Do You Know, Selasa, 18/07/2017 08:03 WIB

Riset Ini Ungkap Pekerjaan yang Paling Bikin Kamu Bahagia Juga Sedih, Setuju?

Saat masa pencarian kerja, hasil riset ini bisa kamu pertimbangkan sebelum memilih jalan karir!

Riset Ini Ungkap Pekerjaan yang Paling Bikin Kamu Bahagia Juga Sedih, Setuju?
Ada kalanya kamu terjun di pekerjaan yang tak sesuai dengan bidangmu.Tentunya bukan hal yang mudah ketika kamu harus bekerja tapi tak paham benar apa yang kamu kerjakan, bukan?

Terlebih, setiap pekerjaan pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pekerjaan dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi dan beban kerja yang lebih besar biasanya akan menawarkan pendapatan yang lebih banyak bagi pekerjanya begitu sebaliknya.

Di sini, kamu akan diuji untuk memilih jalan karirmu dan menghadapi risiko serta tantangan dari pilihan karirmu. Pilihan karir ini terkadang dikaitkan dengan bagaimana pekerja menjalaninya, apakah mereka bisa enjoy dan senang ataukah justru tertekan dan sedih.

Mereka yang beruntung punya karir mulus dan berpenghasilan bagus biasanya lebih banyak kesenangannya dari pada kesedihannya, pun sebaliknya. 

Dilansir dari detik.com, sebuah riset dari konsultan bisnis Qualtrics, London, mengungkap jenis profesi atau bidang karir apa saja yang paling membahagiakan dan menyedihkan bagi banyak orang. Hasilnya ternyata cukup mengejutkan.

Hasil riset menunjukkan, bidang ekonomi merupakan bidang kerja yang paling membuat karyawannya bahagia. Mereka yang bekerja sebagai banker atau sales merasakan kepuasaan kerja yang lebih tinggi dibanding para responden lain. Meski tidak benar-benar mencintai profesinya, 75% responden yang berkarir di bidang ekonomi ini cukup merasa puas dengan profesinya.

Sementara itu, kabar buruk buat kamu yang bekerja di media. Menurut hasil riset, hanya 37% pekerja media di bidang jurnalisme, PR, atau iklan yang berkata puas dengan apa yang mereka kerjakan.

Hasil ini dirasa cukup mengejutkan mengingat sektor finansial dan media sebenarnya sama-sama memiliki beban kerja yang berat dan menuntut dedikasi waktu sedangkan tingkat kepuasaannya justru berbeda. Menurut Qualtrics, yang membuat keduanya berbeda adalah apresiasi. Di dunia ekonomi, kerja keras para pegawai lebih diakui sedangkan pekerja media kadang kurang diapresiasi.

Hal ini diamini oleh Firsty Anggraeni, pekerja media di salah satu televisi swasta besar Indonesia. “Pekerja media itu punya tanggung jawab yang besar juga, kadang kita ikut disalahkan karena memberi pengaruh yang enggak bagus, memberi informasi yang simpang siur, atau bahkan memihak satu kubu politik tertentu. Berbeda dengan akuntan yang kebenarannya mutlak,” tutur wanita lulusan Ilmu Komunikasi UGM ini. Meski dengan tanggung jawab yang sebesar itu, Firsty, sapaan akrabnya, mengaku bahwa karyanya sering tidak diapresiasi karena hasilnya yang abstrak dan subyektif. Padahal bagi mereka pekerja media adalah kepuasan tersendiri ketika pekerjaannya dilihat dan dinikmati banyak orang.

Nah untuk kamu para jobseeker, supaya tidak salah memilih jalur karir, sebaiknya kamu juga melakukan pedekate terhadap pekerjaan yang akan kamu pilih, dari bidang perusahaannya, nama, hingga posisi-posisi apa saja yang strategis untuk kamu lamar. Sebagai contoh perusahaan dan posisi kerja, kamu bisa membuka laman berikut ini dan klik di kolom lowongan terbaru.

Selain itu di 22nd Career Days ECC UGM ini ada program keren bernama Talent Hunt, yang mempermudah kamu direkrut perusahaan-perusahaan yang ada di link tadi. Lebih lanjut mengenai Talent Hunt sila klik pranala berikut.

Nah, bagaimana dengan hasil riset ini? Apakah kamu setuju teman? Hal penting yang bisa kamu petik dari riset ini adalah bagaimana kamu memilih jalan karirmu. Kenali apa yang menjadi kesenanganmu lalu tunjukkan melalui apa yang kamu kerjakan. Jangan sampai pekerjaanmu justru membuatmu sedih, ya!

Kami tunggu pendapatmu di kolom komentar! [careernews.id]


Penulis : Yuana Anandatama 

Editor   : Puspa A. Mala

Grafis   : M. Rizal

Tags : tips melamar pekerjaan, lowongan, survei karir mahasiswa, career vacancy
Riset Ini Ungkap Pekerjaan yang Paling Bikin Kamu Bahagia Juga Sedih, Setuju? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png