News, Sabtu, 30/05/2015 01:08 WIB

Ragam Tips Karir Bermanfaat dari Career Workshop, Mau Tahu?

Sebelum bertempur mencari kerja dalam 17th Career Days UGM pada 30-31 Mei 2015, sejumlah jobseeker mulai mengasah diri dengan mengikuti Career Workshop pada Kamis (28/5). 
Ragam Tips Karir Bermanfaat dari Career Workshop, Mau Tahu?
Acara ini menghadirkan perwakilan dari perusahaan, yaitu PT PLN (Persero) dan PT Merck Sharp Dohme Pharma (MSD) yang mengisi Batch I serta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) dan PT Paragon Technology and Innovation (PTI) yang mengisi Batch II

Banyak tips menarik dibagikan kepada peserta yang hadir di University Club, UGM. Bagi kamu yang belum sempat hadir, jangan khawatir. Berikut ulasan singkat acara tersebut.


Kompetensi tercermin dari komunikasi

Menurut Muji Wardoyo, Manager Senior Recruitment PT PLN (Persero), tahap wawancara merupakan saat di mana recruiter melihat kompetensi seseorang. “Wawancara merupakan cara kami mencari kompetensi. Ada sesuatu yang meyakinkan saya begitu diajak komunikasi nyambung,” kata Muji. 

Hal senada diutarakan Novian Zein, Director Plant Management MSD. Novian menyampaikan bahwa wawancara merupakan cara bagaimana perusahaan mencari orang-orang berkualitas. “Biasanya saya turun langsung, dua level di bawah saya maka saya perlu ketemu. Kalau saya sukses, saya pensiun, maka pengganti saya harus orang Indonesia,” tukas Novian. 


Passion tidak bisa dikelabui, jadi tidak perlu berpura-pura!

Salah satu hal yang sering ditanyakan saat wawancara adalah mengenai passion. Tak jarang saat wawancara, para recruiter tidak mendengar jawaban yang menunjukkan passion seperti disebutkan dalam CV. “Passion Anda tidak bisa dikelabui. Dari Anda menjelaskan (saat wawancara, -red), bisa terlihat ada enggak passion yang Anda tulis,” kata Novian menjelaskan. 

Passion memang bukanlah hal yang mudah ditemukan sehingga perlu proses mengenali diri sendiri. Edi Cahyono selaku Kepala Bagian Perekrutan SDM PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), mengatakan, “Passion secara praktiknya adalah mencintai pekerjaan kita saat ini, mencintai status kita saat ini sehingga apa-apa bisa maksimal.

Ada kesalahan yang sering diucap jobseeker saat wawancara dengan mengatakan memunyai passion di suatu perusahaan. Hal ini tidak tepat menurut Edi, karena posisi jobseeker belum bekerja di perusahaan tersebut sehingga belum mengetahui bagaimana rasanya bekerja di perusahaan tersebut.  “Ada yang mengatakan ‘saya melamar ke BRI karena passion saya di BRI’,  padahal dia belum masuk ke BRI. Ini kurang pas, tapi kalau bisa, mengatakan ‘berminat’,” kata Edi mengoreksi. 


Tunjukkan self confidence

Setelah resmi dinyatakan lolos seleksi, tiba saatnya kamu bekerja di perusahaan impian. Jangan sia-siakan usaha keras yang telah kamu tempuh. Tunjukkan performa terbaik di perusahaan. Namun terkadang, karyawan baru, apalagi yang berasal dari kota kecil, masih menunjukkan rasa takut untuk menampilkan kinerjanya. Seperti penuturan Novian yang mengatakan bahwa karyawan baru yang direkrut dari UGM, misalnya, tidak punya confidence padahal memunyai loyalitas tinggi di perusahaan. 

“Di perusahaan multinasional itu tidak berlaku silent is gold. Ada tempat-tempat tertentu yang memang Anda harus berbicara. Saya melihat kalau bicara sopan, datang tidak terlambat, tapi kok tidak kelihatan dibanding yang lain,” ungkapnya. Meskipun self confidence dibutuhkan tetapi  Novian lebih menyukai orang yang mempertahankan sifat humble


Commitment on target

“Kalau commitment on target, di mana pun kita berada pasti peluangnya lebih besar, karena perusahaan akan melihat orang ini pasti punya bakat, punya kompetensi, karena belum apa-apa dia sudah commitment on target,” ucap Edi. Hal tersebut bisa ditunjukkan dengan berusaha lebih baik dalam pekerjaan, datang tidak terlambat, dan berpenampilan rapi. 


Kegugupan bisa di-handle kok!

Proses wawancara adalah tahapan wajib yang dijalani jobseeker saat melamar ke perusahaan. Rasa gugup kerap hadir menyelimuti perasaan jobseeker saat menjalani tahap wawancara. Sinta, officer PT PTI menyarankan agar datang lebih awal lima belas sampai tiga puluh menit sebelum wawancara dimulai agar kamu bisa menguasai rasa gugupmu. 

