News, Rabu, 03/09/2014 09:00 WIB

Seleksi CPNS 2014: Lebih Simpel, Lebih Mudah!

Ada yang baru dari seleksi CPNS! Silakan jelajahi di sini untuk tahu lebih lanjut.
Seleksi CPNS 2014: Lebih Simpel, Lebih Mudah!
Apa yang kamu bayangkan tentang proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)? Ribet, sumpek, repot? Itu dulu. Sekarang, seleksi CPNS 2014 menerapkan sistem yang lebih sederhana dan mudah untuk para pelamar.
Menjadi PNS mungkin merupakan dambaan banyak pencari kerja. Selain status, gaji, dan tunjangan yang pasti, kamu punya peran lebih dalam mengabdikan dirimu untuk negara. Di masyarakat pun, profesi sebagai PNS tergolong dihormati dan berada pada status sosial yang baik. Tak heran, orang rela berbondong-bondong menyerbu lowongan CPNS setiap tahunnya bahkan mungkin hingga menghalalkan segala cara.

Nah, tentu kamu tidak mau jadi abdi negara dengan jalan yang tidak baik kan? Sistem rekrutmen yang lebih baik kini tak akan memberimu alasan untuk mencari jalan pintas. Nah, mari pelajari dulu apa saja yang baru dari rekrutmen CPNS kali ini.

1. Sistem terpusat secara online
Untuk membangun sistem seleksi yang transparan, akuntabel, dan objektif, pemerintah melaksanakan pendaftaran CPNS secara serentak dan terintegrasi melalui sistem pendaftaran online. Pelamar tinggal mengakses https://panselnas.menpan.go.id/ untuk mengetahui alur pendaftaran, daftar formasi, hingga jadwal tes.

2. Tidak perlu kartu kuning dan SKCK
Tidak ada lagi yang namanya ribet mengurus surat-surat penting untuk melamar jadi PNS. Pada rekrutmen-rekrutmen sebelumnya, kartu kuning dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) menjadi syarat wajib yang cukup menjadi momok mengingat untuk mendapatkannya kadang pelamar harus antre, menunggu lama, dan mengeluarkan biaya. Jadi, kamu tinggal fokus memilih posisi dan mempersiapkan diri untuk tes.

3. Hanya bisa memilih satu instansi
Pada rekrutmen CPNS tahun 2014 ini, kamu benar-benar harus fokus memilih satu instansi yang paling kamu minati. Di satu instansi tersebut, kamu bisa memilih tiga formasi jabatan yang setara dengan tingkat pendidikanmu. Dengan cara ini, lembaga-lembaga pemerintah diharapkan dapat memeroleh kandidat yang paling tepat untuk mengisi formasi. Jadi, tidak ada lagi yang namanya asal lamar dan asal pilih. Tentukan instansi mana yang benar-benar kamu pilih dan akan kamu perjuangkan.

Melanjutkan kebijakan baru yang telah dimulai setahun sebelumnya, saat ini pun sistem computer-assisted test (CAT) masih akan diberlakukan. Sistem ini tentunya lebih mudah karena peserta tes tinggal mengerjakan soal melalui komputer dan dapat langsung melihat skor akhir. Tes meliputi tes kompetensi dasar, tes wawasan kebangsaan, hingga tes inteligensi umum dan karakteristik pribadi.


Prosesnya lebih simpel dan juga lebih mudah kan? Jadi, apakah kamu berminat mengabdi kepada negara dengan menjadi PNS? Sekaranglah saatnya! Persiapkan diri dengan baik dan ikuti berita terbaru selanjutnya di CareerNews! [CN/RIFKI]


Tags : tes seleski cpns 2014, lowongan CPNS Yogyakarta 2014, tip sukses CPNS, formasi CPNS 2014, syarat mendaftar CPNS, benefit pegawai negeri sipil, lowongan kerja 2014
Seleksi CPNS 2014: Lebih Simpel, Lebih Mudah! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png