Do You Know, Jumat, 14/09/2018 08:00 WIB

Kerja di Agensi Iklan: Dapat Benefit yang Cukup Bersaing!

Tahukan kamu bagaimana proses kerja di industri perikalan berikut besaran gajinya?
Kerja di Agensi Iklan: Dapat Benefit yang Cukup Bersaing!
Bagi kamu yang dinamis dan mencintai pekerjaan dengan kreativitas tiada batas, maka dunia iklan memang salah satu jawabannya. Bagi mereka yang berkecimpung di bidang ini, bekerja memang terasa seperti liburan, meski mereka sering juga harus ‘liburan’ lebih lama alias lembur.

Namun kalau pada akhirnya iklan garapan berhasil ditayangkan apalagi bisa mendapat apresiasi positif, tentu rasa bangga akan muncul. Siapa sih yang gak seneng kalau hasil karya bisa dinikmati audiens di mana-mana? Selain kepuasan hasil karya, ternyata bekerja di bidang iklan juga memiliki benefit yang tidak sedikit lho. Mau tahu apa aja?

Gaji para seniman iklan

Kiki Lumaela, Senior Copywriter BBDO (bbdoasia.com) saat diwawancara oleh Careernews via telepon mengatakan bahwa jenjang karir di dunia iklan memang ada. Tidak peduli kamu orang baru, kalau kamu memang berprestasi maka kamu bisa naik jabatan lebih cepat dari seniormu. “Di sini tidak hanya waktu kerja, tapi bagaimana menghasilkan karya. Kalau bagus bisa diikutkan ke ajang penghargaan, hal itu bisa mendongkrak akselerasi jabatan,” ujarnya.

Hal tersebut diamini Marselinus Krishna Adhi Nugroho atau biasa disapa Krishna, Creative Group Head Srengenge (srengenge.co.id). Menurutnya, kalau kamu bisa berprestasi di pekerjaanmu, kamu pun bisa mendapatkan jenjang karir lebih cepat dibanding mereka yang biasa-biasa saja. “Di sini (dunia iklan, -red) lebih dinamis, semua lebih ke prestasi,” ujarnya.

Soal gaji, Kiki yang ada di agensi ibukota mengungkapkan bahwa gaji bisa dikatakan cukup menjanjikan. “Untuk fresh graduates biasanya mulai dari Rp 4 jutaan. Untuk level manajer bisa sampai Rp 20 jutaan. Kalau sudah CEO bisa ratusan juta rupiah,” papar gadis lulusan Ilmu Hubungan Internasional UGM 2006 ini.

Sedangkan Krishna yang ada di kantor daerah mengatakan bahwa untuk awalan masuk, gaji memang tidak langsung banyak. “Kerja bagus dulu dan ikut award,” tambahnya. Ia mengungkapkan untuk fresh graduate biasanya gaji dimulai antara Rp 2.5 juta sampai Rp 3 juta. Kalau sudah senior bisa mencapai Rp 6-7 juta per bulan.


Ada posisi kerja apa aja?

Secara garis besar, sebuah agensi iklan memiliki tiga posisi kerja, yakni account, strategic planner, dan creative. Seperti bidang usaha lainnya, agensi iklan sebenarnya tidak hanya memiliki tiga, tapi empat posisi kerja. Yang keempat yakni bagian manajemen yang mengurus kebutuhan internal perusahaan. Namun kali ini kita tidak membahasnya karena tugasnya sama seperti tim manajemen pada umumnya.

Account memiliki tugas utama menghubungkan perusahaan dengan para klien. Mereka juga yang bertugas menerima brief iklan dari klien. Sedangkan strategic planner bertugas melakukan validasi konsep iklan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan selera pasar. Tentu konsep iklan yang ditawarkan berdasarkan pada data riset yang mereka miliki.

Terakhir adalah bagian kreatif. Mereka bertugas untuk mengolah konsep iklan dari strategic planner untuk diubah menjadi output yang sesuai dengan bahasa customer. Kreatif terdiri dari dua bagian, yakni art director dan copy writer. Art director bertugas bagaimana mengarahkan iklan secara visual dan estetika. Sedangkan copy writer bertugas menjaga iklan dari segi verbal atau tata bahasa.

Jika ditanya tugas siapa yang paling kompleks, baik Kiki maupun Krishna sepakat kalau setiap bagian memiliki kompleksitas pekerjaannya sendiri-sendiri. “Mungkin juga yang paling ribet itu yang menjadi group head (yang membawahi copy writer sekaligus art director – Red), karena dia kerjanya dobel, harus paham secara visual maupun verbal sekaligus,” tambah Kiki yang saat ini tengah memegang iklan untuk produk Mercedes-Benz dan Guinness.

Bagaimana, tertarik berkecimpung di industri ini? [careernews.id]

 

Penulis  : Rita Pamilia

Editor   : Vinia R. Prima

Tags : advertising agency, seniman iklan, industri periklanan, gaji copy writer, industri periklanan
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Jumat, 21/09/2018 10:28 WIB Dari Nol Sampai Jadi Iklan, Gimana sih Prosesnya?
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Jumat, 14/09/2018 08:00 WIB Kerja di Agensi Iklan: Dapat Benefit yang Cukup Bersaing!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Kamis, 13/09/2018 00:00 WIB Ternyata Talent Seperti Ini Yang Diinginkan Bank Indonesia
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Selasa, 10/07/2018 17:09 WIB Hal Ini Bisa Jadi Indikator Kalau Kamu Siap Berkarier
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 04/07/2018 00:00 WIB Bukan Hanya Pacar yang Butuh Kepastian, Perusahaan Juga!
Kerja di Agensi Iklan: Dapat Benefit yang Cukup Bersaing! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png