Do You Know, Kamis, 11/08/2016 16:24 WIB

Sudah Siap Hadapi Tiga Macam Rekrutmen Ini Saat Jobfair?

Ketiga rekrutmen ini biasanya akan kamu temui saat jobfair berlangsung. Apa saja, sih?
Sudah Siap Hadapi Tiga Macam Rekrutmen Ini Saat Jobfair?
Istilah jobfair pasti sudah tak asing lagi terutama bagi kamu yang sedang dalam tahap mencari pekerjaan. Tak hanya promosi, dalam jobfair ini, biasanya perusahaan juga mengadakan rekrutmen secara langsung pada calon kandidat.

Mengacu pada rekrutmen perusahaan saat Career Days UGM, ada tiga jenis rekrutmen yang diadakan perusahaan di jobfair ini. Sama halnya seperti yang diagendakan pada 20th Career Days UGM di akhir bulan ini nanti. “Di dalamnya nanti akan ada presentasi dari perusahaan, untuk image branding dan memperkenalkan profilnya pada pengunjung. Selain itu ada proses rekrutmen juga,” tutur Iris Maria Indiramurti, Assistant Head of Marketing Department ECC, yang akrab disapa Iin ini. Hm, proses rekrutmen apa saja ya, yang biasanya dilakukan perusahaan saat jobfair? Simak pemaparan lengkapnya di bawah ini, yuk!


Seleksi Administrasi

Pada tahapan awal seleksi ini, kamu bisa mendatangi booth perusahaan untuk melakukan drop CV. Kemudian, perusahaan akan melakukan seleksi berdasarkan dokumen atau berkas lamaran yang kamu kumpulkan. Iin menyarankan agar kamu punya skala prioritas terkait perusahaan yang akan kamu lamar, mengingat banyaknya posisi yang ditawarkan dan belum lagi hiruk-pikuknya suasana pada saat jobfair nanti.

“Cari tahu lowongannya apa saja, kualifikasi yang dibutuhkan apa saja. Baca juga company profile perusahaan tersebut,” ujar Iin. Ia menjelaskan, jobseeker juga perlu cari tahu tentang jobdesc dari posisi yang dilamar, range salary, hingga soal penempatan nanti di mana. “Lalu buat daftar prioritas dari situ, sesuaikan dengan latar belakang pendidikan atau kebutuhan masing-masing,” imbuhnya.


Interview

Tahapan rekrutmen ini sangat mungkin terjadi pada saat jobfair nanti. Iin menerangkan, ketika sudah drop CV nanti, beberapa perusahaan langsung melakukan interview di awal. Biasanya paling lama menunggu 30 menit. Wawancara ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara CV dan posisi yang hendak dilamar, jadi bukan in-depth interview.

“Kalau in-depth interview itu nanti ada lagi, akan dilakukan oleh tim yang lebih spesifik untuk menggali potensi dan kompetensi lain si jobseeker,” terang Iin. Meskipun interview pada saat jobfair hanya berlangsung sebentar, tak ada salahnya kamu menyiapkan diri dari sekarang agar nanti jauh lebih maksimal. Oh ya, ECC UGM bisa membantumu melatih soft skill yang kamu perlukan di dunia kerja nanti lewat Career Workshop, lho! Yuk, daftarkan dirimu segera sebelum kuota habis!


Tes Tertulis

Tes yang satu ini tentu juga bisa kamu temukan pada saat jobfair. Tiap tahapan yang harus dilalui pun beragam, tergantung kebutuhan perusahaan. “Ada perusahaan yang mungkin kebutuhannya cepat sehingga setelah interview, tes tertulis dilangsungkan pada hari itu juga. Tes tertulis itu ada psikotes, aptitude test, tergantung perusahaan yang melakukan rekrutmen,” pungkas Iin.

Nah, sudah tahu kan proses rekrutmen apa saja yang akan berlangsung pada saat jobfair nanti? Banyak perusahaan memang memilih untuk ikut jobfair karena berbagai alasan tertentu. Jadikan ini sebagai kesempatan untuk menuju karir impianmu, ya! 

Jadi mulai dari sekarang, siapkan dirimu dengan baik agar bisa meraih pekerjaan di perusahaan yang kamu idamkan. Ingat, kesempatan akan terbuka bagi mereka yang benar-benar siap. If you stay ready, you don’t have to get ready!



Penulis      : Elyzabeth Winda R.N.

Editor        : Ratih Wilda dan Yuana Anandatama

Foto          : Careernews

Tags : jobfair, career days, jobseeker, melamar kerja, tips jobfair, tips psikotes,
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 08/11/2017 15:00 WIB Kini Kamu Bisa Ungkap Kepribadianmu Melalui Gadget!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Senin, 09/10/2017 15:00 WIB Nah, Ini Dia 'Momok' Bagi Mimin Medsos!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 14/06/2017 15:00 WIB Mau Kerja di IKEA? Pahami Budaya Perusahaannya
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Kamis, 08/06/2017 00:00 WIB Dari Fashion Hingga Sayur Mayur, Ini Potret Start Up 2017
Sudah Siap Hadapi Tiga Macam Rekrutmen Ini Saat Jobfair? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png