Release, Jumat, 11/03/2016 15:13 WIB

Hati-hati, Penipuan Berkedok Panggilan Tes Mengatasnamakan PT Sayap Mas Utama!

Kembali terjadi, penipuan berkedok panggilan tes kini dialami jobseeker pelamar PT Sayap Mas Utama (Wings Group).
Hati-hati, Penipuan Berkedok Panggilan Tes Mengatasnamakan PT Sayap Mas Utama!
Mencari pekerjaan tak cukup hanya dilakukan dengan semangat dan ambisi saja, ketelitian juga sangat diperlukan. Ketelitian ini tidak hanya dibutuhkan saat mengikuti proses seleksi, tapi juga saat menghadapi panggilan seleksi.

Penipuan yang mengatasnamakan Wings Group ini membuat pengumuman panggilan seleksi di Jakarta. Panggilan seleksi dikirimkan melalui e-mail dengan detil yang disampaikan melalui attachment file. Format penulisannya hampir serupa dengan penipuan terakhir yang terjadi mengatasnamakan PT Merck Sharp Dohme (MSD).

Dalam beberapa waktu terakhir, penipuan mengatasnamakan panggilan seleksi perusahaan jumlahnya semakin meningkat. Sebagai jobseeker, kamu jangan sampai mudah percaya dengan semua panggilan seleksi yang dilayangkan padamu. Baik melalui e-mail, sms, telepon, dan lain sebagainya. Teliti kembali apakah itu dapat dipercaya dan berasal dari sumber yang kredibel.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu cermati untuk memeriksan apakah panggilan seleksi asli atau justru sebaliknya:

1. Konten

Jika kamu lihat lebih dalam, pasti akan terdapat kejanggalan yang dilakukan oleh penipu. Misalnya melalui e-mail panggilan seleksi palsu, kamu akan menemukan ejaan yang tidak benar, kalimat yang tidak baku, logo yang tidak jelas, dan berbagai kesalahan konten lainnya yang tidak menunjukkan profesionalisme perusahaan.

2. Domain

Selain itu, e-mail yang dikirimkan juga seringkali menggunakan domain gratis. Perlu kamu pahami bahwa sebuah surat resmi dari perusahaan yang dikirim tentu akan menggunakan domain dari perusahaan itu sendiri.

3. Permintaan mengirimkan sejumlah uang

Salah satu indikasi penipuan yang hampir pasti selalu dilakukan adalah meminta calon korban membayar sejumlah uang untuk kepentingan perjalanan yang dikatakan nanti akan diganti setelah proses seleksi. Mereka juga akan menunjuk satu travel agent tertentu untuk mengurus perjalanan.

4. Berbatas waktu

Permintaan pengiriman uang selalu diberi batasan waktu dan mencantumkan 'ancaman' jika lewat batas waktu maka akan dianggap gugur.

Panggilan seleksi palsu selalu memiliki motif penipuan uang. Jadi, jika suatu hari nanti kamu menerima panggilan seleksi yang meminta mengirimkan sejumlah uang, teliti lagi lebih dalam agar kamu tidak akan dirugikan dari segi finansial.

Meski kamu sangat membutuhkan pekerjaan, jangan sampai kondisimu ini dimanfaatkan oleh oknum yang memiliki niatan buruk. Kami dari pihak ECC UGM memohon maaf yang sebesar-besarnya terhadap pihak yang merasa dirugikan. Jika ada panggilan seleksi yang kamu ragukan kebenarannya, kamu bisa mengontak ECC UGM untuk mendapatkan konfirmasi.

Tetap jaga semangat dan jangan lupa selalu teliti, jobseeker! [CN]

Tags : lowongan kerja, Perusahaan, lowongan perusahaan, smart jobseeker,
Kalau Kamu Sabar & Jeli, Jemput Karier Impianmu Tinggal Selangkah Lagi! (2) upgrad.id, member ecc, apply lowongan, personal assessment,
Selasa, 08/10/2019 00:00 WIB Kalau Kamu Sabar & Jeli, Jemput Karier Impianmu Tinggal Selangkah Lagi! (2)
Kalau Kamu Sabar & Jeli, Jemput Karier Impianmu Tinggal Selangkah Lagi! (1) member upgrad.id, cara apply loker, lowongan online,
Selasa, 08/10/2019 00:00 WIB Kalau Kamu Sabar & Jeli, Jemput Karier Impianmu Tinggal Selangkah Lagi! (1)
Skill Apa yang Bisa Survive di Era Industri 4.0? Yuk Ulik Bareng Prasetiya Mulya prasetiya mulya business school, seminar, business talk, upgrad.id,
Jumat, 20/09/2019 00:00 WIB Skill Apa yang Bisa Survive di Era Industri 4.0? Yuk Ulik Bareng Prasetiya Mulya
Inspiring Business Talk Bareng Prasetiya Mulya Hadir di Jogja! inspiring business talk, prasetiya mulya, seminar,
Jumat, 13/09/2019 00:00 WIB Inspiring Business Talk Bareng Prasetiya Mulya Hadir di Jogja!
Selamat Menjemput Karier Impian Jobseeker! 26th Career Days UGM Usai Digelar 26thcd, ditutup, lowongan, career days, career center,
Minggu, 08/09/2019 00:00 WIB Selamat Menjemput Karier Impian Jobseeker! 26th Career Days UGM Usai Digelar
Ingin Berkarier di Start-up? Block71 Hadir Memberimu Opsi Baru startup, 26thcd, lowongan, jobfair,
Minggu, 08/09/2019 00:00 WIB Ingin Berkarier di Start-up? Block71 Hadir Memberimu Opsi Baru
Hati-hati, Penipuan Berkedok Panggilan Tes Mengatasnamakan PT Sayap Mas Utama! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png