Web
Analytics
Do You Know, Minggu, 01/07/2018 10:00 WIB

Selain LPDP, 5 Beasiswa Ini Patut Kamu Perhitungkan!

Buat kamu yang berencana ingin melanjutkan studi, silakan mampir dan pahami.
Selain LPDP, 5 Beasiswa Ini Patut Kamu Perhitungkan!
Bagi kamu yang pernah mengirimkan aplikasi lamaran beasiswa, kamu tentu tahu suka dan dukanya perjalanannya. Bahkan mungkin ada yang ditolak hingga berkali-kali, diterima namun ada kendala, dan sebagainya.



Jangan menyerah. Jutaan peluang beasiswa tersedia kalau kamu mau mencari dan mencoba. Berikut kami sarikan 5 jenis beasiswa (selain LPDP) yang patut kamu perhitungkan! Beasiswa ini memiliki negera tujuan yang beraneka ragam dari mulai Amerika Serikat, Jepang, Belanda, hingga Inggris.


1. Community College Initiative Program (CCIP) – AMINEF

Program ini adalah sebuah beasiswa non-degree yang menyediakan program akademik berkualitas di berbagai perguruan tinggi yang ada di Amerika Serikat. Lama kursus dalam program ini adalah satu tahun atau bisa kurang dari itu. Seusai kursus, para peserta akan memperoleh sertifikat dalam bidang studi mereka dan akan kembali ke negara masing-masing untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan. 

Untuk rekrutmen, biaya, dan proses seleksi, semuanya dinaungi oleh Fulbright Commission atau Public Affairs Section of the U.S. Untuk syarat kemampuan bahasa, beasiswa ini berbeda dengan beasiswa lainnya karena hanya menyaratkan minimal TOEFL ITP 500, TOEIC 650, atau IELTS 5.0 (hanya skor yang kurang dari dua tahun yang diperkenankan untuk digunakan). 

Salah satu alumnus program ini, Danis Sriwijaya, mengatakan bahwa program ini sangat cocok buat kamu yang ingin mencoba tantangan dan ilmu yang belum pernah kamu masuki sebelumnya. Saat terpilih, Danis memilih jurusan yang jauh berbeda dengan jurusannya sebelumnya.

Danis yang merupakan Sarjana Kimia, memilih untuk mendalami Ilmu Manajemen bisnis dan membuatnya ditempatkan di sebuah perguruan tinggi di Seattle, Amerika Serikat dan totally fully funded. 

“Penyelenggara menyediakan pendanaan tiket pulang-pergi ke Amerika, tunjangan biaya hidup selama program pelatihan, akademik, dan Bahasa Inggris, biaya kuliah, asuransi kesehatan, dan kegiatan peningkatan budaya,” ungkapnya.

Danis menambahkan, proses seleksi terdiri dari tiga tahap, yakni seleksi berkas, wawancara, dan yang terakhir adalah TOEFL. Rentang pendaftaran beasiswa ini biasanya ada di Bulan Oktober-Desember setiap tahunnya. Menurutnya, program tersebut sangat bermanfaat untuk menambah kemampuan di bidang yang ia tekuni kini yakni sebagai implementation officer program di sebuah NGO di Jakarta. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa memantau beasiswa ini melalui official website berikut ini: Beasiswa CCIP


2. Beasiswa Prestasi USAID 

Prestasi merupakan kependekan dari Program to Extend Scholarship and Training to Achieve Sustainable Impacts. Program ini telah memberikan beasiswa kepada hampir 300 warga Indonesia sejak tahun 2007. Program ini terbuka bagi seluruh warga negara Indonesia yang memiliki kinerja akademis tinggi, pengalaman profesional dan keinginan untuk meningkatkan kehidupan masyarakat. 

Dilansir dari situs resminya yakni prestasi-iief.org, beasiswa ini memberikan pertimbangan khusus kepada individu potensial dari lembaga pemerintah pusat dan provinsi serta yang berasal dari wilayah geografis yang sulit dijangkau dan tertinggal di Indonesia. Program beasiswa USAID memberikan kesempatan untuk meraih gelar pascasarjana di AS maupun di Indonesia.

