Do You Know, Rabu, 15/11/2017 10:50 WIB

Ini 6 Karakter Dan Pekerjaan Yang Cocok, Kamu Termasuk Yang Mana?

Mengetahui karakter diri sendiri akan membantumu menentukan pekerjaan apa yang cocok. Artikel ini akan membahas mengenai isu tersebut. Simak ya!
Ini 6 Karakter Dan Pekerjaan Yang Cocok, Kamu Termasuk Yang Mana?
Tidak ada yang lebih membahagiakan dalam karir kecuali bisa bekerja dan berkarya di profesi yang sesuai passion-mu. Karena dengan begitu bekerja akan terasa seperti bermain. Dengan passion pula, pekerjaan akan selesai dengan lebih. 


Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk bekerja sesuai passion adalah mengetahui terlebih dahulu karakter seperti apakah dirimu. Dari sini, kamu bisa memilih pekerjaan apa yang paling cocok dengan karaktermu.

Ada banyak cara mengetahui karaktermu, salah satunya dengan mengikuti tes psikologi untuk mengetahui minat karirmu. Khusus bagi kamu yang menjadi member ECC UGM, kami menyediakan fitur online assessment minat karir yang bisa kamu nikmati gratis.

Melalui tes tersebut, kamu bisa mengetahui karaktermu. Apakah kamu seorang executor, thinker, creator, savior, persuader, atau justru organizer? Penasaran kan?! Ayo ikuti assessment minat karir ECC UGM (klik di sini untuk ikuti online assessment) dan lanjutkan membaca artikel ini sampai selesai.

Executor

Bagi yang terbukti sebagai seorang Executor, kamu cenderung menyukai pekerjaan yang melibatkan aktivitas fisik serta terkait dengan mesin atau alat tertentu. Kamu lebih suka bersinggungan dengan alat kerja daripada harus bekerja di bidang yang menuntutmu akrab dengan orang lain. Jangan harap tipe ini suka jika harus bergelut dengan dokumen dan arsip. 

Tentu saja, si Executor lebih senang bekerja di luar ruangan dibanding harus berdiam diri di depan komputer. Mereka sering disebut sebagai si petualang karena memang suka jalan-jalan. 

Kalau bekerja bersama orang lain, si Executor lebih senang bekerja bersama tim dengan orang-orang yang bekerja keras, praktis, dan bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan pekerjaan. Mereka suka dengan solusi yang sifatnya praktis untuk dilakukan. Pekerjaan yang cocok bagi si Executor di antaranya pekerjaan yang terkait dengan penggunaan dan perbaikan alat (seperti listrik dan elektronik), memelihara hewan dan tumbuhan, membangun gedung, dan lain-lain.

Thinker

Jika kamu termasuk karakter yang satu ini, sudah pasti kamu orang yang suka bekerja dengan pekerjaan yang membutuhkan ide, observasi, dan analisa. Kamu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Kamu tidak akan suka jika disuruh memimpin atau membujuk orang lain. 

Saat berada di sebuah tim, kamu lebih suka bekerja bersama mereka dengan kemampuan akademik tinggi, senang menganalisa sesuatu, serta mandiri.  Pekerjaan yang cocok dengan si Thinker adalah pekerjaan yang sifatnya ilmiah dan membutuhkan penghitungan kompleks. Mereka cocok jika menjadi seorang peneliti atau seseorang yang bekerja untuk memecahkan sebuah formula, seperti IT.

Creator

Kamu suka hal artisitk, seni, atau apapun yang unik? Mungkin kamu adalah si Creator. Tipe ini suka bekerja dengan kreativitas dan imajinasinya. Mereka senang menyelesaikan pekerjaan dan mengekspresikannya melalui media-media seni seperti gambar, bahan, musik, kata, gerakan, dan sistem. Mereka senang bekerja secara ekspresif, independen, dan intuitif. Bereksperimen dengan imajinasinya adalah hal yang membuat mereka hidup.

Ketika bekerja dalam tim, si Creator mencintai anggota tim yang imajinatif, spontan, berintuisi, serta mandiri. Mereka tidak suka dengan aturan kaku dan terperinci. Tipe Creator biasanya cocok bekerja di bidang seni dan kreatif, seperti desainer grafis, desainer pakaian, pemain musik, pelukis, penulis, seniman, dan lain sebagainya. 

