Do You Know, Jumat, 02/09/2016 13:31 WIB

Foto-Fotomu di Instagram, Bisa Ungkap Kondisi Mentalmu, Lho!

Punya Instagram? Medsos satu ini memang tenar di kalangan netizen. Eits, ternyata kondisi mentalmu bisa tampak dari foto yang kamu unggah di Instagram, lho!
Foto-Fotomu di Instagram, Bisa Ungkap Kondisi Mentalmu, Lho!
Saat edit foto di Instagram, aplikasi menawarkan beberapa opsi filter atau efek pada foto. Pilihan filter ini ternyata bisa jadi alat deteksi kesehatan mental seseorang. Nah, jika kamu sering gunakan filter bernama 'Inkwell,' kamu mungkin menderita gangguan mental berupa depresi, lho!

Sejak dirilis di tahun 2010 untuk pengguna iOS dan Android, Instagram memang menyedot banyak pengguna. Media sosial berbasis visual ini tak hanya populer di negara asalnya, California, tapi di seluruh dunia. Dengan pengguna aktif saat ini yang berkisar di angka 500 juta orang, segala jenis gambar dan video bisa kamu temukan di Instagram.

Media sosial ini memang memungkinkan penggunanya mengedit gambar pun video dengan filter yang disediakan. Atau, banyak pula yang menggunakan aplikasi editing lain untuk menambahkan efek pada gambar, baru kemudian diunggah di Instagram. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Andrew G. Reece dan Christopher M. Danforth terhadap 166 pengguna Instagram, mereka yang depresi cenderung mengunggah foto dengan efek kebiruan, abu-abu, atau gelap.

Mereka memang sering tidak menggunakan efek apapun untuk foto yang akan diunggah tapi jika menggunakannya, mereka akan memilih filter seperti 'Inkwell' yang membuat foto jadi hitam dan putih.

Kondisi mental seorang pengguna Instagram tak hanya nampak dari efek yang diberikan pada gambar. Namun juga jumlah wajah dalam foto, warna dan cerah tidaknya gambar, dan juga jumlah komentar atau fitur 'like.' Lebih lanjut dijelaskan, hal-hal tersebut memang punya kaitan dengan studi tingkat depresi seseorang dilihat dari apa yang diunggah di Instagram.

Dilansir dari situs NPR, peneliti studi tersebut, Andrew G. Reece, mengatakan, mereka yang depresi memiliki tendensi untuk berinteraksi di setting sosial yang lebih kecil. Itulah sebabnya mereka cenderung mengunggah foto Instagram yang tidak terdapat banyak wajah. Menurut Reece, foto yang menampilkan banyak wajah berarti orang tersebut berinteraksi di setting sosial yang besar. Hal ini juga berkorelasi dengan jumlah 'like' atau komentar yang mereka dapat di setiap foto. Foto yang minim tanda 'like' dari yang lain, namun punya komentar, bisa jadi indikasi bahwa ia tengah mengalami depresi.

Reece dan rekannya kemudian menggunakan program komputer dengan mesin pendeteksi depresi seseorang, sebagai pembuktian analisis, Hasilnya, analisis mereka terbukti benar secara mayoritas. Reece menegaskan, penelitian ini bukan berarti bisa menggantikan analisis dokter dengan menggunakan program komputer. Tingkat depresi tidak semata-mata dapat dinilai hanya dengan melihat Instagram seseorang. Namun kelebihannya, program komputer yang dibuat dengan prinsip algoritma ini mampu mendeteksi secara cepat dan dalam jumlah banyak, dalam sekali waktu.

Nah, coba tengok bagaimana caramu mengunggah foto di Instagram. Apakah terlihat kelabu, atau cerah ceria dan senantiasa berwarna?



Penulis      : Ratih Wilda

Editor        : Yuana Anandatama

Foto           : Careernews

Tags : Do You Know, jobseeker, mahasiswa, instagram, karakter, stres,
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 08/11/2017 15:00 WIB Kini Kamu Bisa Ungkap Kepribadianmu Melalui Gadget!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Senin, 09/10/2017 15:00 WIB Nah, Ini Dia 'Momok' Bagi Mimin Medsos!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 14/06/2017 15:00 WIB Mau Kerja di IKEA? Pahami Budaya Perusahaannya
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Kamis, 08/06/2017 00:00 WIB Dari Fashion Hingga Sayur Mayur, Ini Potret Start Up 2017
Foto-Fotomu di Instagram, Bisa Ungkap Kondisi Mentalmu, Lho! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png