"Yang paling menantang untuk mendapatkan beasiswa ini adalah saat menulis essay untuk mendaftar dan juga tahapan seleksinya," tutur Drajad Sarwo Seto, salah satu awardee beasiswa ini saat dimintai keterangan Careenews. Saat ini ia sedang menyelesaikan program Master Jurusan Marine Biology di School of Marine Sciences, University of Maine, Orono, Amerika Serikat. 

Seto menambahkan, "Hal berbeda yang ditawarkan beasiswa ini adalah adanya training Bahasa Inggris, kelas statistika, dan kunjungan ke beberapa institusi yg mempunyai kerjasama dengan USAID sebelum keberangkatan," tambah lelaki asal Yogyakarta ini. 

Selain itu, ia memberikan sedikit tip untuk bisa bertahan di sana yakni belajar dengan baik, mau bekerja keras dan mandiri termasuk bisa memasak. Kemampuan memasak akan sangat berguna karena di Amerika terdapat sebuah kebiasaan pot luck atau saling membawa makanan saat berkumpul bersama sehingga kemampuan memasak akan sangat berguna. Menurut Seto, dari situlah kemudian dapat terjadi cultural sharing dan menambah kedekatan antar teman dan bahkan kepada profesor.

Kamu bisa menyimak update mengenai beasiswa ini di laman berikut ini: Beasiswa Prestasi 


3. Taoyaka Program

Taoyaka Program merupakan beasiswa unggulan Pemerintah Jepang untuk jenjang S2 dan S3 sekaligus. Seperti yang tercantum dalam official website-nya, kamu yang diterima sebagai awardee beasiswa ini akan menjalani 5 tahun pendidikan di Universitas Hiroshima. 

Kamu cukup mengunggah semua aplikasi pendaftarannya secara online. Tidak ada dokumen yang dikirimkan ke Kantor Program Taoyaka melalui pos kecuali Anda diminta secara khusus untuk melakukannya.

Dalam keterangannya kepada Careernews, Anindita Maya Julungwangi, salah seorang penerima beasiswa ini menuturkan bahwa metode dalam perkuliahan sangatlah menarik karena terdapat kurikulum onsite training yang mengajarkan bagaimana aplikasi teori ke masyarakat. 

"Pada tahun pertama, mahasiswa belajar langsung permasalahan yang ada di masyarakat lewat kunjungan ke beberapa tempat, kemudian training, internship, dan team project. Saya pribadi bisa belajar secara langsung dengan terjun ke masyarakat," ujar Anin, sapaan akrabnya.

Informasi lengkap mengenai program ini dapat diakses dalam dua bahasa yaitu Bahasa Jepang dan Bahasa Inggris.

 

4. Beasiswa Kuliah di Belanda

Kamu yang berniat kuliah di Negara Kincir Angin, ada beberapa pilihan beasiswa yang bisa kamu coba. Pertama, kamu bisa mencoba apply program StuNed atau Studeren in Neterland. Dalam situs resminya, nesoindonesia.or.id, beasiswa ini diperuntukkan bagi kamu yang ingin mengikuti master degree atau short course. Program ini merupakan bagian dari kerja sama bilateral Pemerintah Belanda dengan Indonesia. 

Adapun biaya yang ditanggung oleh beasiswa ini meliputi sebagai berikut : uang kuliah, biaya hidup, biaya perjalanan internasional dan lokal, dan biaya lain yang diperlukan untuk mendukung kelancaran studi. Sebelum mendaftar, kamu sudah harus memiliki surat penerimaan atau Letter of Acceptance (LoA) dari universitas di Belanda. 

