Do You Know, Rabu, 07/09/2016 11:49 WIB

Wajah Tampan Bikin Karir Terhambat, Benarkah?

Orang berpenampilan menarik bakal lebih sukses dalam karir? Eits, ternyata bagi lelaki, pernyataan ini salah besar, lho!
Wajah Tampan Bikin Karir Terhambat, Benarkah?
Dunia karir memang tak selalu menilai seseorang dari keahlian atau latar belakang pendidikan yang dimiliki. Bagaimanapun, beberapa aspek bisa jadi sangat subjektif.

Dalam hal ini, penampilan merupakan salah satu yang sebenarnya tidak berkaitan sama sekali dengan kecakapan pekerjaan tapi stereotip tertentu bisa membuat aspek ini berpengaruh besar pada kelancaran karir.

Berdasarkan studi dari University of Maryland, Amerika dan University College London’s School of Management, Inggris, lelaki yang punya wajah tampan justru memiliki potensi karir yang terhambat. Dilansir dari situs Qerja, penelitian ini dilakukan di berbagai perusahaan, dengan meminta subjek pria untuk menilai kandidat pria dan perempuan menilai kandidat perempuan.

Hasilnya, terlihat bahwa ketika proses wawancara, keputusan interviewer laki-laki cenderung dipengaruhi tingkat penampilan dan posisi kerja yang akan diisi kandidat. Menurut situs Cheat Sheet, perekrut memiliki tendensi merekrut pria yang berpenampilan menarik, jika itu untuk mengisi posisi yang nantinya akan bekerja sama dengan baik bersama mereka. Namun, jika itu untuk posisi yang bisa 'mengancam' mereka, maka kandidat pria dengan penampilan menarik akan sangat dihindari.

Alasannya, perekrut merasa bahwa lelaki dengan penampilan menarik memiliki kecenderungan untuk menampilkan performa kerja yang baik. Pun selalu identik dengan sosok yang cerdas, kompeten, dan berorientasi pada hasil. Hal ini bisa menjadi ancaman bagi perekrut, yang merasa posisinya bisa saja direbut atau dijatuhkan oleh kandidat berparas tampan ini. Tipe kandidat yang seperti ini akan selalu dianggap kompetitor kuat saat di tempat kerja.

Berbeda dengan perempuan, mereka tidak akan dianggap sebagai 'ancaman,' secantik apapun penampilannya. Perempuan dengan wajah menarik memang tidak selalu diasosiasikan sebagai sosok yang kompeten di bidang pekerjaan. Jadi, buat perempuan, memiliki wajah cantik bukanlah suatu halangan untuk sukses dalam berkarir.

Hal ini memang mendatangkan pengaruh yang kurang baik jika stereotip tersebut tetap berlanjut. Kekhawatiran mendapat kandidat yang kompeten dan berpotensi 'mengancam' posisi karyawan lama, menjadikan perusahaan sulit akan mendapat talenta yang benar-benar berkompeten.

Nah, bagaimana menurutmu? Apakah di tempat kerja, kamu melihat fenomena yang demikian?



Penulis      : Ratih Wilda

Editor        : Yuana Anandatama

Foto           : Careernews

Tags : Do You Know, jobseeker, mahasiswa,
Wajah Tampan Bikin Karir Terhambat, Benarkah? | CAREERNEWS
1484288745_homepag_event_1.png