Do You Know, Selasa, 04/10/2016 14:39 WIB

Ini Lho, Make Up yang Bisa Buatmu Tampil Profesional!

Tampil menarik buat ke kantor? Dandanan seperti apa ya, yang enggak too much?
Ini Lho, Make Up yang Bisa Buatmu Tampil Profesional!
Semakin hari, mungkin semakin jarang kamu temui wanita yang keluar rumah tanpa riasan wajah. Mulai dari mata, pipi, bibir, sampai dagu, dipoles sedemikian rupa agar tampak lebih menarik. Kendati demikian, untuk urusan profesional, make up yang tebal justru bisa buatmu tampak berlebihan.

Masalah make up ini memang bisa jadi sangat tricky saat sudah menyangkut urusan pergi ke kantor. Tanpa make up bisa buatmu tampak lusuh, salah-salah bisa terlihat tak profesional. Namun riasan tebal juga bisa bikin orang lain tidak suka karena tampak berlebihan?

Solusinya? Nah, kamu perlu simak tips yang dilansir dari survei Eksekutif British Fashion Retailer dan situs Glamour ini, biar office look-mu tidak salah kaprah!


1. Maskara belepotan: a party-holic?

Make up satu ini memang bisa bikin bulu mata tampak lentik nan cantik. Namun, kalau kamu belum mahir menggunakan, hati-hati ya. Berdasarkan survei di atas, satu dari enam responden mengatakan, maskara berantakan menandakan pemakainya adalah penggila pesta yang akan buru-buru meninggalkan kantor untuk pergi ke bar.

Untuk menghindari pemakaian maskara yang terlalu tebal, gunakan dengan memutar pemulasnya, dari sudut ke ujung mata. Pastikan juga kamu punya cukup waktu untuk memolesnya dengan rapi.


2. Say no to fake lashes!

Mungkin kamu ingin memberi impresi yang baik pada klien atau mitra kerja pada hari tertentu, dengan make up yang sempurna. Ini boleh saja tapi jangan pernah gunakan bulu mata palsu. Bayangkan jika benda itu jatuh di tengah presentasimu atau terlepas pada saat diskusi dengan klien, tentu bisa merusak image profesionalmu, bukan?


3. Pertahankan warna kulit

Beberapa dari kamu mungkin ingin tampak lebih kecoklatan atau malah lebih putih dibandingkan warna kulit wajah aslimu. Ini tentu membutuhkan make up yang cenderung tebal untuk melakukannya. Bisa-bisa, kamu jadi tampak too much, lho, dengan menggunakan bronzer atau foundation berlebihan. Gunakan sewajarnya saja pun pilih produk yang sesuai dengan warna kulitmu.


4. Hati-hati melukis alis

Sekarang ini, ritual ngalis atau menggambar alis sudah jadi lagu wajib bagi kaum hawa tiap keluar rumah. Nah, pastikan kamu menggambar alismu dengan kesan natural, jangan membentuknya menjadi garis yang cenderung naik. Percayalah, baik atasan maupun klienmu, tidak akan menyukai bentuk alis yang membuatmu tampak mengintimidasi tersebut.


5. Eyeshadow dan eyeliner, tak perlu berlebih

Sama halnya dengan maskara, eyeshadow pun tak selayaknya kamu gunakan secara tebal untuk office look. Misalnya, kamu bisa menggunakan warna hitam untuk garis tipis di atas mata. Begitu pula dengan eyeliner, tak perlu terlalu panjang dan tebal, tipis dan satu garis tipis pun cukup.


6. Warnai bibirmu!

Pewarna bibir bagi banyak wanita, adalah senjata utama penampilan. Eits, tapi hati-hati memilih warna. Penggunaan warna yang cenderung soft atau nude, bisa jadi pilihan tepat bagi office look-mu. Selain itu, pastikan juga lipstick tidak belepotan atau bahkan menempel di gigi.

Lipstik yang menempel di gigi bisa mencerminkan bahwa kamu orang yang ceroboh dan tidak teliti. Pilih produk yang transferproof dan pastikan pewarna bibirmu sudah rapi sebelum berangkat.


7. Rambut, cerminan kepribadian

Seperti kata pepatah, rambut adalah mahkota wanita. Memerhatikan kesehatan rambut penting agar terlihat menarik. Rambut yang ujungnya pecah atau bercabang mengesankan pemiliknya malas merawat rambut apalagi bagi kamu yang punya rambut panjang. Bahkan, ada anggapan kalau rambut tidak terawat berarti pemiliknya juga malas memerhatikan kondisi sekitar, termasuk perusahaan lho!


8. Cat kuku berantakan? No way!

Suka bereksperimen dengan kuku yang warna-warni? Tahukah kamu kuku bisa jadi indikator kepribadianmu? Cat kuku berantakan bisa menandakan bahwa kamu gugup dan tidak melakukan persiapan sebelum bekerja.

Terlebih buat kamu jobseeker, yang akan wawancara kerja. Jika cat kukumu berantakan, kemungkinan besar mereka tidak akan menerimamu sebagai karyawan. Selain itu, cat kuku menempati tempat tertinggi pada survei yang dilakukan terkait aspek penampilan seseorang yang paling berpengaruh.

Banyak hal seputar make up yang harus kamu perhatikan untuk tampil profesional. Jika kamu merasa ribet dengan sederet 'aturan' di atas, jangan lantas memutuskan untuk tidak merias wajah sama sekali, ya! Wajah tanpa make up bisa menandakan kamu orang yang emosional. Beberapa atasan percaya, alasan di balik pekerja yang tidak memakai maskara adalah khawatir akan lunturnya maskara, begitu pula dengan jenis make up yang lain. Nah, inilah kenapa karyawan yang tidak menggunakan make up dianggap kurang baik secara emosional.

Mulai masuk dunia kerja, artinya kamu juga harus mulai berdandan sesuai dengan suasana. Apalagi jika terkait dengan pekerjaan dan profesionalisme. Eits, tapi jangan cuma make up saja yang proper, attitude dan sikap kerja tetap yang paling penting, ya!



Penulis      : Ratih Wilda

Editor        : Yuana Anandatama

Foto           : Careernews

Tags : make up, jobseeker, mahasiswa, kantor, make up ke kantor, make up profesional, perusahaan, karir internasional, karyawan,
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Kamis, 13/04/2017 12:16 WIB Sudahkah Kamu Melakukan Free Online Assessment Ini?
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Selasa, 04/04/2017 10:12 WIB Ingin Bebas Stres? Cek E-mail Maksimal Lima Kali Sehari!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 12/04/2017 11:16 WIB Karena Namanya, Orang Ini Susah Dapat Kerja
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Senin, 20/03/2017 10:12 WIB Negara Ini Berikan Cuti Melahirkan Sampai 6 Bulan
Ini Lho, Make Up yang Bisa Buatmu Tampil Profesional! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png