Selain StuNed, ada beberapa beasiswa lain yang patut menjadi perhatian bagi kamu yang ingin studi di Belanda yaitu Orange Tulip Scholarship, Netherland Fellowship Program, dan Holland Scholarship. Beasiswa-beasiswa ini ada di bawah koordinasi sebuah lembaga resmi bernama Nuffic Neso. Kamu bisa mencari informasinya dan pilih sesuai dengan kebutuhanmu pada official websitenya berikut ini: Neso Indonesia


5. Beasiswa Chevening

Beasiswa Chevening atau The British Chevening Awards merupakan Beasiswa Pemerintah Inggris untuk jejang S2 taught research untuk melanjutkan studi S2 taught research di seluruh universitas di United Kingdom. Adapun lama masa studi yang harus ditempuh adalah selama satu tahun. Salah satu kriteria penting yang menjadi syarat yang harus kamu penuhi adalah harus memiliki pengalaman bekerja minimal 2 tahun (2800 jam). 

Salah seorang scholar (sebutan bagi penerima beasiswa), Diah Angendari, menuturkan kepada Careernews mengenai bagian paling menantang dari proses seleksi Chevening. "Yang paling menantang adalah persiapan berkas untuk pendaftaran online. Peserta diminta menyiapkan 4 essay, 2 reference letter, dan memilih 3 jurusan kuliah. Bagaimana caranya menulis essay yang stand out from the crowd, namun tetap menjadi diri sendiri dan tidak berlebihan," tutur alumnus The University of Warwick, jurusan Global Media and Communication ini.

Diah menjelaskan bahwa proses seleksi beasiswa ini berlangsung sekitar bulan September hingga Juli setiap tahunnya. Adapun perincian untuk tahapan seleksinya antara lain sebagai berikut:

1. Pendaftaran Online (Oktober – November)

2. Wawancara (Februari-Maret)

3. Pengumuman lolos bersyarat (conditional) dan cadangan (reserved) applicant (Juni)

4. Pengumuman lolos sebagai Chevening Scholar (Juli/Agustus)

5. Keberangkatan ke UK (September)


Ia menambahkan tip untuk kamu yang tertarik melamar Chevening adalah harus rajin mencari informasi. Membaca Chevening official website dengan lengkap dapat menjadi kunci utama. Seluruh persyaratan, mekanisme seleksi, dan applicant seperti apa yang dicari oleh tim Chevening dapat dilihat dari website tersebut. Selain itu, mencari referensi dengan membaca blog/pengalaman yang telah berhasil maupun yang belum berhasil menjadi scholar, dapat dijadikan sumber referensi ketika menulis essay.

Untuk dana yang diberikan beasiswa ini termasuk beasiswa yang menanggung semua biaya yang diperlukan oleh seorang scholar dari mulai biaya kuliah, biaya akomodasi, makan sehari-hari, pula telepon dan keperluan kuliah dan kesehatan. Termasuk juga biaya visa belajar dan biaya pesawat pulang dan pergi dari dan ke negara asal para scholar.

Kamu bisa mengecek informasi selengkapnya melalui : Chevening Scholarship


Jadi, mana beasiswa yang menjadi pilihanmu? [careernews.id]



Penulis  : Vinia R Prima 

Editor    : Puspa Aqirul Mala 

Grafis    : Ardiansyah B.A

Tags : beasiswa, stuned, chevening, prestasi, USAID, CCIP, beasiswa US, beasiswa jepang, taoyaka program
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Jumat, 21/09/2018 10:28 WIB Dari Nol Sampai Jadi Iklan, Gimana sih Prosesnya?
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Jumat, 14/09/2018 08:00 WIB Kerja di Agensi Iklan: Dapat Benefit yang Cukup Bersaing!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Kamis, 13/09/2018 00:00 WIB Ternyata Talent Seperti Ini Yang Diinginkan Bank Indonesia
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Selasa, 28/08/2018 10:00 WIB Parodi Kerjaan di Agency (Baca: Ahensi) yang Bisa Kamu Ketahui
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Selasa, 10/07/2018 17:09 WIB Hal Ini Bisa Jadi Indikator Kalau Kamu Siap Berkarier
Selain LPDP, 5 Beasiswa Ini Patut Kamu Perhitungkan! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png