Release, Kamis, 06/11/2014 12:00 WIB

Ini Dia Kronologi Modus Baru Penipuan Rekrutmen, Waspadalah!

Baca ini biar kamu semakin paham dan akrab dengan modus penipuan rekrutmen kerja!
Ini Dia Kronologi Modus Baru Penipuan Rekrutmen, Waspadalah!
Berkaitan dengan maraknya pemberitaan tentang penipuan berkedok rekrutmen kerja yang mengatasnamakan PT Nojorono, kami sampaikan lagi kepada kamu untuk selalu waspada menanggapi berbagai modus penipuan.
Penipuan berkedok rekrutmen kerja bisa dengan mudah kamu kenali apabila ada oknum yang meminta transfer uang sejumlah nominal tertentu dengan alasan biaya administrasi rekrutmen.

Modus baru penipuan

Penipuan berkedok rekrutmen ini masih menjadi pembicaraan hangat di meja redaksi kami. Kami menelusuri kronologi kasus ini dan akhirnya mendapatkan fakta baru. Kami sampaikan kronologi ini untuk menjadi antisipasi bersama dalam mewaspadai penipuan dengan modus ini.

Berdasarkan informasi yang kami gali dari berbagai pihak, kami mengetahui jika si penipu ternyata menggunakan identitas brand manager dari perusahaan tersebut. “Kami mengecek dan melakukan klarifikasi di media sosial mengenai profil dengan nama tersebut. Dan memang orang tersebut benar ada, dengan nama dan jabatan yang sama,” ujar Dewi Astuti, Account Manager ECC UGM pada hari ini, Kamis (6/11).

Mengenai materi lowongan pekerjaan yang dikirimkan melalui email hosting gratis, kami juga sudah melakukan klarifikasi. Dari Ivone Juliana, HRD PT Nojorono, kami dapatkan informasi bahwa memang seluruh karyawan perusahaan menggunakan email dengan hosting gratis tersebut. “Sehingga kemudian kepercayaan kami semakin kuat bahwa lowongan tersebut adalah asli,” jelas Dewi menambahkan.

Investigasi ECC UGM atas pelaporan

Berbekal kepercayaan ini, kami mengunggah informasi lowongan kerja tersebut ke website ECC UGM. “Bersyukur bahwa dari total 496 pelamar yang merupakan member kami, mereka sudah cukup paham terhadap modus penipuan sehingga mereka melaporkannya kepada kami,” ujar Nurhadi atau biasa disapa Hadi, Direktur ECC UGM.

Lalu, kami pun melakukan klarifikasi ke pihak perusahaan. Dari sini kami mendapatkan informasi bahwa Nojorono tidak sedang membuka lowongan dan brand manager yang namanya digunakan dalam proses penipuan saat itu tengah berada di luar kota.

Sesaat setelah mendapat informasi penipuan ini, kami segera mengirimkan SMS dan email blasting kepada member yang telah melamar pekerjaan. “Kami menelepon semua pelamar, satu persatu, agar mengabaikan lowongan dan panggilan tes dari perusahaan tersebut,” ujar Hadi.

Usaha ini cukup membantu member ECC UGM untuk segera menyadari bahwa mereka ditipu. Hal ini disampaikan Ludi Bonggo Ginanjar, Lulusan Pendidikan Teknologi Otomotif UNY) saat dihubungi via telepon, Kamis (6/11). "Saya sudah menerima email dan SMS notifikasi dari ECC UGM tentang penipuan ini. Ini sangat membantu, khususnya bagi mereka yang belum paham dengan modus penipuan menggunakan rekrutmen yang harus transfer sekian nominal uang,” terangnya.

Meski begitu, kami menyadari bahwa usaha ini tidak sepenuhnya menyelamatkan member yang sudah melamar. Salah satunya adalah pelamar yang merupakan lulusan Statistika FMIPA UGM yang menjadi korban dari penipuan ini. Selaku pihak yang mengunggah informasi ini, kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk kerugian moral dan material yang member alami. Kejadian ini menjadi pelajaran kita bersama untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi penipuan berkedok rekrutmen kerja.


Jika kamu ragu dengan sebuah informasi lowongan dan panggilan tes, jangan segan untuk menghubungi ECC UGM. Follow @careernewsecc dan @eccugm untuk mendapatkan informasi terbaru seputar rekrutmen kerja. Kamu pun bisa juga membaca tips tentang 8 tanda panggilan rekrutmen palsu biar kamu semakin waspada. 


Tetap semangat! [CN/RITA]

Tags : modus penipuan baru, penipuan mengatasnamakan PT Nojorono, modus penipuan rekrutmen, penipuan lowongan online perusahaan,,
Kalau Kamu Sabar & Jeli, Jemput Karier Impianmu Tinggal Selangkah Lagi! (2) upgrad.id, member ecc, apply lowongan, personal assessment,
Selasa, 08/10/2019 00:00 WIB Kalau Kamu Sabar & Jeli, Jemput Karier Impianmu Tinggal Selangkah Lagi! (2)
Kalau Kamu Sabar & Jeli, Jemput Karier Impianmu Tinggal Selangkah Lagi! (1) member upgrad.id, cara apply loker, lowongan online,
Selasa, 08/10/2019 00:00 WIB Kalau Kamu Sabar & Jeli, Jemput Karier Impianmu Tinggal Selangkah Lagi! (1)
Skill Apa yang Bisa Survive di Era Industri 4.0? Yuk Ulik Bareng Prasetiya Mulya prasetiya mulya business school, seminar, business talk, upgrad.id,
Jumat, 20/09/2019 00:00 WIB Skill Apa yang Bisa Survive di Era Industri 4.0? Yuk Ulik Bareng Prasetiya Mulya
Inspiring Business Talk Bareng Prasetiya Mulya Hadir di Jogja! inspiring business talk, prasetiya mulya, seminar,
Jumat, 13/09/2019 00:00 WIB Inspiring Business Talk Bareng Prasetiya Mulya Hadir di Jogja!
Selamat Menjemput Karier Impian Jobseeker! 26th Career Days UGM Usai Digelar 26thcd, ditutup, lowongan, career days, career center,
Minggu, 08/09/2019 00:00 WIB Selamat Menjemput Karier Impian Jobseeker! 26th Career Days UGM Usai Digelar
Ingin Berkarier di Start-up? Block71 Hadir Memberimu Opsi Baru startup, 26thcd, lowongan, jobfair,
Minggu, 08/09/2019 00:00 WIB Ingin Berkarier di Start-up? Block71 Hadir Memberimu Opsi Baru
Ini Dia Kronologi Modus Baru Penipuan Rekrutmen, Waspadalah! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png