Do You Know, Kamis, 09/04/2015 11:41 WIB

The Power in You: 7 Langkah Gapai Prestasi Maksimal

Setiap orang punya potensi untuk berprestasi, termasuk kamu. Mau tahu langkah-langkahnya?
The Power in You: 7 Langkah Gapai Prestasi Maksimal
Memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), bukan saatnya lagi kamu takut dengan pendapat orang lain, sulit berkomitmen menyelesaikan sesuatu, suka galau, dan sedih, atau hal lain yang membuatmu kurang produktif. Jika kamu merasakan hal-hal seperti itu, sudah saatnya untuk berubah sekarang juga!

Sebab jika kamu tidak berubah, kamu yang akan ditelan oleh perubahan itu sendiri. Oleh karena itu, untuk menjadi bagian dari perubahan dan berkontribusi di dalamnya, kamu harus konsisten meningkatkan kekuatan dalam dirimu. Dengan kekuatan itu, kamu bisa menggunakan potensi yang sudah ada dalam diri secara maksimal, membuatmu semakin bahagaia dan cepat meraih mimpi. Kamu pun bisa berbagi kekuatan dengan orang lain.

Berikut tujuh cara memaksimalkan dan menguatkan kekuatan diri untuk menggapai mimpi serta bermanfaat bagi orang lain, dikutip dari buku The Power in You karya Ollie, dari Penerbit Gagas Media terbitan 2014.


1. Kenapa kamu melakukan ini?

Lakukan segala sesuatu dengan pertanyaan sederhana “kenapa kamu melakukan ini?”. Sebab, jika kamu tidak tahu alasan melakukan sesuatu, komitmen dan fokusmu tidak akan sekuat kalau kamu mengetahuinya. Buatlah visi. Visi akan membantumu melihat kesempatan berupa potensi, baik dari lingkungan atau orang lain, yang memungkinkan untuk membantu mewujudkan impian. 

Kemudian, jadilah seorang problem solver yang berusaha mencari solusi setiap bertemu masalah. Atau, membantu orang lain untuk menemukan solusi. Hal ini menjadikanmu peka terhadap lingkungan sekitar dan membuatmu menemukan sesuatu yang luar biasa. Ubahlah hidupmu menjadi lebih baik, keluarlah dari zona nyaman mumpung masih muda. Di usia ini, energi dan idemu masih berlimpah untuk digunakan. Jadi manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin!


2. Jadilah pribadi bermental baja

Kuatkan dirimu, jadilah pribadi yang bermental baja. Buang dan jangan hiraukan komentar orang-orang di sekitarmu. Jadilah tuan dari emosi kita sendiri. Ketika emosi negatif datang menyerang, sebenarnya bukan berarti kita harus mengabaikannya sepenuhnya. Sadarilah kedatangannya karena mungkin emosi negatif tersebut adalah salah satu sinyal untuk mengambil langkah selanjutnya. 

Sebagai contoh, saat sedang resah, penulis bisa mengarahkannya menjadi sebuah karya, berbentuk puisi atau blog post pendek di Tumblr. Kunci utama mengarungi kehidupan adalah mengetahui apa yang kamu impikan. Kamu akan tetap fokus dan membuktikan bahwa apa yang diperjuangkan benar-benar berharga dan layak untuk diteruskan. 


3. Temukan passion-mu

Kenali dirimu sendiri lebih jauh, ketahui kekuatan dan kelebihanmu, serta temukan passion-mu. Mengetahui passion sangat penting agar bisa menjalani hidup dengan bersemangat, maksimal, dan memperoleh hasilyag lebih baik secara ekonomi, tanpa merasa menderita. Setelah itu, fokuslah pada kekuatan dan potensi terbaikmu.

Tulislah mimpi-mimpimu setinggi langit, sampai-sampai kamu takut mendengarnya.


