Jobseeker / workplace, Rabu, 03/07/2019 10:48 WIB

Kamu Belum Tahu Mau Kerja Apa? Mungkin Hal ini Masih Bersembunyi dalam Dirimu

Jika menemukannya, kerja bahagia akan bisa kamu rasakan!

Kamu Belum Tahu Mau Kerja Apa? Mungkin Hal ini Masih Bersembunyi dalam Dirimu
Passion. Tentu jadi kata yang sering sekali kamu dengar, apalagi saat kamu sering ikut seminar tentang karir atau sedang sering membaca artikel seputar karir. Passion selalu disebut-sebut menjadi hal paling penting sebelum seseorang melamar pekerjaan.


Dikutip dari berbagai sumber, passion sering diartikan sebagai sesuatu yang kita cintai. Passion adalah sesuatu yang membuat kita bersemangat melakukan sebuah pekerjaan. Passion seperti sebuah energi yang selalu memberikan kita gairah untuk berinovasi dan melakukan hal yang semakin baik untuk pekerjaan yang kita lakukan. Karena passion-lah bekerja jadi serasa liburan.

Sebelum melamar pekerjaan, kenapa sih harus tahu dulu passion kita apa?

Menurut Sri Muliati Abdullah, Staf Ahli ECC UGM, mengetahui passion sebelum bekerja penting untuk membuat kerja kita terasa ringan nantinya. Dalam bekerja, tentu akan ada banyak ketidakstabilan yang bisa kamu temui. “Dengan passion kita akan selalu merasa siap karena kita suka dengan pekerjaan yang kita lakukan,” ujar Lia, sapaan akrabnya.

Steve Jobs sendiri pernah mengatakan bahwa satu-satunya kunci keberhasilan untuk membuat sebuah karya hebat adalah mencintai apa yang menjadi pekerjaan kita. Begitu pentingnya passion sehingga sebelum kamu melamar sebuah pekerjaan, pastikan bahwa pekerjaan yang kamu lamar memang benar-benar menjadi passion-mu.

Menemukan si Passion

Tak jarang, Careernews menemui jobseeker yang sudah melamar ke banyak perusahaan namun sebenarnya tidak tahu pekerjaan apa yang sebenarnya sedang dicari. Bahkan dalam survei online Careernews di akhir 2015 silam menyatakan bahwa 36 persen pekerja merasa tidak bekerja sesuai dengan minatnya, pun 45 persen dari responden mengaku tidak yakin bahwa pekerjaannya saat ini sudah sesuai dengan minat dan bakatnya.

Data ini diperkuat dengan data terbaru ECC UGM tahun 2017, yakni terdapat 1025 member ECC UGM dari 5 universitas negeri ternama yang lulus pada kurun waktu 2014-2017, berpindah ke 3 atau lebih pekerjaan.
Faktanya, banyak juga dari mereka yang telah lulus dari salah satu bidang studi tapi justru melamar ke bidang perusahaan yang tidak berhubungan dengan studinya terdahulu. Hal ini bisa ditengarai ketika kamu lebih sering melamar ke lowongan kerja dengan syarat 'semua jurusan' dibanding lowongan yang jelas-jelas mencantumkan jurusan studimu.

Bekerja tidak sesuai passion memang punya banyak minus. Pertama, tentu saja kamu tidak bisa berkembang di posisimu saat ini karena kamu tidak mencintainya. Kedua, kamu akan lebih sering gonta ganti pekerjaan. Hasilnya, karirmu stuck pun bisa jadi kamu akan dicap kutu loncat yang akhirnya justru mengakibatkan kamu sulit lolos tes wawancara di pekerjaan selanjutnya.

Ketiga, karena karir stuck, tentu saja berpengaruh pada kondisi kantongmu. Jarang ada orang yang bisa berprestasi bahkan sampai menduduki posisi bergengsi di perusahaannya ketika bekerja tidak sesuai dengan passion-nya. Karena efeknya yang luar biasa bagi kehidupan karirmu itulah, penting bagimu untuk tahu apa yang jadi passion-mu, lebih baik lagi kalau itu adalah bakatmu.

Arry Rahmawan, konseptor CerdasMulia Institute yang juga seorang dosen Universitas Indonesia dalam blognya mengatakan bahwa cara awal yang bisa dilakukan untuk menemukan passion adalah berani jujur pada diri sendiri. Ada kalanya kita menyukai suatu bidang, namun bidang tersebut dianggap tidak memiliki prospek dari segi pendapatan. Akhirnya kita meninggalkannya dan menuruti apa yang dianggap kebanyakan orang sebagai 'berprospek'.

Cara lain yang bisa kamu tempuh untuk menemukan passion-mu adalah dengan mengeksplorasi, aktivitas apa yang senang kamu lakukan dan kamu bisa merasa waktu cepat berlalu ketika kamu melakukannya.

Misalnya saja kamu suka dengan fotografi, bisa jadi passion kamu memang ada di bidang ini. Atau kamu suka membaca, bisa jadi menjadi seorang reviewer adalah passion-mu. Atau kamu merasa puas ketika bisa membantu orang lain, mungkin berada di kursi customer service adalah hal yang pas untukmu.

Satu adalah ideal, lebih itu untuk alternatif

Menurut Lia, mengetahui passion memang sangatlah penting. Kamu bisa mengenalinya kapan saja. Makin cepat makin baik. Bisa jadi, jurusan studimu dulu ternyata passion-mu atau bisa juga sebaliknya. Hal yang paling penting dalam perjalanan menemukan passion adalah mencoba mengeksplorasi hal-hal yang kamu suka dari apa yang yang tengah kamu jalani.

