Do You Know, Senin, 14/01/2019 10:00 WIB

Jam Kerja Fleksibel Bisa Cetak Karyawan Berbakat! Benarkah?

Kini, banyak perusahaan terapkan jam kerja fleksibel untuk karyawannya. Buat apa ya?
Jam Kerja Fleksibel Bisa Cetak Karyawan Berbakat! Benarkah?
Adanya kemajuan teknologi yang pesat mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan, dari pekerjaan, pendidikan, gaya hidup, dan lain sebagainya. Perkembangan teknologi ini juga menginspirasi adanya jam kerja fleksibel di kantor-kantor.

Aturan jam kerja fleksibel ini memungkinkan karyawan untuk bekerja kapan saja dan dimana saja (mobile workstyle), tanpa memiliki jam kantor nine to five seperti pada umumnya. Dilansir dari Kompas Female, jam kerja yang fleksibel ini ternyata bisa membawa banyak manfaat bagi karyawan dan perusahaan.

Menurut Sabeer Dasgupta, Chief Operation Officer InMobile Solution, karyawan bisa lebih efisien dan termotivasi bekerja karena mereka dibebaskan untuk masuk jam berapapun. Hal ini faktanya juga dapat mengurangi tingkat membolos masuk kerja.

Kebebasan waktu yang diberikan kepada karyawan ini berpengaruh pada tingkat produktivitas karyawan, serta suasana kerja yang lebih nyaman. Akibatnya, karyawan juga memiliki kecenderungan terhindar dari tekanan stres selama bekerja. Selain itu, kelonggaran waktu kerja juga berpengaruh pada tingkat tanggung jawab karyawan perusahaan. Sejak diberlakukan peraturan tersebut di InMobile Solution, komitmen karyawan menjadi lebih tinggi.

Ini menunjukkan bahwa untuk bekerja, memang tidak melulu harus di kantor. Terbukti, dengan jam kerja yang fleksibel, karyawan di perusahaan tersebut bisa meningkatkan kinerja. Pekerjaan juga bisa diselesaikan tanpa harus terus datang ke kantor melainkan dengan adanya teknologi yang menunjang.

Fleksibilitas jam kerja ini bisa memberikan dampak positif lain, seperti mengurangi rasa persaingan antar karyawan dan menghindari intrik kekuasaan di kantor. Selain itu, dari sisi karyawan, mereka yang dibebaskan untuk bekerja kapan saja dan dimana saja, cenderung akan memiliki manajemen waktu yang baik dan paham betul apa yang harus mereka terapkan untuk kemajuan karir. Ini sekaligus perusahaan dapat mencetak talent yang berbakat.

Kendati demikian, ternyata kerja tidak di kantor juga memiliki sisi negatif. Dilansir dari situs yang sama, disebutkan bahwa kesulitan koordinasi bisa terjadi tanpa adanya kehadiran karyawan di kantor. Di sisi lain, pengawasan yang kurang juga bisa terjadi, sehingga menyebabkan adanya tenggat waktu yang tidak dipatuhi. Dengan jam kerja yang bebas, pengambilan keputusan juga akan cenderung lebih lambat dibandingkan jika semua hadir di jam yang sama.

Jam kerja yang fleksibel ini memang cenderung menguntungkan dari sisi karyawan, tapi tidak bisa diterapkan di semua bidang industri atau posisi tertentu. Untuk perusahaan yang bergerak di bidang kreatif, media, dan jasa konsultan, aturan ini mungkin bisa diterapkan tapi tidak di instansi formal seperti lembaga negara.

Nah, bagaimana denganmu? Apakah kamu lebih suka jam kerja fleksibel atau tidak?



Penulis      : Ratih Wilda

Editor        : Yuana Anandatama

Grafis        : Ardiansyah Bahrul A.

Tags : Do You Know, karyawan, Perusahaan,
Wings Graduates Trainee Program is Calling! Let’s Join! management trainee, wings group, lowongan 2019, leader,
Selasa, 23/04/2019 10:37 WIB Wings Graduates Trainee Program is Calling! Let’s Join!
Tantang Dirimu di Kompetisi JTI, Dapetin Paid Internship di Swiss! Japan Tobacco International, international competition, paid internship, Business Idea Competition: Make It Bright’, 2019, 2020,
Kamis, 18/04/2019 00:00 WIB Tantang Dirimu di Kompetisi JTI, Dapetin Paid Internship di Swiss!
Career seekers, Jangan Terlambat! Investasikan Waktu Mudamu dengan Tepat! intensive career preparation, self development, career path, upgrade skill,
Selasa, 16/04/2019 00:00 WIB Career seekers, Jangan Terlambat! Investasikan Waktu Mudamu dengan Tepat!
Yuk, Join Intensive Career Preparation! Free 1 on 1 HR Interview Simulation! intensive career preparation, soft skill training, upgrade yourself,
Kamis, 04/04/2019 17:59 WIB Yuk, Join Intensive Career Preparation! Free 1 on 1 HR Interview Simulation!
Sebelum Daftar Inkompass Internship, Ada Baiknya Kamu Ikut Workshop Ini! magang internasional, inkompass 2019, Magang, internasional, karier sukses, mahasiswa magang, ECC UGM, HM Sampoerna Tbk,,
Rabu, 20/03/2019 14:39 WIB Sebelum Daftar Inkompass Internship, Ada Baiknya Kamu Ikut Workshop Ini!
Bukit Asam Goes to Campus: Ungkap Pentingnya SDM Bagi Perusahaan! bukit asam, bumn, tambang batu bara, karyawan, recruitment karyawan bumn,
Rabu, 20/03/2019 00:00 WIB Bukit Asam Goes to Campus: Ungkap Pentingnya SDM Bagi Perusahaan!
Jam Kerja Fleksibel Bisa Cetak Karyawan Berbakat! Benarkah? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png