Web
Analytics
Jobseeker / workplace, Rabu, 23/05/2018 00:00 WIB

8 Cara Simpel Ini Jaga Good Mood-mu Saat Puasa!

Gendang gendut tali kecapi, kenyang perut senanglah hati! Tapi sekarang kan lagi puasa, gimana ya biar good mood terus?

8 Cara Simpel Ini Jaga Good Mood-mu Saat Puasa!
Mood swing atau perubahan mood tak dapat kita duga kedatangannya. Perubahan ini bisa ditimbulkan karena keinginan tak terpenuhi, atau bisa jadi sebab perutmu kosong saat puasa. Cara berikut ini bisa kamu lakukan agar mood-mu tetap dalam keadaan ceria!


Eits, tapi jangan menyalahkan puasanya ya! Karena sudah rahasia umum kalau puasa itu punya banyak manfaat. Godaan dalam menjalani puasa khususnya di jam-jam produktif kantor memang tak dapat dipungkiri. Rasa lapar, mengantuk, dan malas adalah beberapa godaan yang sering menghampiri kala siang hari.

Meski begitu, puasa bukan alasan untuk kamu tidak menyelesaikan deadline pekerjaan tepat waktu. Puasa justru seharusnya menjadikan semangat dan mood-mu dalam bekerja makin oke. Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan semangat dan mood bekerja yang positif selama menjalani puasa? Tengok beberapa tip berikut yuk!

1. Bangunlah sahur dengan tenang dan rasa bahagia

Usahakan untuk bangun sahur dalam kondisi tenang dan tidak terburu-buru. Buat dirimu lebih santai dalam menikmati sahur. Pasang alarm tidak terlalu mepet dengan jam imsak. Apalagi jika kamu anak kos yang harus membeli lauk dulu atau ibu rumah tangga yang harus memasak menu sahur terlebih dahulu. 

Dilansir dari vemale.com, kamu bisa mengganti nada alarm dengan melodi yang lebih lembut untuk membuatmu bangun sahur dalam kondisi tenang.

2. Menu sahur yang pas

Kurangi menu sahur yang terlalu banyak mengandung gula karena hanya akan membuat tubuh mudah lemas. Kalau lemas, tentu mood dan semangat di hari esoknya akan terpengaruh, kan. Perbanyak mengonsumsi sayur dan buah. 

Dilansir dari detik.com, ada beberapa makanan yang bagus untuk membangun mood baik, di antaranya kentang manis, kacang, minyak ikan, telur, yogurt, dan bayam. Mungkin di antaranya bisa kamu pilih yang paling pas dengan sahurmu.

3. Tidur setelah sahur?

Jika ingin mood dan semangatmu positif di pagi hari, mungkin kamu harus mulai berpikir ulang untuk melakukannya. Tidur setelah sahur hanya akan membuat tubuhmu lemas dan tidak bersemangat saat bangun. Selain itu, tidur setelah sahur juga memiliki kemungkinan besar membuatmu bangun lebih siang. Jika itu hari libur, kamu bisa tidur kembali setelah sahur. Namun, tunggu 1-2 jam setelah makan ya!

4. Kerjakan yang berat dulu

Saat tiba di kantor, buatlah daftar pekerjaan dan prioritasnya. Kerjakan terlebih dahulu pekerjaan yang dianggap penting atau berat. Dengan energi yang masih maksimal serta tubuh yang masih segar, tentu akan lebih mudah menyelesaikan pekerjaan penting dan berat di pagi hari.

5. Sempatkan tidur siang sejenak

Dilansir dari entrepreneur.com, riset yang dilakukan University of Michigan terhadap 40 orang dewasa menunjukkan bahwa tidur siang bisa meningkatkan fokus dan responden. Mereka yang tidur sejenak di siang hari tidak menunjukkan reaksi frustasi maupun emosi negatif lain ketika diminta mengerjakan pekerjaan yang menguras otak.

Tidur sianglah sejenak selama kurang lebih 30 menit. Kamu bisa memilih jam di mana konsentrasi kerjamu mulai menurun, seperti pada jam istirahat. Namun, jangan pula memaksakan tidur siang saat tubuhmu sedang produktif. Dilansir dari cermati.com, hal ini justru hanya akan membuang waktu dan membuatmu semakin malas.

6. Aktivitas ringan menyenangkan

Maxmanroe.com menuliskan bahwa mendapatkan kualitas istirahat di siang hari dan malam hari adalah modal penting untuk menjaga produktivitas selama bulan Ramadhan. Selain tidur siang dan malam yang cukup, kamu bisa menyegarkan diri dan pikiranmu selama jam kantor dengan berbagai aktivitas. Misalnya, pergi keluar kantor sebentar untuk melepas penat, bercanda sebentar dengan rekan sejawat, atau membuka media sosial. 

Hindari untuk memforsir diri saat tubuhmu memang membutuhkan waktu beristirahat. Jauhi gosip yang terkadang justru membuat mood-mu kurang baik. Lebih bijak jika kamu habiskan waktu senggangmu di kantor untuk membaca buku, mendengarkan musik favorit, menonton film, bahkan untuk mengaji.

7. Tidur cukup di malam hari

Semangat kerja bisa melorot jika kamu kurang tidur. Rasa mengantuk dan lemas pasti akan datang di jam-jam produktifmu. 

Dilansir dari personneltoday.com, riset yang dilakukan pengelola The Sleep School di London, Dr. Guy Meadows, menunjukkan bahwa kualitas tidur yang buruk di malam hari berpengaruh pada 57 persen produktivitas di siang hari. Kurang tidur bisa menurunkan kesadaran fisik dan mental.

Saat bulan puasa, jam tidurmu pasti akan mengalami banyak perubahan karena sahur atau ibadah lain di malam hari. Untuk itu, penting untukmu mengatur jam tidur. Hindari bergadang dan tidurlah sebelum jam 10 malam. Hal ini memungkinkan kamu untuk masih memiliki jam tidur cukup meski dipotong waktu sahur.

8. Bekerja juga ibadah

Jika mood dan semangat sulit untuk dibangun di jam produktif, ingatkan dirimu bahwa waktu bekerjamu saat ini bernilai ibadah. Siapa yang ingin menjadi mulia di hadapan penciptanya, maka dia pasti akan melakukan ibadah dengan segenap hati dan jiwa. Sayang kan kalau sudah mati-matian melawan kantuk dan lemas di kantor namun tidak bekerja dengan sepenuh hati?


Nah, bagaimana dengan puasamu, guys? Semoga tetap menjalaninya dengan hati bahagia dan penuh semangat ya. [careernews.id]




Penulis : Rita Pamilia 

Editor : Puspa Aqirul Mala

Foto : Dimas Tri U


Tags : good mood, puasa, tip puasa, tip, kerja, semangat, bad mood,
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Jumat, 21/09/2018 10:28 WIB Dari Nol Sampai Jadi Iklan, Gimana sih Prosesnya?
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Jumat, 14/09/2018 08:00 WIB Kerja di Agensi Iklan: Dapat Benefit yang Cukup Bersaing!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Kamis, 13/09/2018 00:00 WIB Ternyata Talent Seperti Ini Yang Diinginkan Bank Indonesia
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Selasa, 28/08/2018 10:00 WIB Parodi Kerjaan di Agency (Baca: Ahensi) yang Bisa Kamu Ketahui
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Selasa, 10/07/2018 17:09 WIB Hal Ini Bisa Jadi Indikator Kalau Kamu Siap Berkarier
8 Cara Simpel Ini Jaga Good Mood-mu Saat Puasa! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png