Do You Know, Selasa, 27/12/2016 08:41 WIB

Menghadapi Penempatan Kerja di PLN? Ini yang Perlu Kamu Ketahui!

Tak perlu risau menghadapi penempatan kerja di PLN. Ketahui beberapa fakta berikut agar siap menghadapinya!
Menghadapi Penempatan Kerja di PLN? Ini yang Perlu Kamu Ketahui!
Meski banyak jadi incaran jobseeker, baik fresh graduate maupun yang sudah berpengalaman, PT PLN (Persero) tetap memberi beberapa persyaratan yang harus dituruti oleh siapa pun yang ingin bekerja di PLN. Persyaratan tersebut biasanya terkait dengan penempatan kerja.

Setiap rekrutmen PLN, terutama untuk jenjang pendidikan terakhir S2/S1/D3 pasti diberi info untuk bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia ketika tahap seleksi. Alasan penempatan tersebut karena unit PLN yang sangat banyak dan mencakup hampir seluruh wilayah di Indonesia. Alif Fajar Rahman, selaku Staf Bidang Rekrutmen dan Seleksi PT PLN (Persero) menjelaskan, kebijakan penempatan kerja tersebut untuk kompetensi jenjang karir setiap pegawai. “Karena setiap unit memiliki tantangan dan kultur budaya yang berbeda-beda sehingga hard skill, soft skill, serta performa mereka diuji di unit manapun mereka ditempatkan,” ujar Alif.


Suka dan duka dari penempatan kerja

Proses bisnis PLN yang mencakup proyek-pembangkitan-transmisi-distribusi-niaga-support yang jangkauannya hingga seluruh Indonesia sangat membutuhkan SDM untuk menerangi nusantara. Alif mengakui banyak pegawai PLN yang mengeluhkan kebijakan penempatan kerja meski pada akhirnya tetap dilaksanakan oleh setiap pegawai. Beberapa karena merasa kesulitan beradaptasi di lingkungan penempatannya atau masalah jauh dari keluarga. "Penempatan kerja di PLN memungkinkan setiap pegawainya ditempatkan di luar pulau asalnya atau minimal di luar domisili. Tantangan bagi mereka yang belum terbiasa jauh dari keluarga," kata Alif.

Beradaptasi dengan lingkungan dan suasana yang baru juga butuh waktu yang tidak sebentar. Selain itu, perbedaan kultur hingga harga-harga kebutuhan pokok di lokasi penempatan kerja terkadang juga menjadi persoalan. "Untuk penghasilan tentunya disesuaikan dengan lokasi penempatan setiap pegawai. Sebagai contoh, gaji pegawai di Maluku bisa lebih besar dibandingkan pegawai dengan jabatan yang sama di pulau Jawa," jelas Alif. Pegawai yang ditempatkan di pulau-pulau terluar bahkan diberikan fasilitas selama penugasan mereka.

Perbedaan tingkat kebutuhan pegawai berdasarkan lokasi tempat kerja tetap menjadi perhatian PLN. Penyesuaian gaji dan fasilitas merupakan bukti kepedulian PLN terhadap pegawainya. Hal tersebut agar setiap pegawai tetap optimal dalam bekerja, walaupun ditempatkan jauh dari daerah asal masing-masing. Dengan begitu, diharapkan tingkat efektivitas bekerja di seluruh unit PLN di Indonesia dapat memenuhi target. 


Tak perlu khawatir, ini yang perlu kamu ketahui

Bagaimana menyikapinya? Alif, ketika berbicara mengenai pengalamannya menjelaskan, akan lebih mudah bagi siapa saja saat ikhlas dan tetap berpikir positif dalam menjalani penempatan kerja di PLN. "Niatkan semua untuk ibadah. Agar apapun yang kita lakukan bernilai pahala dan berkah untuk diri dan keluarga kita," tambahnya. Selain itu, bagi Alif bekerja untuk perusahaan negara sama saja seperti mengabdikan diri kepada negara. Artinya setiap pegawai PLN berperan dalam setiap kemajuan bangsa.

Keseriusan dalam bekerja juga jadi hal yang harus diperhatikan. "Bekerjanya tidak boleh setengah-setengah agar manajemen melihat buah karya kita. Jadi, berpeluang besar untuk mendapatkan promosi jenjang karir untuk posisi yang sesuai atau relevan di unit lainnya," jelas Alif.

Khusus bagi pegawai dengan jenjang pendidikan terakhir D3 ke atas, normalnya hanya memerlukan waktu 4-5 tahun sebelum akhirnya dirotasi lagi ke unit lainnya. Jangka waktu tersebut merupakan standar durasi penempatan pegawai di PLN dengan jenjang pendidikan D3 ke atas. Nah, tidak perlu terlalu khawatir jika harus menjalani penempatan kerja di PLN, ya!



Penulis      : Elvan Susilo

Editor        : Yuana Anandatama

Foto           : Careernews

Tags : PLN, PT PLN (Persero), jobseeker,
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Kamis, 13/04/2017 12:16 WIB Sudahkah Kamu Melakukan Free Online Assessment Ini?
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Selasa, 04/04/2017 10:12 WIB Ingin Bebas Stres? Cek E-mail Maksimal Lima Kali Sehari!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 12/04/2017 11:16 WIB Karena Namanya, Orang Ini Susah Dapat Kerja
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Senin, 20/03/2017 10:12 WIB Negara Ini Berikan Cuti Melahirkan Sampai 6 Bulan
Menghadapi Penempatan Kerja di PLN? Ini yang Perlu Kamu Ketahui! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png