Do You Know, Rabu, 14/06/2017 15:00 WIB

Mau Kerja di IKEA? Pahami Budaya Perusahaannya

Kamu tahu perusahaan properti besar asal Swedia bernama IKEA? Perusahaan ini mengusung sebuah nilai yang harus ada pada setiap karyawan, plus mengusung konsep berbeda terkait pelayanan pada konsumen.
Mau Kerja di IKEA? Pahami Budaya Perusahaannya

Soni adalah seorang karyawan di perusahaan asal Swedia yang memasok furniture rumah tangga di sebuah kota metropolitan di Indonesia. Perusahaan tersebut selalu ramai dan menawarkan konsep berbeda dalam pelayanan, yakni self service system untuk customernya.


Costumer diperbolehkan memilih, membandingkan, dan menjajal barang yang akan dibeli secara langsung. Lebih lanjut costumer-nya bisa langsung mencatat informasi produk mulai dari nama, nomor artikel, nomor rak, hingga nomor bagian. Mereka juga bisa merakit beberapa barang yang dibeli secara mandiri. Bahkan, jika setelah dirakit tapi konsumen berubah pikiran, produk masih bisa dikembalikan dalam kurun waktu 30 hari.

Namun dibalik keunikan tersebut, ternyata perusahaan yang didirikan oleh Ingvar Kampard pada tahun 1943 ini justru menuntut Sony dan karyawan lain dengan karakter yang simpel, yakni menjunjung tinggi kebersamaan dan gotong royong. Bernama IKEA, perusahaan ini memiliki alasan tersendiri mengapa prinsip gotong royong pada lingkungan kerja ini menjadi hal yang utama.

Ramainya gerai IKEA, membuat Sony dan karyawan lain harus mampu melakukan pekerjaan dalam satu waktu sekaligus atau multitasking. Apabila Sony dalam kondisi sibuk dan membutuhkan bantuan, karyawan dari bagian lain harus siap membantu. Sony sangat merasa terbantu dengan budaya gotong royong di perusahaan tempat ia bekerja.

"Ada 10 requirements yang harus dipenuhi calon karyawan IKEA tapi ada satu yang diutamakan, yakni attitude," ungkap Head of HR IKEA Indonesia, Adiharto Yuwono saat ditemui careernews pada Jumat (24/3). Bahkan, Adi mengatakan bahwa attitude ini dianggap lebih penting daripada hard skill yang dipunyai oleh calon karyawan.

"Diharapkan karyawan yang di sini suka kerja sama dan saling membantu dengan yang lainnya," tutur Adi. Untuk mendapatkan karyawan dengan karakter di atas, Adi menuturkan bagaimana IKEA ketat dalam proses penyeleksian attitude calon karyawannya.

Meski sangat ketat dalam memilih attitude calon karyawannya, IKEA sendiri terbuka bagi pelamar dari berbagai suku dan ras. Selain itu, jurusan yang dibutuhkan pun beragam tergantung kebutuhan dari masing-masing bidang.

"Bahkan ada beberapa yang dari lulusan luar negeri yang minta diwawancarai," tambah Adi. Sebagai output-nya beberapa tahun belakangan ini, IKEA menjadi perusahaan properti yang populer di Indonesia.

Di sisi lain, Sony sebagai karyawan sangat bangga bekerja di IKEA karena selain memiliki prospek yang baik, ia juga merasa sangat terbantu dengan kebudayaan gotong royong yang selalu diterapkan di sana.

Para karyawan yang berkeja di IKEA adalah mereka yang telah menjalani serangkaian proses seleksi ketat. Mereka adalah orang-orang terpilih yang memiliki kecocokan karakter dengan perusahaan. Kalau kamu sudah tahu atau belum karakter personality-mu seperti apa? Kamu bisa ikut Online Assestment dari ECC UGM di sini. Dari sana, kamu bisa mengetahui potensi yang ada di dirimu dan memudahkan perusahaan untuk mencocokkan profile kamu dengan kebutuhan karyawan perusahaan. Tertarik?

Online Assestment ini juga merupakan salah satu elemen dalam program TALENT HUNT, sebuah program baru jelang 22nd Career Days. Dari program ini, kamu bisa mendapat kesempatan untuk dilirik perusahaan lebih awal dan diundang dalam proses seleksi daat Career Days berlangsung Agustus nanti. Cek di sini kenapa kamu harus ikut program TALENT HUNT.

Nah, apakah kamu memiliki ketertarikan untuk bekerja di IKEA? Peluang masih terbuka lebar, ayo siapkan dirimu dan daftarkan dirimu ke IKEA dengan memantau peluangnya melalui website resmi di alamat: www.ikea.co.id.


Penulis : Yuana Anandatama

Editor   : Puspa A.Mala, Vinia R. Prima 

Grafis   : M. Rizal


Tags : ikea furniture, tips melamar pekerjaan, tips jobfair, IKEA, lowongan IKEA
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 08/11/2017 15:00 WIB Kini Kamu Bisa Ungkap Kepribadianmu Melalui Gadget!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Senin, 09/10/2017 15:00 WIB Nah, Ini Dia 'Momok' Bagi Mimin Medsos!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 14/06/2017 15:00 WIB Mau Kerja di IKEA? Pahami Budaya Perusahaannya
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Kamis, 08/06/2017 00:00 WIB Dari Fashion Hingga Sayur Mayur, Ini Potret Start Up 2017
Mau Kerja di IKEA? Pahami Budaya Perusahaannya | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png