Do You Know, Rabu, 20/12/2017 00:00 WIB

Perusahaan Jarang Beri Alasan Menolakmu, Mengapa Ya?

Ada beberapa sikap perusahaan yang biasanya kurang begitu kita pahami alasannya. Salah satunya adalah merahasiakan alasan mengapa mereka menolakmu. 
Perusahaan Jarang Beri Alasan Menolakmu, Mengapa Ya?


Hai Para Pejuang Karir! Apakah saat ini kamu tengah menanti hasil tes perusahaan yang baru saja kamu selesaikan? Penasaran enggak sih kapan dan dengan cara apa pengumuman akan disampaikan? 

Setiap recruiter pasti berharap mendapatkan kandidat terbaik untuk perusahaannya. Oleh karena itu mereka pasti akan mengupayakan cara terbaik untuk memberikan pengumuman tes bagi kandidat yang lolos seleksi agar bisa mendapat update info tes lanjutan. Itu bagi yang lolos ya! Namun tahukah kamu kalau tidak semua perusahaan juga akan melakukan hal yang sama pada mereka yang tidak lolos?

Media apa yang digunakan perusahaan untuk menyampaikan pengumuman?

Menurut Human Resource Service Manager ECC UGM, Nika Roekmi Woelan S, dalam memberikan pengumuman tes, perusahaan biasanya menggunakan dua media, yakni website, baik milik perusahaan maupun instansi yang ditunjuk, dan email. “Dulu malah pakai jasa POS. Kalau melalui telepon dan SMS jarang sekali, ” kata Nika.

Dalam memberikan pengumuman pun perusahaan memiliki etika tersendiri. Tidak semua informasi diunggah. Hal yang biasanya disampaikan dalam pengumuman tes umumnya terdiri dari daftar peserta yang lolos, informasi pelaksanaan, dan syarat yang dibutuhkan untuk tahap seleksi selanjutnya. 

Apakah perusahaan memberi tahu kamu tentang alasan penolakan mereka?

Nah, bagi kamu yang pernah mengalami kegagalan di salah satu tahapan tes, pernah enggak sih merasa penasaran mengapa kamu tidak lolos untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya?Terkait hal ini, Nika mengungkapkan bahwa tidak banyak perusahaan yang memberikan alasan penolakan meskipun beberapa di antaranya mengirimkan surat penolakan secara personal. Surat penolakan ini bisa dikirim melalui email ataupun surat resmi dengan jasa POS.

Perusahaan tidak memberikan alasan penolakan karena beberapa sebab. Pertama, efisiensi waktu khususnya ketika jumlah pelamar banyak. “Biasanya perusahaan memberikan pengumuman yang intinya jika dalam jangka waktu tertentu tidak mendapatkan panggilan dari perusahaan maka kandidat dianggap gugur, ” jelasnya.

Kedua, ketika perusahaan memberikan alasan penolakan maka akan besar kemungkinan memicu munculnya pertanyaan-pertanyaan lanjutan yang sifatnya rahasia. Alasan selanjutnya, memberikan alasan penolakan bisa mengarah pada proses konseling karir. Padahal, perusahaan tidak memiliki kewajiban untuk melakukannya. 

Terakhir, jika perusahaan memberikan alasan penolakan, dikhawatirkan kandidat hanya akan berfokus untuk melakukan perbaikan diri sesuai dengan alasan penolakannya saja. Mereka hanya fokus sebatas untuk diterima oleh perusahaan. Akibatnya, perubahan hanya akan terjadi di permukaan saja dan tidak bertahan lama. “Kandidat akan kembali pada kebiasaan lamanya,” tambah Nika.

Meski begitu, ada juga lho perusahaan yang menyampaikan alasan mengapa seseorang tidak diterima di perusahaannya. Namun alasan yang disampaikan biasanya bersifat umum, seperti kualifikasi yang belum terpenuhi serta belum tersedianya lowongan yang sesuai.

Alasan perusahaan melakukan penolakan 

Meski kadang tidak disertai alasan pasti, tapi kamu wajib dong untuk memperbaiki diri setelah ditolak di sebuah perusahaan. Nika menyampaikan beberapa alasan mengapa rekruter bisa menolak seorang kandidat untuk bekerja di perusahaannya. Pertama. Kualifikasi hard skill maupun soft skill belum memenuhi persyaratan. Kedua, ada kandidat yang lebih baik darimu. Jadi ketika kamu tidak lolos seleksi belum tentu karena kamu tidak memenuhi persyaratan. Bisa jadi hasil tesmu lebih rendah sedikit jika dibandingkan dengan kandidat lain.

Terakhir, mungkin kamu memiliki kendala dalam interaksi sosial, komunikasi, tanggung jawab, integritas, maupun hal lain yang sekiranya menghambatmu untuk memulai kerja. Hal terakhir bisa datang dari faktor pribadi maupun eksternal. “Atau bisa juga karena ada perbedaan nilai antara kandidat dengan perusahaan yang dilamar, misalnya perusahaan mengutamakan nilai religiusitas namun ternyata kandidat adalah orang yang kurang religius,” papar Nika.

Bagaimana? sudah mulai menemukan titik terang mengapa kamu belum diterima di perusahaan impianmu? Hal yang paling penting saat ini adalah tetap bersemangat dan terus menggali potensi dirimu. Jangan bosan melakukan perubahan untuk membuat dirimu menjadi mereka yang ‘tak pantas’ ditolak perusahaan. Siapkah kamu?


Penulis : Rita Pamilia 

Editor : Rahayu Riesta

Grafis : M. Rizal 


Tags : isu karir, rahasia perusahaan, Karir, careernews, ECC UGM, ditolak
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Selasa, 10/07/2018 17:09 WIB Hal Ini Bisa Jadi Indikator Kalau Kamu Siap Berkarier
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 04/07/2018 00:00 WIB Bukan Hanya Pacar yang Butuh Kepastian, Perusahaan Juga!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Minggu, 01/07/2018 10:00 WIB Selain LPDP, 5 Beasiswa Ini Patut Kamu Perhitungkan!
Perusahaan Jarang Beri Alasan Menolakmu, Mengapa Ya? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png