Web
Analytics
Do You Know, Jumat, 06/07/2018 21:24 WIB

Penting Enggak Sih, Grammar Dalam Wawancara Kerja Bahasa Inggris?

Pusing tujuh keliling gara-gara dapat panggilan wawancara kerja pakai Bahasa Inggris? Duh, udah lupa grammar Bahasa Inggris nih, gimana dong?
Penting Enggak Sih, Grammar Dalam Wawancara Kerja Bahasa Inggris?
Grammar atau gramatika yang berarti tata bahasa adalah logika paling dasar dan paling penting dalam belajar bahasa asing. Tapi, seberapa penting sih grammar dalam wawancara kerja?



Talent Development Manager ECC, Gita Aulia Nurani mengatakan bahwa pengetahuan gramatika dalam Bahasa Inggris sangatlah penting. “Namun, kalau di wawancara kerja bisa dibilang penting nggak penting ya, karena di wawancara itu modelnya lebih ke komunikasi yang terbuka, “ ungkapnya. 

Ia menggarisbawahhi, gramatika bisa menjadi nomor dua karena dalam interview yang terpenting adalah interviewer paham dengan jawaban kita. “Tapi setidaknya kamu harus paham grammar dasar, kosakata sebagai modal dasar, “ tutur Gita. 

Grammar = Momok 

Sebagian besar dari kamu pasti menganggap grammar seperti hantu. Menakutkan, dan sulit ditaklukkan, apalagi jika penggunaannya dalam percakapan, atau wawancara kerja. Setuju? 

Namun, menurut Gita, semua masalah itu tak akan terjadi jika kita sering berlatih. “Ciptakan dan tingkatkan percaya dirimu, dulu. Urusan kamu nanti grammar-nya bagus apa enggak, si pewancara itu enggak terlalu dinilai, “ terangnya. 

Tonjolkan Non verbal dan Kemampuan Lain

Lalu kalau kasusnya kita kurang paham grammar, bagaimana? Menurut Gita, menampilkan pesan non verbal bisa menjadi pilihan untuk menutupi kesan tersebut. “Misalnya kamu kontak mata dengan menatap interviewer, mengatur intonasi suara, dan gestur. Secara psikologi sangat membantu, karena pesan nonverbal akan sedikit menutupi kekurangan kita pada saat wawancara Bahasa Inggris “ kata Gita.

“Daripada kamu kebanyakan emmm, ngg...., mending diam dulu untuk berfikir jawaban yang akan dilontarkan, “ tambahnya lagi. 

Sebagai opsi terakhir, Gita mengatakan bahwa sah-sah saja untuk meminta izin kepada interviewer untuk menggunakan Bahasa Indonesia. “Cuma ini adalah opsi terakhir, kalau kamu bener-bener nge-blank banget,  “ kata Gita.  

Kemudian ia memberikan saran bahwa sebenarnya semua problem tentang interview Bahasa Inggris ini bisa diminimalkan dengan latihan. Caranya adalah latihan dengan menonton film, membaca teks Bahasa Inggris, dan menonton tayangan tentang conversation  dan interview Bahasa Inggris. “Cari tahu contoh, dan model wawancara di Youtube, atau Podcast, channel lain, diskusi dengan orang yang pandai Bahasa Inggris supaya kita terbiasa dengan pengucapannya, “ tegasnya. 

Atau kalau kamu bisa latihan dengan ahlinya langsung salah satunya dengan mengikuti training. Kebetulan, bulan ini ECC mengadakan training khusus untuk mengatasi permasalahan di atas, yakni English Skill for Recruitment Training. Kamu akan mendapat panduan interview kerja dalam Bahasa Inggris sekaligus persiapannya. Training ini akan dipandu oleh trainer dari English First (EF), dilaksanakan pada Rabu, 18 Juli 2018. 

Enggak ingin kan, kesempatan emasmu mendapat pekerjaan di perusahaan impian gagal begitu saja gara-gara kurang persiapan? Alangkah baiknya kamu mengikuti training ini. Klik di sini untuk mendaftar English Skill for Recruitmen Training. 



Penulis : Puspa Aqirul Mala 

Grafis : Tongki Ariwibowo

Tags : grammar, interview bahasa inggris, interview, problem jobseeker, training ecc ugm,
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Jumat, 21/09/2018 10:28 WIB Dari Nol Sampai Jadi Iklan, Gimana sih Prosesnya?
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Jumat, 14/09/2018 08:00 WIB Kerja di Agensi Iklan: Dapat Benefit yang Cukup Bersaing!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Kamis, 13/09/2018 00:00 WIB Ternyata Talent Seperti Ini Yang Diinginkan Bank Indonesia
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Selasa, 28/08/2018 10:00 WIB Parodi Kerjaan di Agency (Baca: Ahensi) yang Bisa Kamu Ketahui
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Selasa, 10/07/2018 17:09 WIB Hal Ini Bisa Jadi Indikator Kalau Kamu Siap Berkarier
Penting Enggak Sih, Grammar Dalam Wawancara Kerja Bahasa Inggris? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png