Web
Analytics
Release, Kamis, 12/04/2018 00:00 WIB

5 Kiat Ini Bisa Jadi Rambu Untuk Membangun Start Up, Try This!

Bisnis rintisan yang kerap dikenal sebagai start up makin hari banyak peminatnya. Kamu kah salah satunya?
5 Kiat Ini Bisa Jadi Rambu Untuk Membangun Start Up, Try This!
5 Kiat Ini Bisa Jadi Rambu Untuk Membangun Start Up, Try This!
Tak ada asap kalau tak ada api. Sama halnya dengan bisnis start up. Kemunculannya tidak mungkin tanpa sebab, karena bisnis adalah alat untuk mengatasi suatu permasalahan ekonomi.



Tren bisnis start up di Indonesia memang sedang meningkat di beberapa tahun belakangan ini. Menurut data StartupRanking, Indonesia memiliki 1750 start up yang diperkirakan masih akan terus bertambah hingga 2020. Chief Executive Officer (CEO) Niagahoster, Ade Syah Lubis berpendapat mengenai bisnis yang tengah happening di Indonesia ini.

Dalam Start-up Digital Seminar dengan tajuk ‘One Week With Informatic,’ Ade mengatakan bahwa potensi jumlah penduduk yang banyak, didukung pengguna internet aktif merupakan alasan terbesar menjamurnya bisnis start up di Indonesia.

Bersama Himpunan Mahasiswa Informatika, Sekolah Tinggi Teknologi Adisucipto (STTA), Ade mengemukakan tip penting merintis bisnis start up bagi pemula. Yuk, simak penjelasan tipnya di bawah ini!

1. Fokus Pada Customer

Membangun start up bukan hanya berbekal ide inovatif tetapi harus kembali berkaca pada kebutuhan riil masyarakat. “Kalau start up dibuat untuk masyarakat, maka buatlah bisnis yang menjawab keresahannya,” tutur Ade. Hanya start up yang bisa diterima masyarakat yang akan bisa memenangkan hati para customer-nya.

2. Lakukan Survei Secara Berkala

“Data kebutuhan pelanggan berubah-ubah setiap waktu. Pastikan menjadi start up dengan data pelanggan yang paling valid,” tutur Ade. Survei penting dilakukan untuk mengetahui kebutuhan, kepuasan, dan kepercayaan pelanggan terhadap layanan start up. Data hasil survei bisa juga digunakan untuk mempertahankan kualitas pelayanan pada customer hingga menarik customer baru.

3. Jangan Memaksakan Ide

“Punya ide kreatif itu bagus, tapi jangan terlalu dipaksakan. Akan jauh lebih baik menciptakan apa yang benar-benar dibutuhkan masyarakat, ketimbang yang terlalu visioner, tapi sebenarnya masyarakat enggak perlu-perlu amat,” jelas Ade.

4. Efektif Dalam Bekerja dan Mau Beradaptasi

Memilih berbisnis di dunia start up berarti harus siap dengan perubahan-perubahan super cepat yang seringkali terjadi di dalamnya. dalam start up, kita dituntut untuk dapat bertindak cepat dan efisien agar bisa fokus pada pengembangan usaha sesuai perubahan perkembangan zaman yang sangat cepat. "Mempertahankan prinsip usaha memang perlu, tapi selalu tampil inovatif adalah salah satu wujud tuntutan zaman,” tambahnya.

5. Be Passionate!

Menekuni start up perlu jiwa seni mengelola ketekunan dan jiwa yang passionate! Dua hal inilah yang akan menjadi pembeda orang-orang sukses dibanding yang lainnya. “Kita harus mau melakukan sesuatu yang lebih, menantang diri sendiri di luar batas dengan menambah jam belajar supaya start up yang dirintis dapat berkembang dan survive,” tandas Ade.

Nah, buat kamu yang tertarik merintis start up, teruslah berkembang ya, semoga cuplikan ilmu yang dibagi akan bermanfaat buatmu. Mengutip petuah Henry Ford, bila seseorang takut akan kegagalan berarti ia telah membatasi kemampuan dirinya sendiri. Jadi tak perlu ragu untuk memulai bisnis start up kamu, ya!

Tetap semangat dan positif [careernews.id]





Penulis : Elvan Susilo
Editor : Rahayu Riesta
Foto : Elvan Susilo

5 Kiat Ini Bisa Jadi Rambu Untuk Membangun Start Up, Try This! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png