Do You Know, Rabu, 06/01/2016 11:25 WIB

5 Pandangan Tentang PNS yang Harus Kamu Ketahui

Kamu tentu sepakat, kalau sebagian darimu—mahasiswa hingga yang menunggu tes CPNS—berpikiran menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) adalah pekerjaan impian.
5 Pandangan Tentang PNS yang Harus Kamu Ketahui
Betapa tidak, kamu nanti akan mendapatkan gaji, tunjangan, dan dana pensiun. Namun sebelum memutuskan untuk menjadi PNS, ada baiknya kamu baca beberapa pandangan mengenai PNS agar kamu bisa menjadi PNS profesional dan teladan.

Berikut, lima pandangan tentang PNS yang Careernews kumpulkan dari id.jobsdb.com dan kompas.com. Mari simak!


PNS itu kerjanya santai

Mengutip dari id.jobsdb.com, ada empat pandangan tentang PNS: kerjanya santai, anti-PHK, masuknya mudah dengan koneksi, dan gampang naik jabatan.

Pertama, PNS kerjanya santai. Hingga saat ini, mungkin sebagian besar dari kamu masih menganggap PNS di negeri kita kerjanya santai. Mereka datang siang ke kantor, duduk sebentar, lalu cepat pulang. Gaji tetap lancar walaupun tidak ada pekerjaan. Enak bukan?

Namun yang perlu kamu tahu, saat ini pendisiplinan PNS sedang giat-giatnya dilakukan untuk memberantas PNS nakal. Sistem lama kini sedang berupaya diperbaiki dan para PNS yang lalai akan dikenai sanksi.


PNS anti-PHK

Sudah menjadi PNS berarti telah mengantongi status kerja yang jelas dan aman. Kamu tidak akan dipecat selama tidak melakukan tindakan kriminal yang melanggar hukum. Paling-paling kamu nanti hanya dimutasi ke tempat lain jika kinerja tidak bagus.

Faktanya, pemerintah saat ini terus berupaya memperbaiki kinerja para PNS. Menteri PAN-RB Azwar Abubakar menyatakan, kini PNS bisa saja dipecat karena jarang masuk kantor.


Masuknya mudah karena koneksi

Kalau kamu masih percaya dengan sistem bayar oknum atau memakai koneksi saudara untuk menjadi PNS, itu salah besar. Sebab tes masuk PNS telah memakai sistem Computer Assisted Test (CAT) agar pelaksanaan ujian seleksi berlangsung jujur dan transparan.

Jadi, jangan lagi percaya dengan oknum yang mengatakan kalau bayar sekian juta, kita bisa menjadi PNS. Lebih baik uangnya kita pakai untuk keperluan yang lain, bukan?


PNS gampang naik jabatan 

Koneksi itu penting. Namun jika tidak disertai dengan keterampilan dan kualitas diri, koneksi tidak berarti apa-apa.

Saat ini, kamu sudah tidak bisa lagi mengandalkan koneksi untuk naik jabatan. Dikarenakan, Kemenpan-RB terus berupaya melaksanakan reformasi birokrasi untuk aparatur negara dan pelayanan yang lebih baik, salah satunya lewat promosi terbuka. Promosi terbuka sendiri bertujuan untuk mengurangi intervensi politik dan kepentingan dalam menentukan pejabat. Hanya pejabat terbaiklah yang berhak dipilih untuk promosi. 


PNS membuatmu cepat kaya

Poin terakhir ini penting. Jangan berpikir kaya dengan jalan PNS! PNS itu digaji satu bulan sekali dan kenaikan upah butuh waktu yang lama. Maka, ketika kamu ingin menjadi kaya, jadilah seorang pengusaha. Saat jadi pengusaha, kamu bisa menjadi kaya dan meraih cita-citamu.

Seperti disampaikan Ibnu Saleh, Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Kompas.com. “Jangan pernah berpikir dan berkeinginan jadi orang kaya setelah jadi PNS, itu pikiran yang keliru. Seorang abdi negara yang berpikir ingin cepat kaya akan mengganggu kinerjanya sebagai pelayan dan pengayom masyarakat,”ujarnya.

Bagaimana pandanganmu setelah membaca pandangan-pandangan tentang menjadi PNS di atas? Apakah kamu masih ingin menjadi PNS atau memilih pekerjaan lainnya? Apapun itu, poin pentingnya, kamu harus menjadi pribadi yang profesional dan amanah. Sebab pekerjaan yang kamu lakukan bukan hanya berdampak bagi dirimu sendiri melainkan juga bagi keluarga hingga orang lain. Semangat!



Penulis          : Sandi Iswahyudi

Editor            : Rifki Amelia dan Yuana Anandatama

Grafis            : Ardiansyah Bahrul A.

Tags : PNS, Do You Know, fakta unik,
5 Pandangan Tentang PNS yang Harus Kamu Ketahui | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png