Do You Know, Rabu, 21/12/2016 09:19 WIB

Kerja di PLN Bisa Buat Kamu Jatuh Hati, Lho!

Jangan salah meski terdengar berat, jadi karyawan PLN ternyata dapat banyak keuntungan, lho!
Kerja di PLN Bisa Buat Kamu Jatuh Hati, Lho!
PT PLN (Persero) terkenal sebagai perusahaan dengan risiko bekerja yang tinggi. Namun, tetap saja ada hal-hal menarik yang bisa kamu temukan bila bekerja di PLN.

Alif Fajar Rahman, selaku Staf Bidang Rekrutmen dan Seleksi PT PLN (Persero) mengatakan bahwa di PLN memang dituntut untuk bekerja secara maksimal. Namun, ada hal-hal di luar pekerjaan yang mampu me-refresh semangat pegawai ketika mulai jenuh menghadapi pekerjaan.

Umumnya, perusahaan mengadakan outbond sebagai agenda rutin yang sekaligus menjadi program penyegaran untuk pegawai. Sedikit berbeda, outbond bukanlah satu-satunya program PLN yang ditujukan untuk menghilangkan kepenatan pegawai dalam bekerja. "Dimulai dari yang paling sederhana, biasanya sebelum melakukan pekerjaan kita menyanyikan yel-yel terlebih dulu. Biar seluruh pegawai semangat menjalani pekerjaan," ujar Alif.

Kultur kekeluargaan di dalam lingkungan kerja juga sangat kental. "Setiap hari, ada pembagian tugas atau kami biasa menyebutnya PIC. Agar setiap pegawai merasakan tanggung jawab yang sama," jelas Alif. Setiap unit di PLN selalu mengawali kegiatan dengan briefing pagi. Pembahasan SOP dan keamanan saat bekerja menjadi tujuan diadakannya briefing pagi tersebut.


Kamu bisa keliling Indonesia!

Punya harapan bisa mendatangi berbagai daerah di Indonesia? Ternyata, dengan menjadi pegawai PLN, artinya berpeluang untuk keliling Indonesia, lho! Alif mengakui bahwa dirinya belum lama bekerja di PLN, tapi sudah bisa mendatangi hampir semua pulau besar di Indonesia. Hal tersebut karena unit kerja PLN yang tersebar luas di seluruh pelosok Indonesia. "Setiap ditugaskan untuk mengecek unit di daerah lain saya senang sekali. Sekalian jalan-jalan karena akomodasi ditanggung kantor," ungkap Alif.

Selain itu, ada juga agenda employee gathering yang diadakan setiap tahun oleh masing-masing divisi di PLN. "Terakhir divisi saya employee gathering di Lombok selama tiga hari. Divisi atau unit lain bahkan ada yang sampai Papua, Derawan dan lain-lain. Tergantung unit masing-masing," ujar Alif. Bahkan, kegiatan tersebut dilaksanakan setiap 6 bulan sekali, tergantung keputusan perusahaan di awal tahun.


Remunerasinya bikin jatuh hati

Endah Cahyaningrum, selaku Deputy Manager Rekrutmen dan Seleksi PT PLN (Persero) mengungkapkan bahwa banyak hal yang diberikan PLN untuk menyejahterakan pegawainya, baik dalam bentuk materi maupun motivasi. Banyak benefit yang bisa didapat oleh pegawai PLN, seperti remunerasi. 

Hal tersebut diamini oleh Alif. PLN memang sering memberikan bonus atas prestasi yang didapat oleh karyawannya. "Ketika bekerja bawaannya selalu ingin memberikan yang terbaik, karena seringnya ketika mendapat prestasi, kami (pegawai-red) diberi bonus. Bonus-bonusnya juga menarik!" kata Alif.

Dengan banyaknya fakta bahwa bekerja di PLN sangat menyenangkan menjadi alasan Endah merasa nyaman bekerja di PLN. "Bahwa sistem kerja, remunerasi, dan benefit bekerja di PLN membuat jatuh hati, nyaman, dan sulit berpaling," ungkap Endah.

Nah, jobseeker apa kamu mulai tertarik untuk bekerja di perusahaan BUMN ini? Update proses rekrutmennya di ecc.ft.ugm.ac.id ya!



Penulis      : Elvan Susilo

Editor        : Yuana Anandatama

Foto           : Careernews

Tags : PT PLN (Persero), PLN, jobseeker,
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Senin, 09/10/2017 15:00 WIB Nah, Ini Dia 'Momok' Bagi Mimin Medsos!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 14/06/2017 15:00 WIB Mau Kerja di IKEA? Pahami Budaya Perusahaannya
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Kamis, 08/06/2017 00:00 WIB Dari Fashion Hingga Sayur Mayur, Ini Potret Start Up 2017
Kerja di PLN Bisa Buat Kamu Jatuh Hati, Lho! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png