Do You Know, Rabu, 20/12/2017 16:12 WIB

Ini Dia Bekal Ala Aeran Ismail Untuk Fresh Graduate Agar Siap Kerja!

Hi fresh graduate! Apakah kamu sudah punya gambaran tentang dunia kerja? Apa saja ya yang perlu kamu siapkan untuk melangkah ke jenjang selanjutnya?
Ini Dia Bekal Ala Aeran Ismail Untuk Fresh Graduate Agar Siap Kerja!


Biarpun fresh graduate tentu kamu ingin dapat kerja yang nyaman dan enak, betul kan? Boleh-boleh saja kok. Tapi kamu harus bekali dulu dirimu dengan beberapa nasihat dari Aeran Ismail di bawah ini.


Bulan lalu (17/11/2017), melalui event ECC UGM, Friday Indepth, Head of Affairs GDP Venture, Aeran Ismail telah berbagi pengalaman mengenai dunia karir. Selain berbagi kisah seru, ia juga menjelaskan hal apa saja yang perlu jobseeker miliki untuk siap masuk dunia kerja.

Kira-kira apa saja ya yang harus dipersiapkan jobseeker untuk siap melangkah ke jenjang selanjutnya? Tenang, berikut ini Careernews.id telah merangkum beberapa langkah yang perlu dilakukan fresh graduate ala Aeran Ismail :

1. Menjadi pendengar yang baik

Menjadi karyawan bukan sekadar bekerja berdasarkan job description yang diberikan. Kamu perlu melengkapi dengan keterampilan soft skill yaitu menjadi pendengar yang baik. Menurut Aeran, mendengar setiap arahan dan petunjuk dengan seksama dimaksudkan supaya mengindari munculnya missed communication antar-tim dan dengan atasanmu.

2. Menjadi orang yang aktif 

Menjadi fresh graduate bukan berarti kamu harus bungkam. Kamu berhak mengusulkan berbagai pendapat atau ide-ide segar yang dapat memajukan kualitas perusahaan lho! Jangan lupa untuk melengkapi ide-ide segarmu dengan riset kecil supaya tidak dianggap common sense dan tidak bersumber.

3. Memperbanyak pengalaman kerja

Sebagai fresh graduate ada baiknya kamu menambah pengalaman kerja hard skill supaya keterampilan kerja yang sesuai bidangmu semakin terasah. Selain itu kamu juga bisa mendapat tambahan uang untuk survive selama proses mencari pekerjaan impianmu.

Bahkan, berdasarkan pengalaman Aeran selama menjadi fresh graduate, pengetahuan dan mentalnya terhadap dunia kerja semakin terbuka berkat pengalaman kerja di berbagai tempat. Kamu akan belajar mengelola emosi dan mental yang akan menempamu menjadi pribadi matang.

4. Menjalin komunikasi yang baik dengan siapa saja

Aeran merupakan alumni teknik, ia baru menyadari pentingnya keterampilan komunikasi setelah ia menerima pekerjaan pertamanya. Meskipun tidak diajarkan materi komunikasi di bangku kuliah, ia bertekad memulai belajar komunikasi secara efektif baik dengan sesama rekan kerja atau bahkan dengan atasan. Ditambah lagi ia juga mempelajari tata krama dalam berkomunikasi. Semua itu tidak didapatkannya dari  bangku kuliah, namun ia pelajari sendiri ketika bersinggungan dengan orang lain ataupun rekan kerja.

5. Percaya diri merupakan kunci

Meskipun kamu fresh graduate dengan pengalaman yang terhitung minimal, Aeran berpesan agar kamu tetap tampil percaya diri (PD). Bukan sekadar tampil PD tapi kamu juga harus melengkapi dengan keterampilan lainnya di atas supaya kamu tidak dianggap sok tahu. Bijaklah menempatkan diri di lingkungan kerjamu.

6. Banyak belajar

“Banyak-banyaklah belajar karena bukan berarti selepas kuliah, proses belajar juga berhenti,” ungkapnya. Sebagai fresh graduate, pesan-pesan yang disampaikan Aeran seperti di atas perlu dilandasi kemauan belajar yang kuat.

“Jangan pernah merasa lelah, proses pembelajaran tidak akan selesai biarpun kamu sudah berada di posisi puncak,” jelasnya. Untuk menjadi yang terbaik, kita harus banyak belajar bahkan dari hal-hal kecil yang mungkin sering kita abaikan.

Tip ala Aeran Ismail di atas bisa kamu perdalam dengan mengikuti soft skill training oleh ECC UGM setiap bulannya. Dalam training tersebut, kamu akan mendapat pendalaman materi dari poin-poin di atas, dan kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan pakarnya.

Semoga rangkuman di atas dapat membantumu menjadi karyawan yang bernilai bagi perusahaan. 



Penulis : Rahayu Riesta

Editor : Puspa A. Mala

Grafis : Dwi Kreshna

Tags : friday indepth ecc ugm, aeran ismail, tip untuk karyawan, personal branding
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Minggu, 31/12/2017 20:09 WIB Kandidat Ini Yang Dicari Perusahaan Pada Tahun 2018
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 20/12/2017 00:00 WIB Perusahaan Jarang Beri Alasan Menolakmu, Mengapa Ya?
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Kamis, 30/11/2017 18:08 WIB Tampil Maksimal Meski Hari Hujan? Memangnya Bisa?
Ini Dia Bekal Ala Aeran Ismail Untuk Fresh Graduate Agar Siap Kerja! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png