkan kemampuan kerjasama, leadership, sosialisasi, dan sebagainya.  

7. Pra jabatan. Merupakan tahapan final dari proses rekrutmen, pelamar akan mendapat In Class Training berupa materi bela negara, pengenalan perusahan, hingga on the job training yang mengharuskan pelamar bersedia ditempatkan di wilayah manapun di Indonesia.

Meski memiliki tahapan yang cukup panjang, hal tersebut tidak menurunkan animo jobseeker melakukan apply pada lowongan yang dibuka PLN. Pihak PLN juga mengimbau agar jobseeker dengan telaten mengikuti prosedur seleksi dan selalu waspada terhadap  percobaan penipuan.

“Tingkatkan kewaspadaan sebab banyak hoax dan penipuan yang template-nya sama persis dengan kami, namun bukan dari website atau e-mail resmi,” pesan Meyki Alfa, Divisi Talent PLN.

Ayo jobseeker, permudah langkah kariermu dengan mulai taati segala prosedur rekrutmen dan selalu waspada terhadap panggilan kerja palsu!









Penulis: Lestari

Editor: Rahayu Riesta

Grafis: M. Rizal

Tags : PLN, jobfair, lowongan, 26thCD
Kalau Kamu Sabar & Jeli, Jemput Karier Impianmu Tinggal Selangkah Lagi! (2) upgrad.id, member ecc, apply lowongan, personal assessment,
Selasa, 08/10/2019 00:00 WIB Kalau Kamu Sabar & Jeli, Jemput Karier Impianmu Tinggal Selangkah Lagi! (2)
Kalau Kamu Sabar & Jeli, Jemput Karier Impianmu Tinggal Selangkah Lagi! (1) member upgrad.id, cara apply loker, lowongan online,
Selasa, 08/10/2019 00:00 WIB Kalau Kamu Sabar & Jeli, Jemput Karier Impianmu Tinggal Selangkah Lagi! (1)
Selamat Menjemput Karier Impian Jobseeker! 26th Career Days UGM Usai Digelar 26thcd, ditutup, lowongan, career days, career center,
Minggu, 08/09/2019 00:00 WIB Selamat Menjemput Karier Impian Jobseeker! 26th Career Days UGM Usai Digelar
Ingin Berkarier di Start-up? Block71 Hadir Memberimu Opsi Baru startup, 26thcd, lowongan, jobfair,
Minggu, 08/09/2019 00:00 WIB Ingin Berkarier di Start-up? Block71 Hadir Memberimu Opsi Baru
Astra International Berikan Opsi Berkarier di Perusahaan Otomotif astra, TAM, astra international, 26thcd, lowongan otomatif,
Minggu, 08/09/2019 00:00 WIB Astra International Berikan Opsi Berkarier di Perusahaan Otomotif
Jobseeker, Waspadai Undangan Interview Palsu yang Mengatasnamakan Perusahaan! careerdays, 26thcd,, lowongan palsu, interviewpalsu,
Minggu, 08/09/2019 00:00 WIB Jobseeker, Waspadai Undangan Interview Palsu yang Mengatasnamakan Perusahaan!
Mau Apply Lowongan PLN Persero? Ini Dia Urutan Tahapannya! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png