Release, Minggu, 13/08/2017 00:00 WIB

Astra Internasional Cari Superteam Bukan Superman

PT Astra Internasional (AI) Tbk menjadi salah satu perusahaan partisipan di 22nd Career Days UGM kali ini. Perusahaan yang memiliki 7 lini bisnis dari hulu ke hilir ini, membuka kesempatan berkarir bagi kamu fresh graduates.

 

Astra Internasional Cari Superteam Bukan Superman

PT AI Tbk berkesempatan mengisi sesi presentasi perusahaan pada hari kedua 22nd Career Days (CD) ECC UGM. Dalam kesempatan tersebut, Diah Wahyu Utami, Corporate Human Capital PT AI Tbk, menjelaskan tentang bagaimana lini bisnis Astra yang belum banyak diketahui oleh jobseeker. "Kita punya tujuh lini bisnis dan yang paling besar dan paling teman-teman itu otomotif ya," ungkap Diah.

 

Diah mengakui bahwa saking besarnya lini bisnis tersebut malah membuat orang awam kurang paham mengenai hal tersebut. "Misalnya saja komponen-komponen pembangun motor atau apapun, itu di bawah PT Astra Auotoparts Tbk, punya lima puluh anak perusahaan lagi," terang Diah.

 

Menurut Diah, Astra juga memiliki lini bisnis yang mendukung program pemerintah dalam proses pengembangan infrastruktur. "Lewat PT Astratel Nusantara, kita membangun beberapa tol, contohnya di Jawa Barat itu Tol Cikupa, di Jawa Tengah ada Tol Salatiga, dan di Jawa Timur Tol Mojokerto," beber Diah.

 

Untuk mengisi kebutuhan karyawan di setiap lini bisnis yang dijalankan PT AI Tbk ini, Diah memberikan lima gambaran persyaratan bagi para kandidat. "Karena perusahaan di Astra itu gedhe (besar-red) banget jadi kita harus berpikir secara terstruktur dan terorganisir, juga berpikir pakai kerangka," contoh Diah.

 

Selain itu, Diah juga menggaris bawahi bahwa kandidat yang bisa bekerja secara teamwork yang akan lebih dipilih. "Kita enggak butuh superman tapi butuh superteam makanya yang kita cari Avengers," terang wanita lulusan dari Universitas Indonesia ini.

Selanjutnya, yang harus dipunyai oleh mereka para kandidat PT AI Tbk adalah kemampuan berkomunikasi yang baik, yang ia sebut sebagai interpersonal skill. Di sini Diah mengharapkan kandidat untuk dapat belajar bagaimana berkomunikasi secara dua arah ke pada tiga layer, yakni teman sebaya, atasan, maupun stafnya nanti.

 

Untuk mencari kandidat-kandidat yang diinginkan tersebut, PT AI Tbk, melakukan beberapa tahapan tes, yakni screening CV online, psikotes, user interview, medical check up, dan yang terakhir offering and hiring. Pada tahapan pertama, screening CV online, kandidat diharuskan mendaftar melalui astra.co.id/virtue dan mengisi data diri secara lengkap. Kemudian bagi yang lolos, bisa melanjutkan ke psikotes yang terbagi menjadi dua,cognitive atau IQ test dan personality test.

 

Tahapan selanjutnya adalah user interview yang mana calon atasan para kandidatlah yang akan mewawancarai. "Lalu medical check up, jangan anggap mudah atau remeh ya, karena kita banyak menemukan anak-anak sekarang yang enggak lolos gara-gara medcheck," bocor Diah.

 

"Teman-teman kalau sakit bisa kirim email untuk izin menunda medcheck daripada pas tes pas sakit mending di-reschedule saja," jelas Diah. Setelah lolos tahapan ini, para kandidat akan sampai ke tahapan offering and hiring, yang jika sudah sepakat akan berlanjut ke taken kontrak.

 

Buat kamu yang ingin bertanya lebih lanjut soal lowongan dari PT AI Tbk, silakan mampir ke booth-nya di 22nd Career Days UGM!

 

Penulis            : Yuana Anandatama 

Editor              : Puspa A. Mala

Foto                : Ryma Aulia

 

Tags : astra international, presentasi perusahaan, 22nd Career Days UGM,
Kalau Kamu Sabar & Jeli, Jemput Karier Impianmu Tinggal Selangkah Lagi! (2) upgrad.id, member ecc, apply lowongan, personal assessment,
Selasa, 08/10/2019 00:00 WIB Kalau Kamu Sabar & Jeli, Jemput Karier Impianmu Tinggal Selangkah Lagi! (2)
Kalau Kamu Sabar & Jeli, Jemput Karier Impianmu Tinggal Selangkah Lagi! (1) member upgrad.id, cara apply loker, lowongan online,
Selasa, 08/10/2019 00:00 WIB Kalau Kamu Sabar & Jeli, Jemput Karier Impianmu Tinggal Selangkah Lagi! (1)
Skill Apa yang Bisa Survive di Era Industri 4.0? Yuk Ulik Bareng Prasetiya Mulya prasetiya mulya business school, seminar, business talk, upgrad.id,
Jumat, 20/09/2019 00:00 WIB Skill Apa yang Bisa Survive di Era Industri 4.0? Yuk Ulik Bareng Prasetiya Mulya
Inspiring Business Talk Bareng Prasetiya Mulya Hadir di Jogja! inspiring business talk, prasetiya mulya, seminar,
Jumat, 13/09/2019 00:00 WIB Inspiring Business Talk Bareng Prasetiya Mulya Hadir di Jogja!
Selamat Menjemput Karier Impian Jobseeker! 26th Career Days UGM Usai Digelar 26thcd, ditutup, lowongan, career days, career center,
Minggu, 08/09/2019 00:00 WIB Selamat Menjemput Karier Impian Jobseeker! 26th Career Days UGM Usai Digelar
Ingin Berkarier di Start-up? Block71 Hadir Memberimu Opsi Baru startup, 26thcd, lowongan, jobfair,
Minggu, 08/09/2019 00:00 WIB Ingin Berkarier di Start-up? Block71 Hadir Memberimu Opsi Baru
Astra Internasional Cari Superteam Bukan Superman | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png