Web
Analytics
Release, Selasa, 09/10/2018 00:00 WIB

Ini Top 5 Problem Jobseeker Zaman Now, dan Temukan Solusinya Di Sini!

Kira-kira apa saja yang menjadi hambatan jobseeker zaman now? Cari tahu di sini, yuk!
Ini Top 5 Problem Jobseeker Zaman Now, dan Temukan Solusinya Di Sini!
Ini Top 5 Problem Jobseeker Zaman Now, dan Temukan Solusinya Di Sini!


Perjalanan mencari karier impian bagi setiap orang pasti berbeda-beda, ada yang mudah atau sebaliknya. Kira-kira apa saja ya yang menjadi hambatan jobseeker zaman now dalam mencari kerja?



Kami berhasil mengumpulkan data yang menunjukkan permasalahan jobseeker ECC UGM. Data diambil dari konseling bulanan yang diselenggarakan Divisi Talent Development ECC. Apa saja ya yang menjadi permasalahan jobseeker zaman now? 

Berdasarkan Rekap Data Diagnosa Konseling Offline 2018 periode Januari-September, sebanyak 178 jobseeker telah melakukan konseling offline. Kebanyakan mereka menceritakan permasalahan kariernya kepada konselor ECC UGM. Berikut adalah peringkat 5 teratas permasalahan jobseeker ECC berdasarkan data konseling offline :

1. Wawancara kerja (29,78%)

2. Minat karier (26,97%)

3. CV and Cover letter (15,17%)

4. Menghadapi psikotes (12,92%)

5. Usia dan kompetensi diri (4,49%)

Lima permasalahan tersebut juga menjadi peringkat 5 teratas dengan urutan ranking yang sama pada hasil konseling online ECC. Menurut Talent Maping Spv, Iftitah Intikhobah penyebab permasalahan jobseeker di atas kemudian digali lagi dalam proses konseling. “Melalui konseling offline tersebut pula, kami kemudian menggali lebih dalam lagi tentang penyebabnya, “ tutur Tita, nama sapaan Iftitah. 

Penyebab 5 permasalahan di atas antara lain kurangnya informasi tentang karier, pengendalian diri, kepercayaan diri, kesadaran diri, penghargaan diri, kemampuan berkomunikasi, kebimbangan, masalah emosi, kecemasan, cara mengatur diri, cara menetapkan tujuan hidup, penerimaan diri, dan kurang tegas dalam pengambilan keputusan.  

Sebenarnya permasalahan bisa diminimalisasi dengan mempersiapkan diri sejak dini dengan membaca berbagai informasi tentang dunia karier, berdiskusi, serta mengikuti training. ECC UGM juga bisa membantumu untuk mempersiapkan diri menghadapi rekrutmen, dan jalan kariermu. Bahkan setiap bulannya, ECC menyelenggarakan training yang akan dipandu langsung oleh trainer yang ahli di bidangnya. Klik di sini untuk tahu lebih lanjut tentang training ECC UGM. 


Be ready for future!



Penulis : Puspa Aqirul Mala 

Grafis : Ardiansyah Bahrul Alam


Ini Top 5 Problem Jobseeker Zaman Now, dan Temukan Solusinya Di Sini! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png