Do You Know, Rabu, 04/07/2018 00:00 WIB

Bukan Hanya Pacar yang Butuh Kepastian, Perusahaan Juga!

Mengabaikan undangan tes perusahaan tanpa memberi kabar bukanlah tindakan jobseeker cerdas!
Bukan Hanya Pacar yang Butuh Kepastian, Perusahaan Juga!

Jangan hanya diam menerima undangan tes tanpa memberi konfirmasi. Selain memudahkan perusahaan dalam mendata calon peserta tes, juga memudahkan langkahmu sendiri menjemput karier impianmu!


Berikut saran dari Psikolog ECC UGM, Ria Aprillia, M.Psi, yang bisa kamu perhatikan sebelum menapaki karier lebih jauh. Memperhatikan etika berkomunikasi sangat penting untuk menghindari salah paham. Simak baik-baik ya, jobseeker!

1. Perhatikan Informasi Dengan Seksama

Apapun media yang digunakan oleh tim rekruter perusahaan untuk menyampaikan pesan kepadamu, pastikan kamu perhatikan informasinya dengan detail. Setidaknya kamu memperhatikan informasi umum seperti: waktu tes akan dilaksanakan, lokasi, ketentuan peralatan yang akan digunakan selama tes, kostum, dan jenis tes apa yang akan diujikan. Selanjutnya, sesuaikan dengan kalendermu dan bila perlu buatlah penanda agar kamu tidak kelupaan.

2. Memberikan Feedback Sebagai Pernyataan Kesanggupan

Sebagai seorang pakar training, Ria sangat menyarankan pada jobseeker untuk mengonfirmasi kehadiran setelah menerima undangan tes dari perusahaan. Kamu bisa sampaikan kesanggupan kehadiranmu agar tidak membuat pihak rekruter perusahaan menunggu.

Dengan membalas undangan tersebut, perusahaan jadi tahu bahwa kamu benar-benar sanggup atau tidak untuk menghadiri undangan mereka. “Buktikan bahwa kamu tidak melewatkan kesempatan yang diberikan begitu saja, ” jelas Ria.

3. Bagaimana Caranya Memberi Feedback Yang Benar?

Menurut Ria, sebetulnya tidak ada aturan baku dalam memberi feedback undangan perusahaan, hanya saja kita harus memperhatikan etika dalam berkomunikasi. “Sebaiknya mengucapkan salam sebagai kalimat pembuka sambil menyebutkan identitasmu sebagai pelamar pekerjaan agar perusahaan lebih mudah mengidentifikasimu,” saran Ria.

4. Bagaimana Kalau Bersamaan Dengan Jadwal Tes Yang Lain?

“Sampaikan bahwa kamu berhalangan hadir karena sebab lain, seperti menghadiri acara yang tidak dapat diwakilkan tanpa harus menyebut tes di tempat lainnya karena itu akan membuatmu tampak menomorduakan salah satu perusahaan,” kata Ria.

5. Tanyakan Kemungkinan Reschedule

Apabila kamu tidak dapat menghadiri undangan tes perusahaan itu, ada baiknya juga kamu menanyakan soal penjadwalan tes ulang. Kamu bisa menyampaikannya pada saat memberikan konfirmasi kehadiran. Menanyakan kemungkinan reschedule cukup menunjukkan iktikad baik dan kesungguhanmu untuk turut berkarya bersama perusahaan yang kamu pilih. 

Stop menjadi ‘pemberi harapan palsu’ (PHP) ya, guys! Mulailah belajar mengungkapkan maksud pada lawan bicaramu dengan baik agar terjalin komunikasi yang efisien. Kamu bisa melatih kemampuan berkomunikasimu secara efektif bersama ECC dengan mengikuti program Effective Communication Training.

Dengan mengikuti training tersebut kamu akan mampu mengetahui gaya komunikasimu dan bagaimana meningkatkan efektivitas berkomunikasi dengan lawan bicaramu. Jadi, komunikasi secara efisien dan efektif tidak lagi jadi momok buatmu menghadapi dunia kerja. Klik di sini untuk mendaftar Effective Communication Training.

Tingkatkan selalu kemampuan dan kapasitasmu ya jobseeker cerdas!



Penulis : Rahayu Riesta 
Editor : Puspa Aqirul Mala 
Grafis : M. Rizal
Tags : effective communication, training, ecc ugm, undangan tes perusahaan
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Jumat, 21/09/2018 10:28 WIB Dari Nol Sampai Jadi Iklan, Gimana sih Prosesnya?
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Jumat, 14/09/2018 08:00 WIB Kerja di Agensi Iklan: Dapat Benefit yang Cukup Bersaing!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Kamis, 13/09/2018 00:00 WIB Ternyata Talent Seperti Ini Yang Diinginkan Bank Indonesia
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Selasa, 28/08/2018 10:00 WIB Parodi Kerjaan di Agency (Baca: Ahensi) yang Bisa Kamu Ketahui
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Selasa, 10/07/2018 17:09 WIB Hal Ini Bisa Jadi Indikator Kalau Kamu Siap Berkarier
Bukan Hanya Pacar yang Butuh Kepastian, Perusahaan Juga! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png