Mengetahui satu passion-mu adalah sebuah hal ideal. Namun, memiliki passion alternatif juga penting ketika kamu merasa sulit menemukan satu passion. Alternatif ini bisa kamu temukan dengan mencari hal-hal yang kamu suka dari bidang studi atau pekerjaanmu saat ini.

Passion alternatif juga sebaiknya kamu miliki khususnya ketika kamu memang ingin bekerja pada orang lain, atau dalam hal ini pada perusahaan. Dengan berbagai dinamika perusahaan, tentu kamu akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan berbagai jobdesc yang bisa saja diberikan oleh atasan. “Intinya jangan memiliki passion yang sempit, agar tetap semangat dalam bekerja. Kalau passion-nya sempit, bisa saja sedikit-sedikit tidak suka dengan pekerjaan yang akan dihadapi,” terang Lia.

Saat passion tak bertemu kemampuan

Pernah mengalami momen di saat kamu merasa memiliki kertarikan di suatu bidang tapi kamu merasa tidak memiliki cukup kemampuan di sana? Ambil saja contoh, kamu sangat menyukai film. Kamu ingin bekerja di bidang ini tapi sayangnya kamu tidak memiliki keahlian dalam teknik pengambilan gambar dan penyuntingan video. Apa yang bisa kamu lakukan?

Saat menemui kondisi ini, Lia menyarankan untuk kamu melakukan kolaborasi. Kamu bisa mengajak teman yang sekiranya jago melakukan pengambilan gambar dan penyuntingan video untuk bersama-sama mewujudkan gagasan filmmu.

Buat kamu yang sudah bekerja dan merasa pekerjaanmu saat ini bukanlah passion-mu, ada cara awal yang bisa dilakukan sebelum akhirnya memilih resign. Eksplorasi lagi pekerjaanmu saat ini dan temukan hal yang menjadi kesenanganmu di sana. “Eksplorasi kesukaanmu dari pengalaman sehari-harimu di pekerjaan. Open mind dulu sebelum memulai pekerjaan,” ujar Lia.

Bekerja tidak hanya sebatas menghabiskan waktu, mencari uang, atau gengsi. Namun, akan lebih baik jika apa yang kita lakukan bisa memberikan makna bagi orang lain. Tuhan telah menciptakan kita secara unik. Percayalah bahwa kita memiliki kelebihan dan passion yang jika digali akan memberikan nilai bagi diri sendiri dan orang lain. Tugas kitalah untuk menemukannya.

Nah, ECC UGM sebagai People Development Center memberikan fasilitas buat kamu mahasiswa, fresh graduate, atau jobseeker yang ingin mengetahui passion dan minat karirmu melalui sebuah program bertajuk Career Passion. Di program ini, kamu akan diajak sharing dan mengenali minat karir kamu. Dalam waktu terdekat, program ini akan dilaksanakan pada Rabu, 17 Juli 2019. Klik di sini untuk mendaftar. Bagaimana, sudah siap menggali passion-mu?



Penulis      : Rita Pamilia

Editor        : Yuana Anandatama

Grafis         : Muhammad Rizal

Tags : tips jitu dapat kerja, jobseeker, mahasiswa, passion, minat karir,
Kalau Kamu Sabar & Jeli, Jemput Karier Impianmu Tinggal Selangkah Lagi! (2) upgrad.id, member ecc, apply lowongan, personal assessment,
Selasa, 08/10/2019 00:00 WIB Kalau Kamu Sabar & Jeli, Jemput Karier Impianmu Tinggal Selangkah Lagi! (2)
Kalau Kamu Sabar & Jeli, Jemput Karier Impianmu Tinggal Selangkah Lagi! (1) member upgrad.id, cara apply loker, lowongan online,
Selasa, 08/10/2019 00:00 WIB Kalau Kamu Sabar & Jeli, Jemput Karier Impianmu Tinggal Selangkah Lagi! (1)
Skill Apa yang Bisa Survive di Era Industri 4.0? Yuk Ulik Bareng Prasetiya Mulya prasetiya mulya business school, seminar, business talk, upgrad.id,
Jumat, 20/09/2019 00:00 WIB Skill Apa yang Bisa Survive di Era Industri 4.0? Yuk Ulik Bareng Prasetiya Mulya
Inspiring Business Talk Bareng Prasetiya Mulya Hadir di Jogja! inspiring business talk, prasetiya mulya, seminar,
Jumat, 13/09/2019 00:00 WIB Inspiring Business Talk Bareng Prasetiya Mulya Hadir di Jogja!
Selamat Menjemput Karier Impian Jobseeker! 26th Career Days UGM Usai Digelar 26thcd, ditutup, lowongan, career days, career center,
Minggu, 08/09/2019 00:00 WIB Selamat Menjemput Karier Impian Jobseeker! 26th Career Days UGM Usai Digelar
Ingin Berkarier di Start-up? Block71 Hadir Memberimu Opsi Baru startup, 26thcd, lowongan, jobfair,
Minggu, 08/09/2019 00:00 WIB Ingin Berkarier di Start-up? Block71 Hadir Memberimu Opsi Baru
Kamu Belum Tahu Mau Kerja Apa? Mungkin Hal ini Masih Bersembunyi dalam Dirimu | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png