Release, Rabu, 02/05/2018 00:00 WIB

‘Mulai Aja Dulu!’ Intip Serunya Berbisnis Start Up Ala Tokopedia

Tak lagi perlu dipungkiri, bisnis start up hadir sebagai alternatif jumudnya lahan mata pencarian kerja. Lalu bagaimana sih para karyawannya hidup di start up?
‘Mulai Aja Dulu!’ Intip Serunya Berbisnis Start Up Ala Tokopedia


Bisnis start up selalu terdengar keren di telinga. Bagaimana tidak? Terkenal dengan budaya kerja yang inovatif dan serba up to date, bagaimana ya para pelaku bisnisnya hidup dan menghidupi start up?


Ini dia bocorannya! Digital Strategist Tokopedia, Andika Seto Wicaksono bercerita mengenai budaya karier di perusahaan tempat ia bekerja. Pada mulanya Seto hanya melamar sebagai tenaga internship di Tokopedia. Namun, ia justru diterima sebagai karyawan tetap untuk bergabung dengan tim digital marketing.

Bagai mendapatkan durian runtuh, tentu saja tawaran itu tidak ia sia-siakan begitu saja. Banyak tantangan yang dianggapnya menarik dan menantang baginya selama bergabung dengan start up e-commerce ini.

Bagi yang akan terjun di dunia start up ada baiknya, kamu baca nasihat Seto berikut ini:

1. Adapt or die

Layaknya memasuki lingkungan baru, kamu perlu segera menyesuaikan diri dengan lingkungan kerjamu. Pahami dan pelajarilah secara baik-baik segala yang berkaitan dengan budaya kerja dan sesuatu yang berkaitan dengan tanggung jawab kerjamu. “Ketika mulai bergabung, ada baiknya kamu menempatkan diri seperti gelas kosong yang siap diisi,” tutur Seto.

2. Make mistakes

Jangan takut membuat kesalahan. Menurut Seto, kesalahanlah yang akan membuatmu menjadi paham dengan apa yang dilakukan sekaligus dapat mencari solusi terbaiknya. Lain halnya bila kamu hanya diam tanpa melakukan sesuatu eksperimen yang akan membuatmu mudah stuck. “Banyak-banyak mencoba berbagai kemungkinan, karena sukses itu tidak datang dalam satu malam,” pesannya.

3. Imagine living in the future

Bisnis start up sangat dinamis dan tidak selalu tergantung pada perintah atasan, sehingga sangat terbuka terhadap perubahan. Ditambah lagi dengan kemajuan teknologi yang mendorong kehidupan serba digital. Sebagai pelaku digital marketing, Seto mengajak agar anak muda selalu melakukan inovasi sembari membayangkan kehidupan masa mendatang dan tantangannya. Menurut alumni FEB UGM 2014 ini, ketika kita melakukan hal tersebut, maka kita akan lebih mudah mengetahui solusinya.

4. Explore the reason

Semua pesannya di atas akan sia-sia belaka bila kamu tidak bekerja sesuai dengan passion-mu. “Seperti bahan bakar, passion-lah yang akan mendorongmu terus berinovasi tanpa kenal lelah dan pamrih,” tukasnya.

Nah, bagi kamu yang tertarik menekuni bisnis start up, bisa mulai praktikkan beberapa pesan dari Andika Seto itu di manapun kamu berorganisasi. Belajar dan melakukan persiapan sedari dini akan lebih baik bukan? Karena seperti kata pepatah, usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Tetap semangat dan positif! [careernews.id]



Penulis :Rahayu Riesta
Editor : Puspa Aqirul Mala 
Foto : Devi Aprillia 
Tags : tokopedia goes to campus, ecc ugm, start up
Sebelum Daftar Inkompass Internship, Ada Baiknya Kamu Ikut Workshop Ini! magang internasional, inkompass 2019, Magang, internasional, karier sukses, mahasiswa magang, ECC UGM, HM Sampoerna Tbk,,
Rabu, 20/03/2019 14:39 WIB Sebelum Daftar Inkompass Internship, Ada Baiknya Kamu Ikut Workshop Ini!
Pengen Punya Karier International? Kamu Wajib Baca Ini! magang internasional, inkompass 2019, Magang, internasional, karier sukses, mahasiswa magang, ECC UGM, HM Sampoerna Tbk,,
Senin, 11/03/2019 00:00 WIB Pengen Punya Karier International? Kamu Wajib Baca Ini!
‘Yuk Jadi Member’ ECC Buka Booth di GSP Selama The 25th CD ECC Berlangsung! membership ecc ugm, job fair 2019, benefit member,
Sabtu, 09/03/2019 00:00 WIB ‘Yuk Jadi Member’ ECC Buka Booth di GSP Selama The 25th CD ECC Berlangsung!
Cermati Rambu-Rambu CD 25 Ini Agar Tak Disemprit Petugas! OOTD CD25, The 25th CD ECC UGM, masuk venue, rambu-rambu CD 25,
Jumat, 08/03/2019 00:00 WIB Cermati Rambu-Rambu CD 25 Ini Agar Tak Disemprit Petugas!
Tenangkan Pikiranmu Sejenak di Refreshment Booth CD 25 games, refreshment booth, The 25th CD ECC UGM, souvenir, challenge, career seeker, jobseeker, jobfair, lowongan kerja,
Selasa, 05/03/2019 15:08 WIB Tenangkan Pikiranmu Sejenak di Refreshment Booth CD 25
Spaneng Mikirin Karier? Konseling Aja di Counseling Booth CD 25! konseling karier gratis, konseling kesehatan, talent development, career days, The 25th CD ECC UGM, ,
Selasa, 05/03/2019 00:00 WIB Spaneng Mikirin Karier? Konseling Aja di Counseling Booth CD 25!
‘Mulai Aja Dulu!’ Intip Serunya Berbisnis Start Up Ala Tokopedia | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png