Do You Know, Kamis, 13/09/2018 00:00 WIB

Ternyata Talent Seperti Ini Yang Diinginkan Bank Indonesia

Talenta yang seperti apa sih yang dicari Bank Indonesia? Simak artikel ini untuk tahu banyak tentang hal ini!
Ternyata Talent Seperti Ini Yang Diinginkan Bank Indonesia


Sebagai lembaga negara di bidang keuangan yang independen, Bank Indonesia (BI)  tentu menginginkan SDM yang berkualitas. Kira-kira karakter yang seperti apa saja ya yang diinginkan BI? 


Melalui acara Seminar Campus Hiring by BI sekaligus pelaksanaan seleksi Pendidikan Calon Pegawai Muda (PCPM) yang dilaksanakan pada 23 Agustus 2018, Analist Sumber Daya Manusia Bank Indonesia, Sylvia Damayanti mengungkapkan beberapa hal yang BI pertimbangkan dalam menyaring kandidat.

Setidaknya kandidat harus memiliki karakter yang sesuai dengan value yang dipegang BI, antara lain Trust and Integrity, Professionalism, Execellence, Public Interest, Coordination and Teamwork.

Namun sebelumnya, tim rekrutmen juga akan menilai sikap dan ketepatan kandidat dalam mengikuti proses rekrutmen, khusunya pada saat wawancara. Deputi Direktur Departemen Sumber Daya Manusia BI, Vitri Andayani menyarankan penting bagi kandidat untuk jujur menceritakan keadaan yang sebenarnya saat wawancara. 

“Kami akan mengeksplorasi lebih lanjut, boleh diceritakan semua yang telah didapat selama ini, tapi jangan dilebih-lebihkan, bahkan menceritakan yang sebenarnya tidak terjadi. Karena kami bisa melakukan pengecekan. Kalau itu terjadi akan kami blacklist, “ pesan Vitri pada kandidat yang ikut seminar PCPM. 

Vitri juga menceritakan bahwa dulu pernah ada peserta yang dokumennya belum lengkap. “Padahal kami juga menilai proses melengkapi dokumen ini, misalnya ijazah yang belum terlegalisir. Biasanya kami beri waktu untuk melengkapi, “ tutur Vitri. 

Salah satu contoh seleksi yang diselenggarakan BI adalah PCPM yang dilaksanakan bulan ini. rekrutmennya terdiri dari seleksi administrasi, wawancara, kemudian FGD. “ Kami ingin memilih insan mahasiswa–mahasiswa terbaik untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik, “ tambah Sylvia.

Setelah lolos, kandidat akan diberi berbagai macam training supaya siap menjadi pemimpin. Kandidat lolos PCPM ini nantinya akan ditempatkan di Indonesia Timur. 

“Selain bekerja, mereka bisa mengembangkan diri, karena BI menyediakan berbagai fasilitas beasiswa, training, kegiatan ekstrakurikuler, olahraga, dan keagamaan, “ tutup Sylvia



Penulis : Puspa Aqirul Mala 

Foto : Puspa Aqirul Mala 


Tags : bank indonesia, BI, PCPM, Perbankan,
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Senin, 17/09/2018 18:37 WIB Dari Nol Sampai Jadi Iklan, Gimana sih Prosesnya?
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Jumat, 14/09/2018 08:00 WIB Kerja di Agensi Iklan: Dapat Benefit yang Cukup Bersaing!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Kamis, 13/09/2018 00:00 WIB Ternyata Talent Seperti Ini Yang Diinginkan Bank Indonesia
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Selasa, 28/08/2018 10:00 WIB Parodi Kerjaan di Agency (Baca: Ahensi) yang Bisa Kamu Ketahui
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Selasa, 10/07/2018 17:09 WIB Hal Ini Bisa Jadi Indikator Kalau Kamu Siap Berkarier
Ternyata Talent Seperti Ini Yang Diinginkan Bank Indonesia | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png