Do You Know, Selasa, 02/12/2014 16:00 WIB

Ini Dia, Para Perempuan Perkasa Penguasa Langit!

Di eranya, perempuan-perempuan perkasa ini telah berhasil membuktikan pada sejarah bahwa ada masa di mana mereka berjaya di udara.
Ini Dia, Para Perempuan Perkasa Penguasa Langit!
Wright bersaudara telah membawa perubahan dan kemajuan yang sangat besar dalam bidang transportasi. Penemuan mereka yang sangat fenomenal berjuluk 'Flyer', telah menjadi cikal bakal pesawat terbang seperti saat ini.
Kemajuan tersebut juga turut mendorong munculnya profesi baru, yakni air crew dan juga pilot. Sering kali kita jumpai, profesi pilot didominasi oleh kaum laki-laki. Namun demikian, peranan kaum perempuan dalam profesi ini juga tak bisa kita abaikan. Banyak perempuan pemberani yang namanya tercatat dalam sejarah penerbangan. Ini dia mereka seperti dilansir dari womanhistory.about.com.


1906. E. Lilian Todd, menjadi perempuan pertama yang membantu membangun desain pesawat ulang-alik. Todd mendapatkan pendidikannya di Washington DC. Pekerjaan pertamanya adalah di kantor paten. Kemudian dia bekerja di Director-General of the Women's National War Relief.  Dari sinilah dia bisa mendesain pesawat meskipun pesawat yang ia bangun tidak pernah diterbangkan.


1908. Madame Therese Peltier, merupakan perempuan pertama yang menerbangkan pesawat sendirian (solo aviation). Perempuan berkebangsaan Perancis ini dikenal pula sebagai seorang pematung. Penerbangan solo pertamanya dilakukan pertama kali di lapangan militer Turin dan hanya terbang sejauh 200 meter.


1910. Baroness Raymonde de Larosche, merupakan perempuan pertama yang mendapat lisensi penerbangan. Nama aslinya adalah  Elise Raymonde Deroche. Dia digambarkan sebagai seorang gadis muda dan cantik. Pada tanggal 8 Maret 1910, di usia 24 tahun, dia turut berpartisipasi dalam  pertemuan penerbangan di Heliopolis, Budapest.


1928. Amelia Earheart, adalah perempuan pertama yang terbang melintasi Samudera Atlantik. Selain melintasi Atlantik, dia juga menjadi orang pertama yang melakukan perjalanan solo dari Honolulu, Hawaii ke Oakland, California.


1929. Flowrence Low Barnes, adalah seorang pemeran pengganti perempuan pertama sebagai seorang pilot dalam film “Hell Angels”. Selanjutnya, dia menjadi orang yang sangat berpengaruh di MGM Studio.


1938. Hanna Reitsch, menjadi perempuan pertama yang menerbangkan helikopter. Reitsch berkebangsaan Jerman, satu-satunya pilot perempuan yang dimiliki Nazi, dan mendapat penghargaan Iron Cross selama Perang Dunia II.


1953. Jacqueline Cochran, merupakan perempuan pertama yang melakukan atraksi terbang indah. Dia juga dikenal sebagai seorang wanita yang menjadi pionir di penerbangan Amerika. Dia mempunyai peran penting dalam organisasi Women Airforce Service Pilot (WASP).


2001. Polly Vacher, menjadi perempuan pertama yang mengelilingi dunia sendirian dengan mengggunakan pesawat kecil. Dengan pesawat single machine Piper PA-28 Cherokee Dakota, dia mengelilingi dunia.


2012. Liu Yang, adalah perempuan China pertama yang terbang ke luar angkasa. Dia terpilih sebagai kru dari pesawat luar angkasa Shenzou 9. Misinya dimulai pada 16 Juni 2012.


Tak hanya mereka, sejarah telah menorehkan nama beberapa perempuan modern yang dapat diandalkan di dunia penerbangan. Misalnya Aisha Jafari, pilot dari Arab Saudi, ataupun Tience Sumartini, yang dikenal sebagai pilot perempuan pertama di Indonesia.


Mereka semua telah membuktikan bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Semangat itulah yang harus selalu ada dalam diri kita, pada zaman dengan mobilitas tinggi seperti saat ini. 


Bagaimana dengan kamu? [CN]


Penulis       : Amin Amsyah
Editor         : Vinia Rizqi, Rifki Amelia
Grafis         : Tongki A.W


Tags : pilot pertama Indonesia, perempuan pertama di Indonesia, pilot angkatan udara Indonesia, tip sukses melamar kerja, sukses berkarir perempuan, karir bagi perempuan,
Ini Dia, Para Perempuan Perkasa Penguasa Langit! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png