Do You Know, Selasa, 29/01/2019 10:00 WIB

Perusahaan-Perusahaan ini Berani Memberikan Cuti Melahirkan Lebih dari 3 Bulan!

Beberapa perusahaan memberlakukan cuti melahirkan dengan kurun waktu lebih dari 3 bulan. Apa saja perusahaannya?
Perusahaan-Perusahaan ini Berani Memberikan Cuti Melahirkan Lebih dari 3 Bulan!
Perusahaan-Perusahaan ini Berani Memberikan Cuti Melahirkan Lebih dari 3 Bulan!
Proses melahirkan adalah sebuah momen terindah bagi seorang ibu. Setelah perjuangan mengandung selama lebih dari 9 bulan, akhirnya seorang ibu bisa bertemu dengan buah hati terkasihnya. Tentu saja, seorang ibu akan memberikan apa saja yang terbaik bagi buah hatinya pasca melahirkan. Salah satu hak bayi yang penting di awal kehidupannya adalah mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan pertamanya.

Berkaca pada UU Ketenagakerjaan No 13 Tahun 2003, ibu bekerja berhak mendapatkan 1.5 bulan cuti hamil dan 1.5 bulan cuti melahirkan. Di Indonesia, jumlah total tiga bulan ini biasanya bebas diambil kapan saja selama akumulasinya tetap 3 bulan.

Beberapa pihak beranggapan bahwa total 3 bulan cuti bagi ibu melahirkan ini dirasa masih kurang. Apalagi dengan program ASI eksklusif 6 bulan, tentu akan makin berat bagi ibu meninggalkan anaknya di usia yang mungkin belum genap 3 bulan.

Meski beberapa perusahaan di Indonesia masih menerapkan ketentuan cuti 3 bulan, ternyata ada juga lho yang sudah pro-ASI eksklusif sehingga memberikan cuti lebih panjang. Nestle Indonesia misalnya. Perusahaan ini memberikan cuti standar selama 14 minggu atau sekitar 3.5 bulan untuk mendukung pemberian ASI eksklusif. Periode ini bisa diperpanjang lagi 3 bulan pertama sampai tiga bulan kedua sehingga total cuti hamil menjadi 9.5 bulan. Proses pengambilan perpanjangan cuti ini tetap harus dengan persetujuan atasan ya.

Berbeda lagi dengan Danone Indonesia. Meski tidak sepanjang Nestle, perusahaan ini ternyata berani memberikan waktu cuti lebih lama dari undang-undang ketenagakerjaan. Danone memberikan masa cuti pokok bagi ibu hamil selama empat bulan, yang bisa diperpanjang sampai total enam bulan.

Selain cuti bagi ibu, ternyata suami pun memiliki hak untuk menunggui buah hatinya lahir ke dunia. Di Nestle, cuti bagi laki-laki adalah satu minggu. Cuti ini bisa sampai satu bulan dengan ‘work from home’ atas persetujuan atasan. Sedangkan di Danone, cuti bagi laki-laki untuk menunggu istrinya melahirkan adalah selama 10 hari.

Fasilitas selama cuti

Tiap perusahaan memiliki kebijakan fasilitas gaji yang berbeda bagi ibu melahirkan. Annisa Rahma, National Key Account Manager Indomaret Indogrosir PT Nestle Indonesia, mengungkapkan bahwa selama 3.5 bulan pertama cuti ia menerima gaji full dari perusahaan. “Gaji akan progresif turun, perpanjangan tiga bulan pertama (bulan ke 4-6) gaji yang diterima 80% dengan posisi jabatan dijamin. Sedangkan tiga bulan kedua (bulan ke 7-9) gaji yang diterima menjadi 0% dan tidak ada jaminan posisi,” terang ibu yang tengah mengambil cuti hamil ini.