Savior

Kamu suka banget kerja di bidang pelayanan? Mungkin kamu termasuk kriteria si Savior. Orang dengan karakter ini suka dengan pekerjaan yang melibatkan proses membantu, menginformasikan, melatih, dan mengembangkan orang lain. Jika kamu masuk kriteria ini, sudah tentu kamu adalah orang yang memilkiki empati dan kepedulian tinggi pada orang lain.

Si Savior tidak suka bekerja dengan data dan angka. Mereka lebih suka berdiskusi, mencari, dan menyusun hubungan dari berbagai variabel. Jika berada dalam tim, kriteria ini lebih suka bekerja bersama mereka yang suka membantu, ceria, populer, ramah, dan baik hati. Pekerjaan yang cocok dengan si Savior di antaranya pengajar, trainer, konsultan, psikolog, dokter, pekerja sosial, customer service, dan pekerjaan lain yang bertujuan menolong serta membangun orang lain.

Persuader

Si Persuader sangat suka jika harus membujuk atau memengaruhi orang untuk tujuan organisasi atau ekonomi. Tipe ini sangat suka mengambil tantangan berisiko untuk sebuah tujuan, termasuk mengikuti sebuah kegiatan sosial karena tujuan tertentu. Mereka biasanya adalah tipe orang yang energik, penyuka tantangan serta berorientasi pada hasil.

Dalam tim, si Persuader tidak menyukai orang yang terlalu banyak berpikir dan memilih dalam bertindak. Mereka suka tantangan dengan reward yang jelas bersama dengan orang-orang yang  sama-sama menyukai tantangan, ambisius, dominan, dan energik. Kamu masuk yang ini bukan? 

Tipe pekerjaan yang cocok dengan si Persuader di antaranya project leader, sales, orator, public relation atau pekerjaan-pekerjaan lainnya yang memiliki tujuan untuk meyakinkan orang.

Organizer

Jika kamu termasuk penyuka pekerjaan rutin yang telah teroganisir SOP-nya, mungkin kamu termasuk sebagai si Organizer. Tipe ini sangat suka pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan senang menyelesaikan pekerjaan yang telah dimulai oleh orang lain.

Jangan mempertanyakan integritasnya, si Organizer memiliki tanggung jawab yang tinggi dan patuh pada aturan. Mereka suka bergabung dengan orang-orang yang mampu menyesuaikan diri, teliti, efisien, praktis, tenang, dapat diprediksi, dan stabil.

Berbeda dengan karakter-karakter sebelumnya, si Organizer sangat cocok bekerja dengan melibatkan data, angka, dan pencatatan. Mereka tidak suka bekerja dengan situasi yang berubah-ubah apalagi jika garis otoritasnya kurang jelas. Pekerjaan yang cocok bagi si Organizer di antaranya eksekutor bisnis atau event, sekretaris, admin, notulen, dan pekerjaan lain yang bergelut dengan angka dan arsip.

Bagi kamu yang masih bingung masuk dalam kriteria yang mana, ayo segera mengikuti online assessment minat karir ECC UGM. Menariknya, kini kamu bisa mengikuti tes ini melalui gadget-mu! (klik di sini untuk mencobanya). Satu orang bisa jadi dominan pada satu karakter tertentu namun tidak menutup kemungkinan memiliki kecenderungan pada karakter lainnya. Jika masih bingung dengan hasilnya, kamu bisa langsung mengonsultasikannya pada psikolog kami melalui konseling karir. 

Bekerja sesuai passion tentu jadi dambaan setiap orang. Kamu juga kan? Yuk bergerak sekarang untuk menemukan diri dan karirmu yang sesungguhnya!


Penulis : Rita Pamilia 

Editor : Puspa A. Mala

Grafis : Bentar Sadani


Tags : karakter diri, memilih pekerjaan yang cocok, careernews,
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 08/11/2017 15:00 WIB Kini Kamu Bisa Ungkap Kepribadianmu Melalui Gadget!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Senin, 09/10/2017 15:00 WIB Nah, Ini Dia 'Momok' Bagi Mimin Medsos!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 14/06/2017 15:00 WIB Mau Kerja di IKEA? Pahami Budaya Perusahaannya
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Kamis, 08/06/2017 00:00 WIB Dari Fashion Hingga Sayur Mayur, Ini Potret Start Up 2017
Ini 6 Karakter Dan Pekerjaan Yang Cocok, Kamu Termasuk Yang Mana? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png