Do You Know, Kamis, 08/06/2017 00:00 WIB

Dari Fashion Hingga Sayur Mayur, Ini Potret Start Up 2017

Banyak jobseeker yang mengincar start up untuk pijakan awal karirnya. Sda bidang baru dalam start up yang bisa kamu geluti lho.

Dari Fashion Hingga Sayur Mayur, Ini Potret Start Up 2017
Sudah pernah dengar soal Silicon Valley? Ini julukan bagi daerah di selatan Teluk San Francisco, California Utara, Amerika Serikat. Di sana merupakan tempat berkumpulnya perusahaan-perusahaan terbesar di dunia dan juga ribuan perusahaan startup.

Berkaca dari Silicon Valley, pengembangan perusahaan startup tentu memedulikan tren juga kebutuhan masyarakat. Sebelumnya, selain fashion, mayoritas bidang yang menjadi tren dalam industri start up adalah transportasi, e-commerce, hingga financial technology (fintech).

Namun demikian, dilansir dari detikcom, Plug and Play (PNP), salah satu akselerator startup yang berbasis di Silicon Valley, membocorkan mengenai bidang startup yang menjadi tren di tahun 2017 ini. Accelerator Director PNP Indonesia, Nayoko Wicaksono, mengemukakan bahwa ada dua bidang startup yang akan booming, yakni health tech (kesehatan) dan agriculture tech (pertanian). Ini merupakan tindak lanjut dari banyaknya petani yang kekurangan dana karena sudah terbentur masalah supply chain yang berbelit-belit.

Melihat tren ini, PNP Indonesia bahkan mengambil langkah dengan merekrut salah satu startup bidang pertanian dari 11 startup yang terpilih mengikuti program akselerasi yang dirancangnya. Startup yang dimaksud adalah Sayurbox, sebuah penyedia platform yang menghubungkan antara produsen sayur dengan konsumen tanpa perantara. Ini memberi hal nyata, yakni konsumen dapat membeli sayur langsung dari petaninya sehingga lebih terjaga kesegarannya.

Founder Sayurbox, Metha Trisnawati mengaku bahwa Sayurbox ingin menghilangkan proses supply chain yang bertele-tele karena petani mengalami kesulitan, khususnya dari isu biaya ketika mereka sudah harus menjual produk ke distributor.

Sampai saat ini, Sayurbox telah bekerja sama dengan 22 petani, baik dari kalangan individu dan kelompok tani, dari Jabodetabek dan beberapa wilayah di Jawa Barat meliputi Lembang, Sukabumi, dan Cipanas.

Nayoko menambahkan, meski tahun ini giliran startup health care dan agriculture tech yang siap-siap berjaya, startup e-commerce akan tetap menjadi perhatian. Sebab, e-commerce masih memegang peranan penting dalam mendongkrak perekonomian digital Indonesia. Pun jumlah UKM yang masih sangat banyak dan besar, membuat startup e-commerce mustahil jika hilang begitu saja.

Nah, bagaimana? Apakah kamu setuju dengan pendapat Nayoko? Atau ada sektor startup lain yang kamu kira lebih popular dari health care dan agriculture tech di tahun ini? Sampaikan di kolom komentar, ya![careernews]


Penulis     : Yuana Anandatama

Editor       : Vinia R. Prima

Grafis       : M. Rizal

Tags : start up, ecommerce, jobseeker, tips melamar kerja, industri, lowongan perusahaan,
Dari Fashion Hingga Sayur Mayur, Ini Potret Start Up 2017 | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png