Hal unik dialami di Danone. Maria Linawati atau Lina, Packaging Development Manager PT Danone Indonesia, mengungkapkan jika selama empat bulan pertama cuti, perusahaan memberikan gaji penuh. Untuk dua bulan perpanjangan perusahaan memberikan gaji 60%. “Tapi kalau mau dapat gaji penuh, kita bisa masuk kerja tiga hari dalam seminggu,” papar ibu yang juga tengah menjalani masa cuti hamilnya ini.

Masa cuti yang panjang di perusahaan-perusahaan ini tidak dibatasi sampai anak ke sekian. “Tapi kan hukum moral berlaku, kitanya yang ga enak sendiri kalau tiap tahun cuti hamil, semisal anak beruntun. Kalau asuransi, kami hanya ditanggung sampe anak ketiga, tapi kalau cuti hamil bebas,” ujar Rahma yang baru melahirkan putri kembarnya November silam.

Menariknya lagi, masa periode cuti ini berlaku bagi semua karyawan tetap, baik karyawan baru maupun senior. “Tentu ada form yang harus diisi dan ditandatangani sampai ke level vice president, dan tentu saja ada hand over pekerjaaan,” terang Lina.

Ketika cuti telah berakhir dan saatnya ibu masuk ke kantor kembali, ternyata perusahaan juga masih mendukung pemberian ASI dengan menyediakan nursing room khusus ibu, lengkap dengan kulkas penyimpanan ASI. Nestle malah menyediakan fasilitas daycare. “Tapi ada kuotanya, jadi harus daftar dulu cepet-cepetan,” ujar Rahma.

Cuti melahirkan memang menjadi hak krusial bagi perempuan setelah melahirkan. Momen ini sangat penting bagi seorang ibu, apalagi ibu baru. “Manfaat cuti buat karyawan, kami jadi merasa secure banget, merasa nyaman dan aman. Tetap bisa produktif bekerja tapi peran dan hak sebagai ibu tidak terkesampingkan,” papar Rahma yang telah 7 tahun lebih bekerja di Nestle.

Hal sama dirasakan Lina. Menurutnya, pemberian waktu cuti yang cukup panjang bagi ibu melahirkan sangat mendukung pemberian ASI eksklusif. “Selain itu kami juga punya waktu yang proper untuk menjalani peran sebagai new mom,” tambahnya.

Selain Nestle dan Danone, di Indonesia sendiri ada beberapa perusahaan besar yang telah menerapkan cuti lebih dari 3 bulan untuk memberikan prime time lebih lama pada orang tua dalam merawat bayinya.

1.   - Unilever

Dilansir dari liputan6.com, per 1 Juli 2017 Unilever menerapkan cuti ibu melahirkan selama total empat bulan, yakni 1.5 bulan sebelum persalinan dan 2.5 bulan pasca melahirkan. Suami juga bisa mengambil cuti selama 5 hari saat istri melahirkan.

2.   - Total E&P

Sama seperti Unilever, perusahaan migas ini juga memberikan cuti melahirkan kepada karyawan perempuannya selama 4 bulan. Ketentuan ini tertera dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB) 2013-2015.

3.   - AXA Mandiri

Seperti yang lain, perusahaan finansial ini juga memberikan cuti melahirkan sampai empat bulan bagi ibu bekerja. Namun menariknya, mereka juga memberikan cuti kepada ayah bayi cukup lama, yakni 4 minggu. Cuti ini bisa diambil satu minggu penuh tiap bulan dan bisa diambil hanya sampai bayi berusia enam bulan.

 

Menarik ya ketika kita melihat bagaimana banyak perusahaan mulai peduli terhadap waktu-waktu penting di awal masa kelahiran bayi bagi seorang karyawan. Bagaimana dengan kebijakan di cuti di kantormu, Guys? [careernews.id]

 

Penulis  : Rita Pamilia

Editor   : Vinia R. Prima

Grafis    : Tongki Ari

Perusahaan-Perusahaan ini Berani Memberikan Cuti Melahirkan Lebih dari 3 Bulan! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png