Do You Know, Selasa, 28/10/2014 11:00 WIB

Dear Anak Teknik, Buat Karirmu Jadi Enggak Biasa! Coba 7 Profesi Ini, Yuk!

Lulusan teknik kerja di tambang? Atau perminyakan? Ah, itu sih sudah sewajarnya. Namun kalau jadi seorang chocolate engineer atau bahkan menjadi erection engineering?
Dear Anak Teknik, Buat Karirmu Jadi Enggak Biasa! Coba 7 Profesi Ini, Yuk!
Menurut survei oleh Universum Global yang bekerja sama dengan ECC UGM beberapa waktu lalu, ada beberapa kesimpulan yang ditarik tentang mahasiswa teknik di Indonesia.

Survei ini dilakukan pada 1.669 mahasiswa UGM dari total 12.435 mahasiswa dari 20 perguruan tinggi di Indonesia, ditarik beberapa poin, antara lain sebagai berikut:


1. Bidang energi menjadi lahan berkarir pilihan pertama yang dipilih mahasiswa teknik di Indonesia untuk mengembangkan karir. Posisi kedua dan berturut-turut seterusnya adalah engineering dan manufacturing, industrial metals and mining, construction, banks, management and strategy consulting, telecommunication and networks, real estate, dan terakhir adalah educational and scientific consulting.


2. Rata-rata angka harapan gaji mahasiswa teknik di Indonesia menempati posisi paling tinggi. Secara rata-rata, mahasiswa memiliki angka harapan gaji sekitar Rp 8 juta per bulan untuk tingkat fresh graduate. Sementara, mahasiswa teknik di Indonesia memiliki harapan 16 persen lebih tinggi daripada gaji rata-rata fresh graduate! Secara rinci, angka harapan gaji per tahun mahasiswa teknik di Indonesia adalah sebesar Rp 94.985.058.


3. Dari jumlah tersebut, terjadi perbedaan kesenjangan antara harapan mahasiswa teknik perempuan dan laki-laki yakni sebesar 30,5 persen. Dari jumlah tersebut, mahasiswa teknik yang laki-laki memiliki angka harapan gaji lebih tinggi daripada mahasiswa teknik yang perempuan.

Bagi kamu yang sudah dan akan lulus dari jurusan teknik, pernah terbayang enggak sih ingin mencari bidang kerja yang tidak mainstream alias tidak biasa? Lalu, apakah kamu sudah terpikir bidang seperti apa yang bisa kamu geluti tetapi tetap tidak keluar dari jurusanmu? Di bawah ini ada tujuh bidang karir bagi mahasiswa teknik yang tidak mainstream. Kami sajikan untuk kamu seperti dilansir id.jobsdb.com.

1. Oil and Gas Diver

Memang sih, posisi ini lebih populer di Timur Tengah. Namun tidak ada salahnya kan kalau kamu berangan-angan untuk bisa mengembangkan karir di sana? Jobdesc dari posisi ini adalah bertanggung jawab untuk menginspeksi dan memasang rig, juga merangkai meletakkan pipa bawah tanah. Buat kamu yang hobi berenang, bidang ini tentu cocok buat kamu!


2. Chocolate Engineer
Kamu mahasiswa teknik tapi ogah berurusan dengan alat-alat berat atau sumber daya alam? Enggak aneh kok. Mungkin lahan pekerjaan sebagai chocolate engineer bisa kamu coba juga lho. Pekerjaan dari posisi ini mendesain dan memproduksi cokelat, termasuk membuat resep-resep cokelat yang update! Mau?

3. White Hat Hacker
Lulusan teknik dan jago soal teknik informatika. Mungkin kamu punya peluang untuk jadi seorang white hat hacker alias hacker yang beretika dan tahu aturan. Tugasmu nanti adalah menemukan lubang keamanan dalam sebuah sistem IT dan mencoba membobolnya sebelum diketahui oleh hacker lain yang akan memanfaatkan kelemahannya! Seru ya sepertinya!

4. Erection Engineering

Aneh? Makanya jangan berpikiran terlalu jauh. Kamu yang menempati posisi ini akan memiliki jobdesc yang cukup berat yakni bertanggung jawab atas mekanisme dan pengelolaan dalam mendirikan struktur-struktur besar! Menurut ehow.com, erection engineering adalah seorang yang juga memiliki andil dalam membuat budgeting, mengatur waktu, supply cycles, dan juga membuat regulasi keselamatan. Nah lho! Berani?


5. Robotics Engineer
Jika kamu adalah lulusan teknik mesin dan senang dengan robot, kamu pun bisa mencoba berkarir di posisi ini! Kebanyakan, seorang robotics engineer akan bertugas di taman hiburan dan bertanggung jawab memperbaiki masalah di wahana-wahana yang ada untuk memastikan dapat berfungsi dengan baik.

6. Roller Coaster Engineer

Jangan dikira kalau roller coaster yang pernah kamu naiki di Dufan atau Kingda Ka di New Jersey, didesain dengan asal-asalan. Benda yang mulai kondang berkat Napoleon itu didesain oleh seorang roller coaster engineer lho. Jadi, bagi kamu yang tertarik untuk menggeluti profesi ini, kamu akan memiliki tanggung jawab untuk  mendesain, membangun, dan memperbaiki wahana roller coaster!


7. Coconut Safety Engineer

Tugasmu tampaknya berat tetapi sederhana. Kamu harus memastikan bahwa pohon-pohon kelapa yang ada pinggir pantai tidak menjadi ancaman keamanan di dalam resor! Pun juga mengganggu kenyamanan turis yang sedang berbaring di bawahnya! Wah!


Nah, apakah kamu berubah pikiran? Semoga memberikan sedikit pandangan ya!
Selamat mengeksplorasi hidup. Expect the unexpected! [CN]


Penulis            : Vinia Rizqi
Editor             : Rifki Amelia
Grafis             : Tongki A.W

Tags : lowongan jurusan teknik, bidang kerja mahasiswa teknik, profil mahasiswa teknik di indonesia,
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 08/11/2017 15:00 WIB Kini Kamu Bisa Ungkap Kepribadianmu Melalui Gadget!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Senin, 09/10/2017 15:00 WIB Nah, Ini Dia 'Momok' Bagi Mimin Medsos!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 14/06/2017 15:00 WIB Mau Kerja di IKEA? Pahami Budaya Perusahaannya
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Kamis, 08/06/2017 00:00 WIB Dari Fashion Hingga Sayur Mayur, Ini Potret Start Up 2017
Dear Anak Teknik, Buat Karirmu Jadi Enggak Biasa! Coba 7 Profesi Ini, Yuk! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png