News, Jumat, 26/07/2013 11:58 WIB

Ekspedisi Satu Bumi: Pengabdian Mapala ke Pulau Seram

Mahasiswa sebagai agen perubahan sudah semestinya memberikan kontribusi bagi perbaikan bangsanya. Mahasiswa yang notabene merupakan generasi muda tentunya masih memiliki semangat tinggi yang dapat diarahkan untuk memajukan masyarakat. Kegemaran atau hobi pun bisa menjadi sarana generasi muda untuk melakukan pengabdian.
Ekspedisi Satu Bumi: Pengabdian Mapala ke Pulau Seram
Mahasiswa sebagai agen perubahan sudah semestinya memberikan kontribusi bagi perbaikan bangsanya. Mahasiswa yang notabene merupakan generasi muda tentunya masih memiliki semangat tinggi yang dapat diarahkan untuk memajukan masyarakat. Kegemaran atau hobi pun bisa menjadi sarana generasi muda untuk melakukan pengabdian.
Seperti halnya yang dilakukan oleh mahasiswa pecinta alam SATU BUMI, Fakultas Teknik UGM. Bergerak sesuai minat mereka di bidang pecinta alam, SATU BUMI memiliki impian untuk mengadakan ekspedisi ke Pulau Seram, Maluku. Sebelumnya, SATU BUMI juga telah melakukan sejumlah ekspedisi, salah satunya ekspedisi ke Gunung Leuser.

Dalam ekspedisi ke Pulau Seram kali ini, SATU BUMI akan memfokuskan kegiatan pada aplikasi ilmu yang berkaitan dengan pecinta alam, riset, program pengembangan masyarakat, dan kegiatan dokumentasi. Pengaplikasian ilmu pecinta alam difokuskan pada penelitian gua (speleologi) serta karst. “Jadi tema besar kami memang speleologi, yang kebetulan sedang naik daun di dunia kemapalaan di Yogyakarta,” terang Rahmad Suyudi, salah satu anggota tim ekspedisi.

Ekspedisi gua (caving) akan dilakukan di Karst Utara Gunung Binaiya, Taman Nasional Manusela. Selain itu, mereka juga akan melakukan riset arsitektur di Desa Kanikeh, riset mata air Waifuku, riset sungai Sapolewa, riset batuan karst Binaiya, pelatihan mountain guiding, pengajaran di SD Kanikeh, dan pengambilan gambar untuk film dokumenter. “Kami akan tunjukkan lebih banyak tentang Desa Kanikeh melalui film dokumenter. Kita cari yang menarik, misalnya tentang budaya, dan segala macamnya,” ujar Shabrina Tamimi, anggota tim caving dalam ekspedisi ini.

Di Pulau Seram, ekspedisi akan berkontribusi membantu masyarakat setempat termasuk dalam mengelola Taman Nasional Manusela. Bantuan yang akan mereka berikan antara lain inventarisasi data dan pembuatan peta. Sejak lama, taman nasional tersebut sama sekali tidak memiliki peta wilayah. Nantinya, peta yang akan mereka buat juga akan berguna untuk organisasi mahasiswa pecinta alam di Indonesia.
   
Menurut rencana, ekspedisi SATU BUMI akan tinggal di Pulau Seram selama 40 hari, mulai 28 Juli 2013 dan berakhir hingga awal September 2013. Saat ini, tim ekspedisi masih berjuang mencari dana untuk keberlangsungan kegiatan ekspedisi, khususnya biaya kepulangan tim dari Pulau Seram yang mencapai Rp 20 juta. Meski demikian, mereka tetap terus termotivasi untuk memajukan kegiatan pecinta alam di Indonesia serta mewujudkan keinginan kuat untuk membantu pengembangan Pulau Seram. Mereka menyatakan, bagaimanapun caranya, mereka akan tetap meneruskan ekspedisi ini.
   
Dengan tim yang terdiri dari berbagai latar belakang ilmu dan spesialisasi, mereka yakin ekspedisi ini akan mampu memberikan kontribusi seperti yang diharapkan. ECC UGM sebagai sesama bagian dari Fakultas Teknik UGM juga turut mendukung ekspedisi SATU BUMI. Semoga ekspedisi dan pengabdian ke Pulau Seram kali ini dapat membawa kemanfaatan bagi masyarakat setempat pada khususnya, dan kemajuan bangsa pada umumnya. Semoga sukses! [CN/RFK]^^
   
   
   

Tags : ekspedisi satu bumi, pecinta alam UGM, fakultas teknik UGM, Ekspedisi pulau seram, ekspedisi gunung leuser
Belajar Soal Hak Kekayaan Intelektual Indonesia Untuk Jadi Agen Pelindung stadium generale, profil fakultas teknik ugm, fakultas, mahasiswa, ,
Jumat, 17/03/2017 15:48 WIB Belajar Soal Hak Kekayaan Intelektual Indonesia Untuk Jadi Agen Pelindung
Apa Kata Menteri Basuki Tentang Rencana Pendidikan Profesi Bagi Insinyur Kita? fakultas teknik UGM, mahasiswa, jobseeker, alumni, ,
Sabtu, 13/02/2016 17:04 WIB Apa Kata Menteri Basuki Tentang Rencana Pendidikan Profesi Bagi Insinyur Kita?
Syawalan Keluarga Besar FT UGM syawalan fakultas teknik ugm,
Senin, 27/08/2012 16:32 WIB Syawalan Keluarga Besar FT UGM
Ekspedisi Satu Bumi: Pengabdian Mapala ke Pulau Seram | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png