Release, Rabu, 19/12/2018 10:00 WIB

10 Posisi Kerja yang Dibanjiri Pelamar Selama 2018

Di penghujung tahun 2018 ini, kami sarikan 10 posisi kerja yang paling banyak dilamar. Data ini disarikan berdasarkan pelamar yang mendaftar melalui official website kami. 
10 Posisi Kerja yang Dibanjiri Pelamar Selama 2018
10 Posisi Kerja yang Dibanjiri Pelamar Selama 2018
Siapa sih yang belum pernah satu kali pun daftar posisi Management Trainee atau MT? Jika ditanya satu-satu, mungkin kebanyakan jobseeker pernah menjajal peluang karirnya dengan melamar posisi MT.

Di tiap perusahaan, posisi MT bisa memiliki nama yang berbeda-beda seperti Officer Development Program (ODP), Management Development Program (MDP), dan lain-lain.

Banyaknya perusahaan yang membuka lowongan kerja dengan posisi MT menjadi sebuah cerminan dari kebutuhan mendesak perusahaan untuk mendapatkan kandidat dengan kualifikasi di atas rata-rata. “Selain itu, perusahaan juga ingin memberikan peluang bagi mereka yang ingin menempuh jalur karir dengan cepat, masuk langsung di posisi yang cukup tinggi,” tutur Dr. Sri Muliati Abdullah, S.Psi., M.Psi., atau yang akrab disapa Lia, Staf Ahli ECC UGM.

Dari tahun ke tahun, posisi MT memang selalu memiliki banyak penggemar. Tiap tahun, data ECC UGM terkait dengan jenis posisi yang paling banyak dilamar selalu didominasi posisi-posisi MT. Seperti akhir tahun ini. Berdasar data ECC UGM per 1 Januari – 15 Desember 2018, terdapat 8 posisi MT dari 10 posisi yang paling banyak dilamar jobseeker selama 2018. Adapun top 10 posisi tersebut adalah:

1.   1. Officer Development Program (ODP) - PT Bank Mandiri, (Persero) Tbk : 5714 pelamar

2.   2. Officer Development Program (ODP) - PT Toyota Astra Motor : 5096 pelamar

3.   3. Rekrutmen Calon Pegawai - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk : 4776 pelamar

4.   4. Calon Pegawai Wika Gedung - PT Wijaya Karya Bangunan Gedung : 4742 pelamar

5.   5. ASTRA Infra MT - ASTRA Infra : 4538 pelamar

6.   6. Officer Development Program (ODP) - PT Tower Bersama Infrastructure, Tbk : 4267 pelamar

7.   7. Management Development Program - PT SMART Tbk : 4196 pelamar

8.   8. Wording Job Posting ODP - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk : 4184 pelamar

9.   9. Management Trainee - PT. Tripatra Engineer and Constructors  : 4163 pelamar

10. 10. Adaro Mining Professional Program (AMPP) 2018 - PT Adaro Energy Tbk : 4117 pelamar

Menurut Lia, posisi MT masih menjadi idola karena posisi ini bisa menjadi jalan tol bagi jobseeker untuk mendapatkan jenjang karir tinggi. Tak main-main, melalui posisi ini mereka bisa mencapai jabatan tinggi dengan lebih cepat dibanding dengan freshgraduates yang diterima melalui jalur reguler.

Mengapa lebih cepat? Karena mereka yang diterima melalui jalur MT biasanya memang kandidat yang potensinya di atas rata-rata. “Biasanya kandidat yang diterima masuk posisi MT mempunyai persyaratan kualifikasi yang lebih tinggi daripada kandidat yang diterima masuk melalui jalur reguler,” jelas Lia.

Ia menambahkan, popularitas posisi MT masih bisa terulang di tahun-tahun mendatang. MT memang menjadi kesempatan bagi jopbseeker untuk mendapatkan kerja dengan posisi yang langsung tinggi. Apakah kamu juga jadi mereka yang sedang bersiap untuk melamar salah satu posisi MT di perusahaan impianmu? Jangan lupa untuk melengkapi peryaratan dan daftar kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan perusahaan ya! “ Sebanyak mungkin dan selengkap mungkin, lengkapi persyaratan yang dibutuhkan,” pungkas Lia. Semoga sukses dan selamat menghadang tahun yang baru dengan mimpi dan semangat yang lebih segar! [careernews.id]

 

Penulis  : Rita Pamilia

Editor   : Vinia R. Prima

Grafis    : Tongki Ari. W


 


10 Posisi Kerja yang Dibanjiri Pelamar Selama 2018 | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png