4. Tanamkan prinsip-prinsip ini!

Tanamkan prinsip-prinsip berikut ini dalam hidupmu: 


  1. Jadilah orang yang sabar dalam berkarya atau meraih mimpi. Meskipun menyakitkan, kamu harus tetap berusaha karena hasilnya akan bermanfaat untuk dirimu serta orang lain.
  2. Gunakan selalu tiga pola kesuksesan: memulai dengan pertanyaan “kenapa saya melakukan ini?” kemudian menulis rencana untuk mewujudkannya, dan buat batas waktu kapan kamu harus menyelesaikannya. 
  3. Bangun kebiasaan positif setiap harinya, seperti membiasakan menulis atau membaca buku setiap pagi walau hanya 15 menit. 
  4. Dapatkan role model atau mentor. Mereka bisa memberikanmu peta dan arahan awal sehingga kamu tidak tersesat dan bisa berjalan di jalur yang benar demi menuju mimpimu. 
  5. Cintai dirimu sendiri, sebelum kamu bisa membagi cinta kepada orang lain. 
  6. Dapatkan apresiasi. Taruh apresiasi itu di tempat-tempat yang mudah dilihat. Ini akan mengingatkanmu pada keberhasilan dan pencapaian yang sudah dilakukan, serta menyadarkan kamu bahwa semua bisa didapatkan jika berusaha. 
  7. Tantang dirimu sendiri, hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. 
  8. Keluar dari zona nyaman membuatmu menemukan kehidupan yang lebih baik. 
  9. Gunakan waktumu untuk lebih banyak berkarya dan mengasah diri menjadi orang yang lebih baik lagi. 
  10. Mulailah jadi pribadi yang berdaya secara ekonomi. Jadilah seorang enterpreneur yang tidak tergantung orang lain tetapi bermanfaat bagi orang lain. Kamu pun banyak waktu untuk berbagi dengan orang lain.


Tentukan jalur suksesmu

Buatlah jalur suksesmu. Tulislah mimpi-mimpimu setinggi langit, sampai-sampai kamu takut mendengarnya. Wujudkan mimpi-mimpi itu dengan membuat vision board. Kemudian fokuskan energi pada potensi maksimal, bergabung dengan komunitas sevisi, bangun relasi yang sehat, dan jaga kepercayaan orang lain kepadamu.


Bekerja cerdas

Setelah membuat jalur sukses, bekerjalah dengan cerdas. Gunakan kekuatan afirmasi, manfaatkan dampak media sosial dengan powerful, dan biasakan menulis bebas yang akan membuatmu rileks, serta tahu apa yang sebenarnya terjadi dan perlu dipecahkan. Manfaatkan juga kebiasan di pagi hari dengan positif, berikan hadiah untuk dirimu sendiri, dan koleksilah pujian. Hal ini akan menjadikanmu termotivasi untuk melakukan hal yang positif dan lebih baik lagi. 


Buat catatan perjalanan

Untuk semakin menguatkan diri dan membuka pikiran. Agendakan minimal sekali dalam setahun untuk jalan-jalan, dan membuat catatan perjalanan di blog-mu. Kemudian bagi kekuatanmu kepada orang lain di berbagai kesempatan. Biasakan untuk berbagi kebaikan setiap hari, jadilah pribadi yang selalu berpikir positif, dan miliki rasa humor. Kemampuan untuk melihat sisi lucu dalam berbagai hal ini harus dilatih setiap hari. Kebiasaan ini bisa membuat kamu berubah menjadi orang yang lebih positif dan jarang terjebak stres. Dengan begitu, orang-orang pun senang bertemu denganmu karena membuat mereka bahagia. 


Bagaimana, siapkah kamu untuk menjadi pribadi yang kuat, semangat meraih mimpi, dan berbagi dengan orang lain?Selamat menerapkan tujuh langkah di atas! [CN]



Penulis    : Sandi Iswahyudi

Editor      : Rifki Amelia F.

Grafis      : Hero Oka

Tags : resensi buku, potensi diri, prestasi, review buku,
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Jumat, 21/09/2018 10:28 WIB Dari Nol Sampai Jadi Iklan, Gimana sih Prosesnya?
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Jumat, 14/09/2018 08:00 WIB Kerja di Agensi Iklan: Dapat Benefit yang Cukup Bersaing!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Kamis, 13/09/2018 00:00 WIB Ternyata Talent Seperti Ini Yang Diinginkan Bank Indonesia
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Selasa, 28/08/2018 10:00 WIB Parodi Kerjaan di Agency (Baca: Ahensi) yang Bisa Kamu Ketahui
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Selasa, 10/07/2018 17:09 WIB Hal Ini Bisa Jadi Indikator Kalau Kamu Siap Berkarier
The Power in You: 7 Langkah Gapai Prestasi Maksimal | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png