Do You Know, Senin, 08/08/2016 10:07 WIB

Sudah Ada Online Recruitment, Lalu Kenapa Perusahaan Masih Ikut Jobfair, Ya?

Ada beberapa alasan kenapa perusahaan lebih memilih jalur jobfair untuk melakukan rekrutmen karyawan.
Sudah Ada Online Recruitment, Lalu Kenapa Perusahaan Masih Ikut Jobfair, Ya?
Tren rekrutmen perusahaan melalui jobfair kini semakin menjamur. Kemudahan proses pelaksanaan jadi alasan mengapa jobfair dipilih perusahaan sebagai salah satu cara efektif menyerap tenaga kerja.

Banyak perusahaan menganggap hal ini lebih menguntungkan untuk dilakukan dibanding dengan proses rekrutmen lain. Kira-kira, apa saja keuntungannya?


Hemat waktu dan biaya

Melakukan rekrutmen secara mandiri kadang butuh waktu dan biaya lebih banyak. Perusahaan harus mempublikasikan adanya rekrutmen melalui iklan di berbagai media dengan biaya yang tak sedikit. Sementara, saat perusahaan berpartisipasi dalam jobfair, mereka tidak perlu lagi melakukan hal ini. Publikasi cukup dilakukan oleh pihak penyelenggara sehingga lebih menghemat waktu dan biaya. 


Memperoleh kandidat sesuai kualifikasi yang dibutuhkan

Jobfair akan mendatangkan banyak jobseeker dari berbagai latar belakang, contohnya saja Career Days UGM ke-19 akhir Februari lalu yang diikuti oleh lebih dari 20.000 pelamar tiap harinya. Saat-saat seperti inilah, perusahaan bisa bertemu berbagai kandidat dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Mereka akan punya lebih banyak pilihan calon karyawan untuk diseleksi, khususnya untuk bidang-bidang yang spesifik.

Ini ditegaskan oleh pernyataan salah satu rekruter PT PLN Persero, Meiki Alfa Purnika pada jobfair 19th Career Days UGM lalu, “Harapannya bagi kami ya dapat talent-talent, pegawai-pegawai yang benar-benar berkualitas.”


Kenal jobseeker dari berbagai latar belakang secara lebih dekat

Perusahaan yang lebih memilih jobfair dibandingkan online recruitment (secara mandiri) biasanya dikarenakan pertimbangan adanya kesempatan wawancara langsung kepada para jobseeker. Para rekruter dapat mengenal lebih dalam jobseeker secara personal melalui bincang-bincang secara face-to-face.

Selain untuk mengenal lebih dalam kualitas calon karyawan, mereka juga sekaligus dapat menyeleksi para kandidat yang sesuai dengan kualifikasi. Proses seperti ini tentunya tidak dapat ditemukan jika menggunakan online recruitment.


Memperkenalkan perusahaan pada jobseeker

Beberapa perusahaan memperkuat usaha mereka dengan melakukan branding yang salah satu caranya lewat jobfair. Tentu saja tujuannya untuk menarik minat jobseeker bekerja di perusahaan mereka. Jobfair akan sangat membantu perusahaan, khususnya perusahaan baru dalam menciptakan brand awareness. “Kalau dari jobfair yang kemarin kan, memang kita lebih pinginnya untuk tahun ini branding dulu, supaya orang-orang pinter, orang-orang yang dari universitas-universitas ternama mau masuk (bekerja -red) di PLN,” papar Meiki.
Dikutip dari www.businessinsider.co.id, menurut Katharine S. Brooks, Direktur Eksekutif dari kantor Personal and Career Development di Universitas Wake Forest, jobfair merupakan lahan bagi PR (Public Relations) perusahaan. “Ini adalah kesempatan untuk perusahaan Anda dapat dikenal secara positif, mendorong jobseeker yang berbakat mempertimbangkan bekerja di perusahaan Anda, dan memungkinkan bertemu para pelamar secara nyata, bukan sekedar resume,"ungkap Katharine.


Bertemu dan mengenal berbagai perusahaan lain

Jobfair ternyata juga bisa memberi keuntungan bagi perusahaan untuk membangun koneksi satu sama lain. Para rekruter dari berbagai perusahaan bisa bertemu dan berbagi pengalaman mereka. Di sinilah kemudian terbangun koneksi, baik  antar individu pekerja maupun antar perusahaan.

Nah jobseeker, kini tahu kan kenapa perusahaan lebih memilih merekrut karyawan lewat jobfair? Maka dari itu jangan lupa datang dan ikuti 20th Career Days UGM pada tanggal 27-28 Agustus 2016 di Grha Sabha Pramana UGM, ya!



Penulis      : Nikita Yolania

Editor        : Yuana Anandatama

Foto           : Careernews

Tags : jobfair, career days, jobseeker, melamar kerja, tips jobfair,
Sudah Ada Online Recruitment, Lalu Kenapa Perusahaan Masih Ikut Jobfair, Ya? | CAREERNEWS
1486001424_top_banner_homepage_cn.png