News, Kamis, 14/03/2013 14:12 WIB

Kupas Trik Presentasi dalam ECC Softskill Training

"Practice makes perfect". Demikian diungkapkan Rudi Widiyanto M.Psi., Psikolog selaku trainer dalam ECC Softskill Training "Powerful Presentation", Rabu (13/03) lalu. Dalam training yang berlangsung selama 2 jam tersebut, tidak hanya mendapat materi, para peserta juga diminta untuk melakukan presentasi secara insidental di awal sesi.
Kupas Trik Presentasi dalam ECC Softskill Training
"Practice makes perfect". Demikian diungkapkan Rudi Widiyanto M.Psi., Psikolog selaku trainer dalam ECC Softskill Training "Powerful Presentation", Rabu (13/03) lalu. Dalam training yang berlangsung selama 2 jam tersebut, tidak hanya mendapat materi, para peserta juga diminta untuk melakukan presentasi secara insidental di awal sesi.
Training yang berlangsung di Career Corner ECC UGM tersebut berlangsung seru. Awalnya para peserta diajarkan untuk membuat poin-poin penting terhadap materi yang akan dipresentasikan. Rudi juga menyebutkan beberapa poin penting saat melakukan presentasi. Yakni perpindahan slide, animasi, penataan tulisan, warna, dan presenter view. “Yang terpenting adalah keberanian untuk mau tampil di hadapan banyak orang,” ungkap Rudi setelah acara berlangsung.

Hal lain yang ditekankan Rudi dalam sebuah presentasi adalah setiap presenter harus benar-benar matang akan materi yang akan disampaikannya. Jangan membuat slide terlalu banyak! Gunakan gesture yang menarik audience sehingga penonton akan tetap memperhatikan gerakan Anda. “Talk not read, itu yang penting,” lanjut Rudi.

Setelah beberapa materi disampaikan, para peserta diminta untuk melakukan presentasi ulang. Materi yang disampaikan adaah seputar pariwisata yang ada di Yogyakarta. Para peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok dan mempresentasikan potensi wisata sesuai pengetahuan mereka.

Kelompok milik Marsha Nadiana Putri menjadi kelompok dengan materi yang menarik. Ia mempresentasikan tentang wisata off road di kawasan Kaliurang dengan menggunakan jeep. “Awalnya gugup dan bingung apa yang harus dipresentasikan, tapi akhirnya setelah paham beberapa teknik jadi lancar juga,” ungkap Marsha, mahasiswa FEB UGM 2011.

Diantara para pesrta training, Marsha memang tergolong muda. Ia mengaku mengikuti training ini untuk menambah kemampuannya bukan untuk mempersiapkan diri menuju dunia kerja. “Di kampus, biasanya presentasi dilakukan oleh mahasiswa dan bukan dosen, dengan adanya training ini bikin saya tambah PD,” akunya.

Agung Prakoso, mahasiswa Hukum UGM 2009, mengungkapkan bahwa kemampuan presentasinya tidak terlalu baik. Setelah mengikuti training “Powerful Presentation” kali ini, ia mengaku lebih optimis untuk terjun ke dunia kerja. “Pelatihannya fun, materinya juga mudah dipahami, ini bisa menjadi bekal untuk proses wawancara kerja nantinya,”katanya. Agung juga memanfaatkan momen ini untuk berkonsultasi lebih jauh tentang pemetaan karirnya ke depan.

Banyak-banyak berlatih, satu kalimat dari Rudi mengakhiri perbincangan paska sesi training siang hari itu. Selasa (19/3) depan, masih ada lanjutan dari Softskill Training Batch IV dengan materi “Handling Conflict”. Jangan kelewatan! ^^ [CN/MD] Tags : ecc ugm, berita, Kupas Trik Presentasi dalam ECC Softskill Training
24th Career Days UGM Resmi Dibuka! Jobseker Masih Galau Minat Karir! 24th career days, opening ceremony career days, career days, job fair, ecc ugm, career counsultant ,
Sabtu, 01/09/2018 00:00 WIB 24th Career Days UGM Resmi Dibuka! Jobseker Masih Galau Minat Karir!
Adopsi Sistem Carcentos, Unika Atmajaya Dibanjiri Jobseeker carcentos, ecc ugm, jobfair unika atmajaya,
Selasa, 20/03/2018 06:23 WIB Adopsi Sistem Carcentos, Unika Atmajaya Dibanjiri Jobseeker
Bank Tabungan Negara Terima Drop CV langsung di Ruang Presentasi BTN, cdugm23, 23rd CD, lowongan kerja, lowongan perbankan, ECC UGM ,
Rabu, 07/03/2018 15:18 WIB Bank Tabungan Negara Terima Drop CV langsung di Ruang Presentasi
Punya Cita-Cita Kerja di Start Up? Saatnya Gabung ke JD.ID! JD.ID, 23rd CD, Job Fair, lowongan kerja, ECC UGM, ,
Rabu, 07/03/2018 00:00 WIB Punya Cita-Cita Kerja di Start Up? Saatnya Gabung ke JD.ID!
Ini Kata Officer Perusahaan tentang 23rd CD  testimoni perusahaan, CD 23, 23rd CD, jobfair ecc ugm, ,
Rabu, 07/03/2018 13:31 WIB Ini Kata Officer Perusahaan tentang 23rd CD
Kenali Personal Yang Dicari Perusahaan IT, Mereka Cari Sosok Yang Seperti Ini career days, PT Difini Technology, ECC UGM ,
Rabu, 07/03/2018 11:36 WIB Kenali Personal Yang Dicari Perusahaan IT, Mereka Cari Sosok Yang Seperti Ini
Kupas Trik Presentasi dalam ECC Softskill Training | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png