Do You Know, Jumat, 21/04/2017 10:33 WIB

Percaya Perhitungan 'Hari Baik'? Yuk, Pilih Waktu yang Pas Untuk Melamar Kerja!

Jobseeker, tahukah kamu ternyata memilih 'hari baik' tak hanya untuk menikah! Ini juga perlu kamu lakukan mengirim lamaran kerja.
Percaya Perhitungan 'Hari Baik'? Yuk, Pilih Waktu yang Pas Untuk Melamar Kerja!
Bingung kapan waktu yang pas buat mengirim berkas lamaran pekerjaanmu? Coba pilih hari di awal minggu kerja. Hari Selasa dianggap menjadi hari terbaik bagi pelamar untuk mengirimkan resume.

Menurut data yang dimiliki Smart Recruiters, di lebih dari 270.000 pekerjaan di Amerika Utara, sebagian besar pelamarnya mengirimkan resume pada awal minggu kerja. 18,5 persen pelamar mengirimkan resume lamaran di hari Selasa, sedangkan sisanya dilakukan pada hari Senin dan Rabu. Hari Selasa juga hari yang dianggap populer oleh sebagian besar rekruter perusahaan untuk melakukan posting lowongan pekerjaan baru yang ada di perusahaan mereka. Dari data yang sama, terhitung 21,5 persen karyawan baru direkrut pada hari Selasa.

Selain pemilihan hari, jobseeker perlu memerhatikan waktu saat mengirim lamaran. Bagi perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan secara online atau e-mail, kirimkan lamaran antara pukul 6-9 pagi.  Mengirim berkas di waktu pagi ini, dapat memberikan kesan baik bagi manajer atau rekruter perusahaan. Mereka akan menganggapmu sebagai pribadi yang bersemangat dan berantusiasme tinggi. Hal ini juga secara psikologis menguntungkan jobseeker. Sebagian besar orang termasuk para rekruter tentu masih memiliki semangat dan mood yang baik di pagi hari sehingga akan lebih menaruh perhatian pada resume lamaran yang mereka terima saat itu.

Terakhir, hindari kata menunda! Segera kirimkan lamaranmu begitu kamu tahu ada lowongan yang dibuka. "Pelamar yang mengirimkan resume lamaran pekerjaan saat perusahaan pertama kali membuka rekrutmen berkesempatan lebih besar sehingga mendapatkan perhatian lebih dan masuk dalam gelombang pertama wawancara," ungkap Jerome Ternynck, CEO dan pendiri Smart Recruiters seperti dilansir dari Business News Daily.

Nah, buruan cek lowongan pekerjaan di hari populer seperti hari Selasa. Jika kamu melihat ada lowongan baru, segeralah kirim berkasmu di hari yang sama, ya. Lamaran yang kamu kirim di awal akan terhindar dari penumpukkan berkas-berkas pelamar lain.

Tips buat jobseeker agar lebih praktis saat melamar, siapkan satu folder khusus berisi berkas lamaran seperti CV/resume, surat lamaran, foto, scan identitas diri di hari sebelumnya.

Bagaimana, sudah tidak galau lagi kan memilih 'hari baik' untuk melamar kerja?



Penulis      : Nikita Yolania

Editor        : Yuana Anandatama

Tags : do you know, mahasiswa, jobseeker, mengirim berkas, mengirim lamaran kerja, tips menulis email lamaran kerja,
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Kamis, 30/11/2017 18:08 WIB Tampil Maksimal Meski Hari Hujan? Memangnya Bisa?
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 08/11/2017 15:00 WIB Kini Kamu Bisa Ungkap Kepribadianmu Melalui Gadget!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Senin, 09/10/2017 15:00 WIB Nah, Ini Dia 'Momok' Bagi Mimin Medsos!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 14/06/2017 15:00 WIB Mau Kerja di IKEA? Pahami Budaya Perusahaannya
Percaya Perhitungan 'Hari Baik'? Yuk, Pilih Waktu yang Pas Untuk Melamar Kerja! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png