Do You Know, Sabtu, 03/03/2018 10:01 WIB

Karier Impianmu Belum Tercapai? Coba Review Kembali Beberapa Hal Ini!

Sudah selayaknya bila kamu menggantungkan cita-cita setinggi langit, dan menikmati setiap proses untuk meraihnya. Namun jika hal tersebut tak kunjung terwujud, apa yang akan kamu lakukan?
Karier Impianmu Belum Tercapai? Coba Review Kembali Beberapa Hal Ini!
Ada pesan penting yang tersirat  untuk jobseeker pada Career Workshop bersama Paragon, Kamis (1/3) lalu. Dua pembicara berpengalaman dihadirkan untuk menyampaikan pesannya buatmu, jobseeker yang sedang menggapai impian.


“Memiliki cita-cita bukan lagi persoalan realistis atau tidak. Tapi bagaimana membuatnya sistematis sehingga mudah dicapai,” papar Salman Subakat, Chief Marketing Officer PT Paragon Technology and Innovation, saat mengawali Career Workshop Paragon “Road to Success with Paragon’ yang digelar di University Club UGM.

Menurut Salman, hal paling sederhana yang perlu dilakukan untuk meraih impian adalah mengenali diri sendiri. “Biasakan untuk memegang prinsip dream big, start small, agar kita tahu apa bagaimana langkah pertama mengubah mimpi menjadi realistis untuk dicapai,” ungkapnya.

Salman mengakui bahwa saat melakukan seleksi karyawan, Ia memperhatikan tiga hal dasar. Kemampuan berpikir, kemampuan bekerja, dan bersosialisasi adalah acuan penting bagi mereka yang berkomitmen terhadap jenjang kariernya. “Dalam dunia pekerjaan, semua orang dituntut profesional. Tiga kemampuan itulah yang akan membedakan tiap individu sekaligus menjadi bukti komitmen pada kariernya nanti,” jelas Alumni Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung (ITB) ini.

Percaya Diri; kunci karier cemerlang

Menurut pengalamannya, Salman banyak menemukan karyawan yang tidak percaya diri mengapa Ia bisa dipilih menjadi karyawan di suatu perusahaan. Umumnya individu seperti ini cenderung melihat keunggulan pada orang lain dan tidak melihatnya pada diri sendiri. Sedangkan Salman sangat menyayangkan hal itu. Menurutnya, percaya diri adalah bekal utama yang harus dimiliki setiap individu agar mampu menaklukan rintangan di dunia kerja.

“Mengulang-ulang pertanyaan mengapa perusahaan sampai mau menerima kita, adalah perbuatan sia-sia. Hanya membuang waktu saja. Perusahaan butuh action sebagai bukti nyata komitmen kita bahwa perusahaan tidak salah menerima kamu,” tegas Salman.

Unleash Your Potential

Membangun rasa percaya diri memang perlu proses matang dari setiap individu. Bagaimana individu paham dengan potensi yang dimilikinya sebagai jalur pertama  menuju kesuksesan. Analisa Widyaningrum, Psikolog dan Spoke Person Wardah juga mengungkapkan bahwa pintar bukanlah jaminan seseorang mencapai kesuksesan. “Pada akhirnya yang pintar juga akan ketinggalan dengan yang tahu memaksimalkan potensi. Itu sudah pasti,” tegas Analisa.

Seperti slogan Paragon pada seminar kali ini yaitu “Unleash Your Potential”, Analisa mengajak seluruh peserta yang hadir agar tidak ragu untuk menarik kemampuan yang dimiliki hingga level terbaiknya serta fokus memperbaiki apa yang masih menjadi kekurangan.

Tak lupa Analisa juga membagikan rahasia suksesnya dalam berkarier, dengan mengombinasikan antara kepercayaan diri dan memaksimalkan potensi. “Mengetahui kelebihan diri sendiri penting untuk memunculkan kepercayaan diri. Tapi jangan mengekang diri sendiri untuk tidak melakukan apa yang belum bisa dilakukan, tetap harus belajar memperbaiki diri dan hidup berdasarkan apa yang kita cita-citakan, bukan karena persepsi orang lain,” tutupnya.

Nah, jobseeker, iringi karier impianmu dengan tetap berusaha meningkatkan skill baik hard skill dan juga soft skillmu ya!




Penulis : Elvan Susilo

Editor : Rahayu Riesta

Foto : Devi Aprillia

Tags : career workshop, paragon indonesia, personal test, event ECC UGM, wardah, seminar, perusahaan kosmetik Indonesia, tip sukses ECC UGM, tip sukses PT Paragon Technology and Innovation
Karier Impianmu Belum Tercapai? Coba Review Kembali Beberapa Hal Ini! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png