Jika perasaan gugup tidak bisa dikuasai, kemungkinan besar ini akan memengaruhi cara kamu menjawab pertanyaan interview. Bahkan menurut pengalaman Sinta, ada jobseeker lupa posisi yang dilamar akibat terlalu gugup. “Tolong pelajari posisi apa yang akan di-apply. Jangan sampai pada saat di-interview lupa kemarin daftar apa. Tolong dipelajari jobdesc-nya apa, perusahaannya bagaimana, supaya tahu budayanya seperti apa,” tutur Sinta. 

Dalam Career Workshop kali ini, peserta juga mendapat pelatihan simulasi Leaderless Group Discussion (LGD) dengan fasilitator Ahmad Yuniarto, mantan CEO Schlumberger Indonesia. LGD merupakan salah satu tahapan tes yang sering digunakan untuk menyeleksi jobseeker. “Kita (perusahaan, -red) pengen melihat who you are dari sisi kepemimpinan, sisi kemampuan komunikasi, sisi kemampuan kerja dengan orang-orang, sisi practicality dan kontekstual. Filosofinya bukan lulus tidak lulus tapi cocok atau tidak cocok bergabung,” kata Ahmad menjelaskan tujuan LGD. 

Tahap ini membutuhkan seni berkomunikasi dan seni mendengarkan agar bisa menarik hati perusahaan. “LGD adalah presentasi tentang dirimu sendiri lewat cara Anda meng-handle stres, lewat cara Anda berpikir, menganalisis case yang diberikan, mengolah pendapat yang berbeda,” kata Ahmad. 

Dalam berbicara, kita perlu memerhatikan aspek visual, vokal, dan verbal. Visual dapat ditunjukkan dengan bahasa tubuh seperti kontak mata. Atur juga tinggi rendah dan volume suara ketika berbicara. Mengucapkan sedikit lelucon agar suasana tidak tegang juga bisa kamu lakukan.

Aspek serupa pun perlu kita perhatikan dalam mendengarkan orang lain. Tunjukkan bahasa tubuh yang baik, seperti kontak mata dan anggukan. Kamu juga bisa meminta orang lain untuk bicara lebih keras bila suara mereka tidak terlalu terdengar. Tak kalah penting adalah menghargai teman. “Anda perlu menghargai teman dengan mengatakan, ‘maaf, sepenangkap saya Anda mengatakan begini, apakah benar?’,” kata Ahmad memberi contoh. Perlu diingat, jangan sampai kamu memotong pembicaraan orang lain atau bahkan melakukan interupsi dalam LGD.

Banyak sekali tips yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti Career Workshop. Jangan ketinggalan event-event  ECC UGM lainnya ya. Telusuri informasi terbaru dengan follow @eccugm dan @careernewsecc. Salam sukses! [CN]



Penulis    : Desinta Wahyu K.

Editor      : Rifki Amelia F.

Foto        : Hanung Hambara

Tags : infocdugm17. profil perusahaan, Career Workshop, wardah, BRI, Bank Mandiri, merck sharp dohme pharma, PLN, schlumberger
Apa yang Perusahaan Sampaikan di Hari Pertama 24th Career Days? careernews, MSD Pharma, Merck Sharp Dohme Pharma, DANA Indonesia, Bank Mandiri, Perbankan, Farmasi, FMCG, ecommerce,
Sabtu, 01/09/2018 10:00 WIB Apa yang Perusahaan Sampaikan di Hari Pertama 24th Career Days?
“Mandiri Volunteer”, Program Bakti Negeri Untuk Masyarakat Wilayah Tertinggal Bank Mandiri, Perbankan. berkarier di perbankan, sukses 23rd CD,
Minggu, 04/03/2018 00:00 WIB “Mandiri Volunteer”, Program Bakti Negeri Untuk Masyarakat Wilayah Tertinggal
Paragon Technology and Innovation, Buka Peluang Untuk Jobseeker Laki-laki wardah, paragon technology and innovation, cdugm22, career days, career fair, job fair, eccugm ,
Sabtu, 12/08/2017 16:00 WIB Paragon Technology and Innovation, Buka Peluang Untuk Jobseeker Laki-laki
Jobfair 22nd Careerdays UGM Resmi Dibuka, Sabtu (12/8)! opening ceremony, briefing panitia CD UGM, cdugm22, career days ,
Sabtu, 12/08/2017 09:30 WIB Jobfair 22nd Careerdays UGM Resmi Dibuka, Sabtu (12/8)!
Tak Hanya Jurusan Kimia, MSD Pharma Buka Peluang Untuk Semua Jurusan! career days, 22nd career days, merck sharp dohme pharma, MSD Pharma, job fair, ,
Rabu, 02/08/2017 10:00 WIB Tak Hanya Jurusan Kimia, MSD Pharma Buka Peluang Untuk Semua Jurusan!
Yuk, Daftar Career Workshop Bersama VP Bank Mandiri & Plant Director MSD Pharma! career workshop, seminar workshop ECC UGM, career days, 22nd Career Days UGM, Job Fair, ,
Jumat, 21/07/2017 14:08 WIB Yuk, Daftar Career Workshop Bersama VP Bank Mandiri & Plant Director MSD Pharma!
Ragam Tips Karir Bermanfaat dari Career Workshop, Mau Tahu? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png